dwinat10Avatar border
TS
dwinat10
Hidup hemat ala Zong : Kekayaan Rp200 Triliun, Pengeluaran Cuma Rp180.000 per Hari
Bismillahirrahmanirrahim
Spoiler for pendahuluan:


Quote:


ANDA mau kaya? Menabunglah dan jangan boros. Pria terkaya di China dan terkaya ke-23 di dunia ini, Zong Qinghou, memberi contoh berhemat yang mungkin pantas ditiru. Dengan kekayaan 21,6 miliar dolar AS (sekitar Rp200 triliun), dia hanya memiliki pengeluaran 20 dolar AS per hari atau setara Rp180.000 saja! emoticon-Bingung (S)

Pemilik Hangzhou Wahaha Group, grup usaha terbesar di China yang bergerak di bidang minuman ringan ini, juga menunjukkan contoh bagaimana cara bekerja keras dalam meniti usahanya. Anggota Kongres Rakyat China ini sekaligus menjadi bukti bahwa pendidikannya yang minim juga bukan menjadi penghalang untuk menjadi kaya raya.

Seperti diberitakan BBC beberapa waktu lalu, Zong memang memiliki gaya hidup yang sangat sederhana. Dia juga pria yang sangat disiplin dalam urusan menabung. Salah satu karyawan Wahaha ingat bagaimana Zong memeriksa dengan teliti tiap pengeluaran kantornya, termasuk buat pembelian sapu. emoticon-Hammer (S)

Karir Zong berawal dari penjaga kantin di sekolah sampai menjadi raja minuman ringan dalam 20 tahun, sehingga sangat wajar kekayaannya itu tidak membuat dia lupa daratan. Seperti kebanyakan orang kaya lainnya yang berpenghasilan 100.000 dolar AS (atau Rp 954 juta), resesi tidak berpengaruh pada tujuan rencana pensiun mereka.

Zong memang tipe pria kaya yang cocok dengan profil orang kaya lainnya sebagaimana pernah disurvei PNC Financial Services, yang menyebut 46 persen orang kaya mengatakan mereka bekerja keras untuk mengurangi utang, 33 persen mengubah kebiasaan belanja mereka, dan 23 persen membayar utang rumah. Selain itu, mereka juga berencana terus bekerja pada usia emas mereka, dan tigaperempat mengatakan akan tetap bekerja, meski sedikit, setelah pensiun.

Sampai sekarang, Zong tidak mengubah gaya hidupnya yang sangat sederhana meski sudah kaya raya.

Pekan lalu, menurut Indeks Billionaires Bloomberg, Zong merupakan salah satu dari tiga orang Asia terkaya di dunia. Selain dia ada juga pengusaha Hong Kong, Li Ka-shing di peringkat 14 dan pengusaha migas India, Mukesh Ambani pada ranking 22.

Wahaha sendiri memiliki lebih dari 60 pabrik di 29 provinsi China dengan bisnis mulai dari minuman ringan pada formula bayi dan pakaian anak-anak.

Zong lahir tahun 1945 di Zhejiang, dan hanya mengecap sedikit pendidikan formal. Setelah lulus sekolah menengah, dia bekerja di sebuah usaha garam di Zhoushan. Dia kembali pulang kampung tahun 1979 setelah ibunya pensiun dari guru. Suatu saat dia kembali lagi ke Hangzhou, namun hanya dapat pekerjaan kasar di sebuah sekolah lokal karena rendahnya pendidikan dia. emoticon-Matabelo

Tahun 1987, dia membuka kantin di sebuah sekolah di Distrik Shangcheng. Saat itu Hangzhou menjual susu. Dia mengawali bisnis Wahaha, dengan mendistribusikan minuman ringan, es, dan alat-alat kantor. Bersama dua orang mantan guru, dia meminjam 140.000 yuan China (sekitar Rp199.920.000) untuk memulai produksi minuman susu dan mendistribusikannya.

Dia kemudian mendapat sokongan dari patner pemerintah dengan hubungannya dengan Danone. Dengan gaya otokratik dan etos yang gila kerja, dia membangun Wahaha menjadi manufaktur minuman ringan terbesar di China.

Wahaha kemudian melakukan usaha patungan dengan Danone Grup dengan nilai investasi 70 juta dolar AS di lima perusahaan patungan, yang 51 persen sahamnya dimiliki Danone untuk masing-masing perusahaan. Kesepakatan merek dagang diteken pada 29 Februari 1996 yang memberikan hak eksklusif bagi perusahaan patungan untuk memproduksi, mendistribusikan, dan menjual produk yang ada di bawah merek Wahaha.

Kolaborasi ini telah berkembang menjadi 39 entitas usaha patungan pada tahun 2007. Tapi pada tahun 2007, hubungan ini berubah menjadi suram ketika Danone berusaha untuk mendapatkan kontrol perusahaan Zong. Dia kemudian mengundurkan diri sebagai ketua usaha patungan pada tanggal 5 Juni 2007, dan memilih untuk mengelola usahanya sendiri tanpa intervensi dari Danone. (jon)


Quote:


Spoiler for sumber:


Spoiler for tambahan:


UPDATE
Makasih buat yg udah ngasi cendol emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Diubah oleh dwinat10 16-04-2013 02:47
1
34.5K
326
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan