keciputAvatar border
TS
keciput
[Awas&Hati2] Bisnis MLM QNet Tipu Rp 1,6 Miliar
Sekitar 200 anggota multi-level marketing PT QNet Indonesia melaporkan ke Kepolisian Resor Banyuwangi atas dugaan penipuan yang dilakukan perusahaan. Kerugian korban diduga mencapai Rp 1,6 miliar.

Wakil pelapor, Rudi Suprapto, 50 tahun, mengatakan, perusahaan itu dianggap tidak memenuhi janji memberikan satu unit Honda Jazz dan pendapatan Rp 2,5 juta per bulan kepada anggotanya. Apalagi, menurut dia, sejumlah produk kesehatan yang dijual tidak berkhasiat.

Kerugian materi, kata Rudi, dihitung dari biaya pendaftaran anggota QNet antara Rp 7 juta hingga Rp 10 juta tiap orang. Setiap anggota wajib mencari enam orang untuk bergabung dalam bisnis itu. Rudi kemudian mengajak istri dan ayah kandungnya. "Dapat satu anggota katanya kita dapat penghasilan Rp 2,5 juta per bulan," kata Rudi kepada wartawan di Mapolres Banyuwangi, Senin, 17 Juni 2013.

Ada tiga produk QNet yang diberikan kepada anggota, yakni Bio-Disc, Chi-Pendant, dan E-Guard. Bio-Disc berupa lempeng kaca yang diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Chi-Pendant berupa kalung liontin yang bisa membuat penggunanya kuat. Sedangkan E-Guard dipakai dalam rokok elektronik.

Rudi dan rekannya yang melapor mengklaim tidak pernah merasakan khasiat barang-barang tersebut. Saat melapor, Rudi membawa ratusan produk QNet, baju, dan sertifikat 200 anggota.

Sementara itu, Mahbub Effendi, Independent Representative QNet Jember, mengatakan, untuk mendapatkan penghasilan, anggota harus bekerja keras dengan mengajak enam orang untuk bergabung menjadi anggota. "Penghasilan saya sudah Rp 100 juta," kata dia. Dia membantah bila produk QNet tidak berkhasiat. Dia mengklaim testimoni keberhasilan produk QNet datang dari berbagai negara.

Kepala Kepolisian Resor Banyuwangi, Ajun Komisaris Besar Nanang Masbudi, mengatakan, polisi masih mempelajari laporan tersebut. "Bila ditemukan unsur penipuan, polisi akan memprosesnya," katanya.

http://www.tempo.co/read/news/2013/0...u-Rp-16-Miliar

Yg kayak gini bikin industri MLM mendapat image negatif di masyarakat
0
23.3K
70
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan