bgsilmiAvatar border
TS
bgsilmi
[Share] Kejadian dramatis ARGOPURO
Perkenalkan ane newbie nih gan.. tapi udh ngikutin kaskus kira-kira 2 tahunanlah. emoticon-I Love Kaskus (S)

Mau berbagi sedikit pengalaman hiking ane nih. kira-kira sekitar tahun 2011 rombongan ane 14 org mau mndaki gunung Argopuro. kebetulan ane anggota di organisasi pecinta alam jurusan. dan ke Argopuro mau ngikutin acara "Pengambilan Nomor" buat syarat kelulusan level 1 tingkat lagi. Ane sengaja ga cantumin secara spesifik waktunya, soalnya agak lupa2 inget. hehe..

Oke! Kami start dari Surabaya via Bus, tepatnya dari terminal Bratang. Sekitar 4-5jam kami udh nyampe di terminal Probolinggo. Kalo ga salah pas nyampe di Probolinggo malem. Sudah dijadwalkan kalo malam itu kita nginep dirumah salah satu temen kami. Kebetulan doi asli Probolinggo.
Paginya, kita semua jalan sekitar 300 m buat nyarter Mini bus buat ke Baderan. Ohya, kita ambil jalur dari Baderan rencana turun Bremi. (kayaknya se deket. haha..)
emoticon-Ngakak

Ditengah perjalanan menuju Baderan, mini bus sewaan kita ternyata mogok.
Spoiler for ni penampakannya gan! hehe..:


akhirnya Pak Sopirnya nyerah sama keadaan. emoticon-Frowndan salah satu temen ada yg nyoba jalan disekitar desa situ buat nyari sewaan Pick Up. akhirnya dapet. lanjut perjalanan ke Baderan. wushh....
dan akhirnya nyampe dengan selamat! emoticon-Smilie
Spoiler for Pos Baderan:


Saat proses perijinan, disitu Pak Polhut nya cerita panjang lebar tentang Kejadian2 dan kondisi Gunung argopuro saat itu. Mulai ditunjukin daftar-daftar korban sampe cara menanggulangi kondisi saat ketemu macan. hadeuhh.. baru pertama mendaki kesini udah dikasih ceramah kayak gitu, batinku.
emoticon-Takut

Akhirnya hari pertama dengan niat baik dan semangat kita mantepin hati untuk segera berangkat! cuss..
awal perjalanan kita disambut dengan hawa Panas yang dahsyat. Baru beberapa ratus meter aja kita udah guwobyos... hehe..
Spoiler for rest!:


Setelah 5 menitan rest, kita lanjut dengan tujuan ke Pos Mata air 1. Ane pikir perjalanan ke Pos Mata Air 1 sekitar 2-3 jamanlah. Tapi... ckckck.. hampir 8 jam lebih kita nyampe dilokasi. Busyeettt!!!
Spoiler for Pagi diMata Air 1:


Kita akhirnya bisa istirahat disini. Esoknya kita lanjut dengan tujuan Cisentor. Dan perjalanannya juga ga singkat.. hadeuh.. ditengah perjalanan kita Rest dan makan dulu di Alun-alun Lonceng. Tempatnya keren banget!!
Spoiler for nih Alun-alun Lonceng:

Spoiler for Satu lagi,..:


Setelah dirasa cukup dan kembali bertenaga, kita lanjut lagi! wush.. selepas Alun-alun Lonceng kita disambut padang rumput yang lumayan panjang. Perjalanan yang panjang jadi terasa deket. hehe...
Spoiler for Pose dulu..:


Sampe deh di Spot Terindah! Cikasur! disini viewnya keren banget.. dan ga usah takut kekurangan air deh! keren banget! Kalo beruntung disini pas pagi hari kita bisa lihat burung Merak sliweran. keren deh pokoknya.
Spoiler for Cikasur:

Spoiler for lagi:


Disini kita istirahat, makan, minum, boker emoticon-Taidll.. hehe!
Paginya, kita lanjut tujuan ke Cisentor. Di Cisentor adalah pos pertemuan jalur Bremi dan Baderan.
Spoiler for Cisentor:


Ngisi stok air sambil nyemil2 akhirnya kita lanjut lagi. Tujuannya tak lain adalah Puncak Argopuro dan Rengganis. Ane lupa berapa jam perjalanannya kita sempet ngelewatin beberapa sabana, dan hutan edelweis. Suasana saat itu agak sedikit mendung, karena kabut udah mulai tebal. Dan beberapa temenku udah mulai sedikit tumbang. Termasuk ane sih. hehe.. sreett.. srett... dan akhirnya kita nyampe dilokasi deket puncak Rengganis. Busyet! pas tiba disitu kita disambut hawa yang super dingin + angin!. kita mutusin buka tenda disitu. Beberapa temenku langsung nyebar nyari kayu buat api unggun. Ngimbangin suhu saat itu. Sumpah.. saat itu dingin banget! Pas lagi ngagetin kaki, sepatunya temenku ampe kebakar. Hampir aja kakinya ikutan kebakar. saking dinginnya ampe api dengan jarak segitu masih ga terasa panasnya. ampunnn Gusti...

Dengan kondisi dan waktu yang udh agak molor dari jadwal akhirnya kita mutusin hanya muncak ke Rengganis aja.
Spoiler for Rengganis.:

Spoiler for rengganis lagi:


Keren! Keren! alhamdulillah akhirnya bisa ngirup wangi udara Dewi Rengganis! :*
Langsung kita mutusin langsung capcus turun! sebelum cuaca semakin mencekam. Tujuannya adalah di Pos Cisentor.
nyoottt... akhirnya kita sampe lagi di Cisentor. Disitu kita ngisi Air, ngisi perut, sama ngisi hati sama Doa agar perjalanan turun kita lancar tanpa hambatan.
Kita start dari Cisentor sekitar pukul 15.30 WIB. Trus kata senior ane yang udah 4 kali ke Argopuro perjalanan Cisentor-Taman Hidup cuma sekitar 4-5 jam an. Okelah! sementara ane terima asumsi tersebut. Ini lah awal mulai kejadian tak terduga kami!.

Dimulai dengan salah satu anggota kami yang fisiknya udh mulai drop! dan emosi yang tak terkendali. Dalam perjalanan saat itu, kita melewati 9 bukit penyesalan. fiuhh... dan salah satu anggota rombongan kami ada yang berasal dari Palu. Dia datang ke Jawa tujuannya buat pengen mendaki gunung Argopuro. Kebetulan kamilah yang punya jadwal mendaki.
Dia tak diragukan untuk soal fisik dan pengalaman mendaki. Tapi, tengah2 perjalanan dia minta rest! ane sempet kaget ternyata dia ampe MIMISAN gan! busyett.. dia ngakuin kalo Argopuro gunung yang dahsyat! hehe..
Spoiler for ni si Doi gan! Hanger namanya.:


Tak terasa udah malem aja hari itu.. haduhh.. persediaan air sudah menipis. Ditambah beberapa senter kami ada yang rusak. Hanya tersedia 4 senter yang masih nyala. Coba bayangin kondisi ber 14 orang, jalan malem, ditengah hutan belantara, logistik menipis,.. haduh.. aku cuma bisa berdoa dan menenangkan diri. Kebetulan senterku masih dalam kondisi baik gan. Dan tak bisa dihindari, beberapa rombongan jungkir balik jatuh. Ditambah kondisi kanan-kiri banyak lalu lalang Babi hutan yang siap nyeruduk! Okesip!
Disini ane dan temen depan ane pas yang bertugas sebagai Marking Man! kit yang bertugas menandai setiap jalur dengan Tali Rafia. Tiap ada cabang/ ranting disekitar jalur kita tandain. Pas didepan ada percabangan jalur. Nah disini awal mula kejadian paling menyeramkan terjadi!. Senior ane yang udah 4 kali kesini yang membimbing. Kita semua ngikutin kemana dia melangkah. Tapi kok lama banget ga nyampe2.. padahal katanya setengah jam lagi nyampe. Dan... aku kok ngerasa kayak dejavu ya? disamping kananku ada Marking yang mirip banget sama yang ane buat tadi. ah.. mungkin Markingna pendaki lain. Tapi lama kelamaan kok jalur yang kita lewati ini persis kayak jalur yang tadi?? posisi Marking ane pun sama kayak yang tak lewatin ini?? ane semakin dag-dig-dug.. dan yang berpikiran gini ternyata bukan ane aja gan. Ane nyoba mastiin ke temen ane. Ternyata dia berpikiran sama juga. Dan!! yang kita takutin akhirnya terjadi. Rombongan kita udah muter2 hampir 3 kali disini. Astagfirullah.. Akhirnya Ketum ane mutusin buat berhenti dan menyruh buat ambil sisa2 logistik yang ada buat sekedar mengisi perut. Setelah perut terisi, otomatis tenaga dan pikiran akan semakin fokus. Itu asumsiku seh. Sebelum ngelanjutin kita berdoa.. dan nyoba untuk mastiin lagi jalur. Dan akhirnya setelah muter2 ga jelas ditengah hutan, kita nyampe juga di TAMAN HIDUP!! ALHAMDULILLAHH!!
Ane sempet berpikir bakalan tercantum nama ane didaftar korban2 Gunung Argopuro. hehe...
Istirahat, makan, minum, dan tidur pulaslah kita! Paginya kita ngejalanin Baiat!
Spoiler for Finally!:


Akhirnya kita mendapat pelajaran berharga disini. Tentang, pentingnya koordinasi tim, waktu, pengendalian diri, dan tentunya menghargai sekaligus melestarikan Alam nusantara ini. I LOVE INDONESIA!

Cukup sekian gan, ane ngantuk. hehe..
Diubah oleh bgsilmi 19-06-2013 14:08
0
12.9K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan