utanamunAvatar border
TS
utanamun
Lagi. Kita ditipu masyarakat Indonesia
Meraih keuntungan diatas penderitaan orang sekaligus berpura-pura merasa dirugikan mungkin adalah kelakuan banyak warga Indonesia terutama pedagang dan para supir dikarenakan kenaikan BBM. Mengapa hal itu demikian? Mari kita simak
emoticon-Hot News

1. Harga, BBM kini naik yang tadinya bermula dari Rp4.500 menjadi Rp6.500 rupiah, Untuk 1 Liter bensin kendaraan umum mikrolet bisa menempuh jarak 6,81km pantaskah pemilik para supir menaikkan tarif Rp.1000 hingga Rp.2000?
Kalau dihitung-hitung. 1 mikrolet dari awal sampe tujuan akhir rata-rata menempuh jarak 30km, berarti memakan bensin 4,405 liter (kita bulatkan jadi 4,5 litter) maka biaya yang supir butuhkan adalah Rp29.250, sekarang pernah gak ngitung dalam tujuan awal sampe akhir berapa penumpang yang naik? jika tarif angkutan umum sebelumnya saja Rp2.500 (dilokasi saya), maka sang supir hanya membutuhkan 12 penumpang yang naik dari awal sampe akhir tujuan angkot tersebut untuk mengembalikan modal bensin tersebut, jika tarif naik jadi Rp3.000 maka hanya butuh 10 penumpang, jika naik Rp3.500 maka hanya butuh 9 penumpang (sudah termasuk untung) dst. Bahkan banyak bus kota atau angkot tidak mengembalikan kembalian penumpang (walau hanya Rp500) dengan alasan tidak ada Rp500an, yang sering naik bus kota pasti pernah ngerasain sang supir atau kernet dengan sengaja acuh tak acuh pura-pura gak tau dengan sengaja tidak mengembalikan kembalian penumpang Rp500. Jika ada sang supir mengeluh omset semakin menurun maka bisa dibilang itu Hoax. bagaimana dengan photo ini?
Spoiler for penumpang:



2. Berapakah tarif yang sebenernya harus naik jika mengikuti kenaikan bensin? Mari kita pecahkan soal berikut, Tarif bensin Rp4.500 menjadi 6.500, jika tarif normal angkutan Rp2.500 maka berapakah tarif normal angkot seharusnya mengikuti persentase kenaikan harga bensin? (kalau sudah dapat jawabannya pasti agan akan keberatan jika harga angkutan umum naik hitungan ribu-ribuan rupiah atau bahkan naik hingga 2x lipat


3. setelah dapat rumus diatas, pantas pulakah harga pangan naik hingga hitungan ribuan, puluh ribuan atau berkali-kali lipat? pantaskah harga kenaikan bbm mempengaruhi harga kenaikan barang lainnya hingga berkali-kali lipat?
Spoiler for truk barang:



Jadi haruskah mereka ikut-ikutan ngeluh dengan tarif bbm dengan pembeli yang sepi? TS rasa tidak, karena mau gimanapun jasa angkutan umum, pangan atau yang lainnya adalah barang kebutuhan pokok, mau naik atau nggak tarif sebenernya bukan mereka yang merasakan penderitaannya tapi para pengguna jasa atau pembeli lah, pembeli atau pengguna jasa tidak akan pernah berkurang walau harga tetap naik karena itu kebutuhan pokok.

Namun ts percaya tidak semua pedagang atau supir angkutan umum melakukan hal demikian, ada juga yang murni mencari nafkah yang menyesuaikan harga bukan menaikan dengan asal-asalan yang mengakunya menyesuaikan tarif malah meraup untung lebih gede dan menindas pengguna atau pembeli..

So, inilah sedikit potret apa yang terjadi di bumi pertiwi kita saat ini..

Spoiler for akhir kata:



emoticon-Bingungemoticon-Bingungemoticon-Bingung -Update- emoticon-Bingungemoticon-Bingungemoticon-Bingung

TS hari ini kebetulan diajak muter-muter kota, tadinya sih rencananya mau jalan-jalan ke pameran, tapi sayang pamerannya udah usai kepaksa deh balik.. nah pas mau balik sengaja ts naik angkot, tujuan gak lain gak bukan ya cerita-cerita sama supir tentang kenaikan bbm.. biar gak hoax maka ane tampilkan photo saat ane lagi nunggu angkot di salah satu halte di kota ane
Spoiler for penampakan:

pas setelah ane naik angkot dengan sengaja ane duduk didepan sebelah supir agar bisa bercakap-cakap, apa yang terjadi kemudian, yuk kita simak..
Spoiler for percakapan:



emoticon-shakehandemoticon-shakehandemoticon-shakehandemoticon-shakehandemoticon-shakehand- Hall Of Fame - emoticon-shakehandemoticon-shakehandemoticon-shakehandemoticon-shakehandemoticon-shakehand

Spoiler for List pemberi Cendol:


Kaskuser talk bisa dilihat disini
Part 1 Post #2
Diubah oleh utanamun 26-06-2013 16:13
0
6.4K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan