salamander55Avatar border
TS
salamander55
ikan sisa nabi
Ikan Sisa Nabi atau nama lainnya Ikan Sebelah Laut mempunyai keunikan sendiri yang mana badannya hanya ada sebelah saja. Ikan yang dikenali dengan nama saintifik Pseudorhombus Spp / Achiroides Spp ini mampu hidup di kawasan air laut dan tawar di sekitar negara ASEAN termasuk INDONESIA. 

Menurut sejarah, ikan ini telah dimakan sebelah bagian oleh Nabi Sulaiman A.S. dan dilepaskan semula ke laut. Atas kehendak Allah SWT, ikan sisa nabi ini telah hidup dan berkembang biak sampai hari ini.

Biarpun hanya mempunyai 1 mata dan sebelah badan saja, ia tidak memberi masalah kehidupan dari ekosistem ikan tersebut. Kejadian ini membuktikan 1 lagi kebesaran Allah SWT. Wallahualam.

Dikatakan, Ikan Sebelah Laut ini amat penting secara commercial. Ikan ini dikatakan mengandungi kandungan nutrisi yang cukup tinggi di samping memiliki rasa yang lezat. Bagaimanapun, stok ikan ini adalah terbatas. Ikan dalam spesies benthic ini banyak boleh ditemui di perairan tropika dan hangat, biasanya bertelur di kawasan lepas pantai dan muara sungai. Pada waktu kesuburan tinggi, ikan betina biasanya melepaskan sehingga beberapa ratus ribu telur. Untuk betina yang berukuran besar mampu bertelur sehingga mencapai lebih dari 2 juta. Telur2 ikan dengan segera menjadi larvae berukuran 1.5-3mm.

Ikan berbadan pipih ini suka sekali menyamar, menyesuaikan dengan kondisi lingkungannya dengan cara memendamkan badannya ke dalam lumpur atau pasir di dasar laut, sementara hanya matanya yang muncul ke permukaan. Matanya dapat diangkat atau diturunkan dan digerakkan dengan bebas. Ikan ini memakan terutama binatang berkulit keras, hewan tanpa bertulang punggung. Tanpa bergerak dengan sangat sabar ia menunggu mangsanya sampai mangsa benar2 dekat dan lengah dengan gerakan yang sangat cepat dan mendadak menyergap, jarang sekali mangsa dapat lolos dari sergapannya. 

SUMBER
http://bicarasantai.com/2013/05/30/sedikit-kisah-ikan-sisa-nabi/
Diubah oleh salamander55 19-06-2013 04:00
0
24.6K
160
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan