Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

furqonfikrul23Avatar border
TS
furqonfikrul23
Mengenal Processor / CPU Pada Android
Bukti NO-Repsol gan..
Spoiler for :


Mengenal Processor / CPU Pada Android



Performa sebuah smartphone sejatinya ditentukan dari processor yang terdapat pada perangkat tersebut, tidak terkecuali android. Peran processor begitu krusial, karena fungsinya sebagai pengendali jalannya sistem dalam sebuah smartphone. Mari kita berbagi dan mengenal processor pada android.

Saat ini jenis processor yang beredar di pasaran beraneka ragam dirilis oleh berbagai produsen dengan variasi bentuk, ukuran, kecepatan dan kapasitas. Pada artikel sebelumnya, tips droid telah membahas perbedaan antara single core dan multi core pada android.

Seiring dengan meningkatnya pengguna smartphone android, telah memicu permintaan akan processor. Menurut data dari strategic analystic, permintaan chipset smartphone semakin meningkat pesat.

Jenis processor android

Spoiler for 1:


Spoiler for 2:


Spoiler for 3:


Spoiler for 4:


Spoiler for 5:


Spoiler for 6:


System On a Chip (SoC)
Processor pada android menggunakan SoC, apakah SoC tersebut?
Sebuah SoC, atau sistem-on-a-chip, mengintegrasikan hampir semua komponen ke dalam sebuah chip silikon tunggal.

Seiring dengan CPU, sebuah SoC biasanya berisi GPU (prosesor grafis), memori, USB controller, sirkuit manajemen daya, dan radio nirkabel (WiFi, 3G, 4G LTE, dan sebagainya). Sedangkan CPU tidak dapat berfungsi tanpa puluhan chip lain, itu mungkin untuk membangun smartphone hanya dengan SoC tunggal.

Perbedaan CPU dan SoC
Keuntungan dari SoC adalah ukurannya selain itu SoC mengandung lebih banyak fungsionalitas. Jika anda menggunakan CPU, akan sangat sulit jika anda menggunakan CPU dan beberapa chip pendukung lain pada smartphone yang ukurannya relative kecil, kita dapat menempatkan komputer lengkap di smartphone dan tablet , dan masih memiliki banyak ruang untuk baterai jika menggunakan SoC.

Karena tingkat integrasi yang sangat tinggi, SoC juga menggunakan daya yang lebih sedikit, selain itu jika anda menggunakan CPU, maka anda memerlukan sejumlah chip fisik berarti bahwa itu jauh lebih murah untuk membangun sebuah smartphone dengan menggunakan SoC dibanding CPU. Beberapa penjelasan lanjut dapat anda baca pada wikipedia.

Sering kali kita mendengar istilah ARM, apakah ARM?
ARM adalah kepanjangan dari Advanced RISC Machine, yakni arsitektur prosesor yang menggunakan prosesor RISC 32-bit dan dikembangkan oleh ARM Limited. Arsitektur prosesor ARM banyak digunakan oleh perangkat genggam mengingat fitur-fiturnya yang dibuat optimal untuk perangkat genggam, seperti fitur hemat energinya yang membuatnya menjadi dominan di pasar perangkat elektronik genggam termasuk android.


Jika anda ingin membaca lebih lengkap tentang ARM anda dapat baca pada wikipedia, dan beberapa list perangkat yang menggunakan ARM dapat anda baca pada XDA.

Android CPU Governors
Apakah CPU Governors?
CPU Governors pada android mengontrol bagaimana CPU meningkatkan dan menurunkan frekuensi dalam menanggapi aktifitas pengguna pada perangkat mereka. CPU Governors sangat penting dalam smartphone dan tablet karena mereka memiliki dampak besar pada fluiditas jelas antarmuka dan masa pakai baterai dari perangkat.
Spoiler for catatan:


Spoiler for macam cpu govenors:


Spoiler for TAMBAHAN:



Terimakasih gan Kunjungan nya...
Ditunggu kelanjutan nya untuk
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star

dan ane sangat mengharap kan emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
dari ente semua,agan2 yang baik emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)
Spoiler for :








LIAT INI
Secara ane dulu yangngepost... ee malah orang lain yang repost di jadiin HT... emoticon-Marahemoticon-Marah emoticon-Marah

dan ini uda beberapa kali terjadi sama ane emoticon-No Hope

Spoiler for bukti:
Diubah oleh furqonfikrul23 26-06-2013 09:37
0
9.6K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan