klik.co.idAvatar border
TS
klik.co.id
Hati-Hati Orang Asing Penipu Penjual iPhone di Mall Atrium Senen
Maaf kalo trit ini kurang rapi, karena ditulis langsung beberapa menit setelah kejadian.

Tokoh:
Pak R: calon korban (umur 45 tahun-an)
Pak T: temen sekantor ane (umur 40 tahun-an)

Kronologis:

Jam 15.30-an pak R yg lagi di atrium senen telpon ke pak T cerita kalo dia ditawarin iphone 4s oleh orang asing (ngakunya orang vietnam) yg ngakunya abis kehilangan dompet.

Jam 16.00 ane dan pak T dijemput & diajak ke atrium oleh pak R untuk ngecek keaslian iphone yg pelaku tawarkan. (kantor ane lumayan deket dari TKP)

Sesampainya di atrium, ane & pak T ketemu orang vietnam tadi. Dia mengaku gak bisa bahasa indonesia. bahasa inggris pun parah, gak jelas (ane gak bisa mencerna omongannya).

Ciri2 fisiknya emang mirip orang vietnam, mata sipit, kulit putih, pake kemeja putih rapi, celana jeans, bersepatu dan bawa tas selempang. Dari penampilannya ane hampir percaya kalo orang ini beneran WNA yang lagi kepepet butuh duit buat pulang.

Awalnya pelaku buka harga 3,8jt ke pak R. Tapi ditawar akhirnya jadi 1,2jt. Untungnya pak R yg agak gaptek ini gak langsung bayar, dia minta bantuan ane & pak T untuk mengecek keaslian iphonenya.

Untuk meyakinkan kami, si pelaku nunjukin selembar uang vietnam yg agak kucel. Sambil meracau dengan bahasa gak jelas tapi dengan bahasa tubuh mencoba menceritakan bahwa dia orang vietnam yang kehilangan dompet dan ingin menjual iphonenya untuk ongkos pulang. Setelah itu si pelaku juga pura-pura jelasin spek iphone yg dia jual dengan bhs vietnam dgn buru-buru.

Anehnya, si pelaku ini dengan lihai selalu mencegah kalo ane mau pelototin dan utak-atik iphonenya. Mungkin karena ane masih relatif muda jadi dia berfikir kalo ane termasuk orang yang 'tau barang'.

Si pelaku sepertinya menyangka kalo pak T agak gaptek, tidak tau detail gadget, mengingat pak T ini emang udah berumur > 40 tahun. Sehingga pelaku akhirnya bersedia menyerahkan iphonenya ke pak T untuk dicek. Di sini lah blunder pelaku, karena justru pak T udah lama punya iphone 4s asli dan tau seluk beluk gadget mahal ini.

Sambil menunggu pak T utak atik, ane yg udah mulai curiga memberanikan diri curi kesempatan utk ambil foto pelaku (meskipun gak bisa close up) :
Spoiler for pelaku:

Spoiler for pakaian pelaku:


Akhirnya iphone dibalikin ke pelaku dan pak T menyimpulkan kalo iphone yg dicek itu palsu, barang replika ber OS java (di kaskus harga sekitar 800rb an). Ketika pak T, ane dan pak R diskusi bertiga, dengan cepat si penipu menghilang entah kemana.

Alhamdulillah selamat lah pak R dari upaya penipuan.

Ane share kejadian ini semata2 untuk mengingatkan kaskuser agar lebih waspada terhadap modus2 serupa. Bahwa sekarang ini banyak seller penipu yang jual barang replika tapi ngakunya asli. Tentu dengan berbagai macam modus dan dalil.

Ane yakin penipu kaya gini banyak dan akan terus menerus berkeliaran mencari orang yg tergiur sama gadget keren dgn harga murah. Baik itu di atrium senen maupun mall-mall lain.

Berhati-hatilah dan terima kasih udah mampir..

UPDATE:

Baru 1 page ternyata udah banyak yg mengalami kejadian serupa :
emoticon-Cape d... (S)

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:




Diubah oleh klik.co.id 19-06-2013 04:16
0
10.1K
90
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan