weirdheriawanAvatar border
TS
weirdheriawan
[Teori Konspirasi baru] Komunitas Kretek: Hari tanpa tembakau sedunia = Agenda Asing!
Ini Kata Komunitas Kretek Soal Hari Tanpa Tembakau

TEMPO.CO, Yogyakarta - Tanggal 31 Mei diperingati sebagai Hari Tanpa Tembakau Sedunia atau World No Tobacco Day. Di balik itu, ternyata ada banyak polemik di dunia politik, ekonomi, farmasi, dan kesehatan tentang tembakau.

Dua puluh enam tahun lalu, organisasi kesehatan dunia (WHO) mengeluarkan resolusi Hari Tanpa Merokok Sedunia yang diperingati setiap 7 April.

Setahun kemudian, resolusi dipertajam menjadi World No Tobacco Day yang diperingati setiap 31 Mei. Masyarakat dunia diingatkan, tembakau bukan hanya berbahaya bagi kesehatan. Lebih jauh, tembakau adalah pembunuh.

"Para aktivis Komunitas Kretek mencatat banyak hal di balik hari anti-tembakau itu. Masyarakat terkecoh. World No Tobacco Day bukan agenda kesehatan semata," kata Gugun el-Guyanie, Koordinator Komunitas Tembakau Yogyakarta, Kamis, 30 Mei 2013.

Ia menjelaskan, Multi-National Corporation (MNC) farmasi dan MNC rokok bertarung memperebutkan pasar tembakau global yang nilainya sangat besar. Pada 2012 nilai pasar tembakau global mencapai USD 464,4 miliar. Nilai itu hampir tiga kali lipat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Indonesia.

MNC farmasi memberi sokongan bagi agenda dunia memerangi tembakau. WHO Tobacco Free Initiative tahun 1998, misalnya, sebuah program pemantapan perang global melawan tembakau, 75 persen pendanaannya berasal dari MNC farmasi.

Konferensi Dunia tentang Tembakau dan Kesehatan (WCTOH) ke-11 di Chicago digerakkan oleh dana dari MNC farmasi. Tak ketinggalan, tentu saja, Framework Convention on Tobacco Control (FCTC), instrumen hukum internasional pengendalian tembakau yang efektif berlaku sejak 2005.

Gugun menambahkan, sebagai gambaran, kapitalisasi pasar dari empat perusahaan farmasi terbesar di Amerika jika ditotal jumlahnya melebihi perekonomian India. Di sisi lain, MNC rokok sangat agresif melakukan ekspansi dan akuisisi. "Industri tembakau nasional terjepit. Dua raksasa siap menerkam, MNC farmasi dan MNC rokok," kata Gugun.

Kretek merupakan produk khas Indonesia. Kretek, rokok dengan komposisi campuran tembakau, cengkih, dan saos, kini sangat terancam. Padahal, selama lebih dari satu abad industri tembakau nasional telah memberi penghidupan bagi masyarakat dan negara.

Di Indonesia, manfaat tembakau dirasakan oleh 2,1 juta petani dan buruh tani tembakau, 1,5 juta petani dan buruh tani cengkih, 6,1 juta pekerja pabrik rokok. Total pada 30,5 juta orang, baik langsung maupun tidak langsung ,yang mendapatkan manfaat dari tembakau. Komunitas Kretek mencatat, pada 2012 pendapatan negara Indonesia dari cukai industri tembakau sebesar Rp 84 triliun.

"Angka itu jauh lebih tinggi dari setoran PT Freeport kepada pemerintah sebesar USD 955,6 atau hanya Rp 9 triliun di tahun yang sama," kata dia.

Aktivis kretek itu menyatakan, dalam satu dekade terakhir, saat perang melawan tembakau makin intensif di Indonesia, justru impor tembakau terus meningkat. Pada 2003-2008 impor tembakau naik 250 persen. Impor rokok dan cerutu juga meningkat. Di periode yang sama, masing-masing naik 86,87 persen dan 197,5 persen. "Komunitas Kretek menolak peringatan hari tanpa tembakau sedunia 31 Mei yang sarat kepentingan asing," kata dia.

Menurut Daru Supriyono, salah satu tim Advokasi Komunitas Kretek, petani menolak Peraturan Pemerintah 109 Tahun 2012 sebagai Regulasi Pengendalian Tembakau. Sebab, itu merupakan pesanan negara asing yang tentu saja menguntungkan kepentingan asing. "Adanya regulasi pertembakauan harus melindungi industri tembakau (kretek) nasional," kata dia.

sumber= http://www.tempo.co/read/news/2013/0...Tanpa-Tembakau

hmm gitu ya....

Jadi daripada nurut sama asing, mendingan ngisep tuh asep sampe batuk2? emoticon-Hammer
Diubah oleh weirdheriawan 31-05-2013 09:13
0
3.7K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan