greeny3Avatar border
TS
greeny3
[INFO] Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN)
Halo agan-agan.

Baru minggu lalu saya mengalami yang namanya bikin KTKLN. Yang pada kerja di Malaysia pasti udah pernah denger kan tentang si kartu "ajaib" ini. Yang katanya bisa bikin kita gagal terbang kalo kita tidak punya.

Berikut ceritanya:

Apa itu KTKLN?

KTKLN adalah Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri. Kartu ini harus di miliki oleh setiap pekerja luar negeri.

Sialnya, jika kita tidak mempunyai kartu ini maka pihak imigrasi tidak akan mengizinkan kita terbang. Singkat cerita, kita tidak diizinkan keluar dari Indonesia. Cukup berkuasa ya KTKLN ini?

Cukup banyak pengalaman suami & bahkan teman-teman dalam proses pembuatan kartu ini di Indonesia. Ada yang langsung datang ke BP2NTKI (Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia) di kota masing-masing dan ada juga yang langsung membuat di bandara.

Untuk kali ini, saya melalukan proses pembuatan KTKLN di kantor BP2NTKI cabang Bandung. Kantornya terletak di perempatan Carrefour Kiara Condong. Bangunannya terlihat masih baru dan cukup bersih.




Pada tahap pertama, saya melakukan verifikasi dokumen terlebih dahulu. Petugas BP2NTKI meminta beberapa berkas seperti surat kontrak kerja, paspor, beserta KTP. Di phase ini, petugas menjelaskan bahwa saya harus membayar sebesar RP 400.000 untuk biaya asuransi ketenagakerjaan. Cukup kaget pada awalnya karena pada saat suami saya melakukan proses ini, tidak diminta uang asuransi karena perusahaan tempat dia bekerja sudah memberikan asuransi. Ternyata, ini merupakan peraturan baru dari pihak BP2NTKI-nya sendiri. Jadi, siap-siap membawa uang RP 400.000 apabila kamu baru pertama kali membuat KTKLN dan RP 125.000 untuk perpanjangan KTKLN.



Proses yang dijalankan pada dasarnya tidak rumit. Setelah melakukan verifikasi dokumen, saya mengisi formulir yang disediakan. Tampak terlihat bahwa formulir ini di cetak dari website. Lalu saya berfikir, kenapa saya tidak melakukan fill in formulir secara online? Ternyata, suami mengatakan bahwa fitur itu tidak ada di website-nya. Lah? Terus formulir yang diberikan ini asalnya dari mana ya? Oke, Strike 1.

Pada saat saya mengisi, terlihat beberapa poin yang tercetak di formulir ini tampak lucu. Bisa dilihat penulisan "ortu". Kenapa harus ortu? Kenapa tidak orang tua? Seperti formulir main-main & tidak menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Oke, Strike 2.

Formulir yang saya isi pun terkesan berulang-ulang. Pada bagian depan, saya diharuskan mengisi surat pernyataan. Tetapi pada bagian akhir sekali, saya harus kembali mengisi surat pernyataan yang sama. Dan, Strike 3.

Setelah mengisi seluruh formulir yang diberikan, petugas meminta saya untuk menunggu proses selanjutnya yaitu proses pembayaran dan pencetakan kartu asuransi.

Kemudian, saya kembali menunggu. Lalu saya dipanggil untuk pengambilan gambar dan sidik jari. Proses inipun hanya sebentar dan berjalan dengan lancar. Dan VOILA! KTKLN saya sudah siap dicetak.

Pada dasarnya, saya sudah cukup puas dengan proses pencetakan KTKLN yang cukup cepat ini. Dalam waktu lebih kurang 2 jam, KTKLN saya sudah siap cetak. Tetapi layaknya manusia biasa, saya tetap masih merasa kurang puas dengan adanya proses ini. Sebagai TKI Mandiri, alangkah baiknya jika diberikan fasilitas key in data secara online sehingga akan lebih memudahkan kami dan juga tentunya para petugas BP2NTKI. Lebih green karena paperless dan juga lebih menghemat banyak waktu. Kata suami sih ada, tapi ternyata tidak bisa digunakan. emoticon-Cape d...

Untuk informasi lanjut mengenai KTKLN ini, kita bisa menghubungi Call Centrenya. (08001000 untuk dalam negeri dan +6221-29244800)



Sumber - Blog saya. hehehe
Semoga bermanfaat.

emoticon-Peluk

PS: Maap foto2nya jadi besar. Ntah kenapa gak bisa upload image. Jadinya masukin link aja deh. hehehe
Diubah oleh greeny3 22-04-2013 09:09
0
13.9K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan