missalieAvatar border
TS
missalie
Selangka Itukah Darah? [Renungan]

Tahukah Agan seberapa penting dan berharganya darah bagi sebagian orang? Mungkin masih banyak diantara Agan Agan tidak menyadari betapa pentingnya donor darah.
Disini saya mau berbagi pengalaman dari kerabat teman kakak saya yg mempunyai seorang anak penderita leukemia. Semoga bisa menjadi renungan bagi Agan semua


Spoiler for Sebelumnya, pesan untuk silent reader:

Ini kisah nyata...
Quote:



Yuni meninggal karena sudah tidak bisa bertahan lagi. Ayahnya belum pulang di kala itu sedangkan kebutuhan darahnya setiap hari semakin meningkat, tidak bisa diprediksi. Sehingga nyawanya pun tidak bisa tertolong emoticon-Sorry

Datang jam setengah 2 pagi saja masih harus mengantri. Bagaimana dengan yang lain? Jika saja Ayahnya tidak perlu mengantri untuk mendapatkan kantong darah itu, jika saja pasokan darahnya banyak sehingga Ayahnya bisa mengambil lebih untuk persediaan/ jaga jaga suatu waktu. Semua ini karena tingkat kesadaran kita kurang. Kampanye mendonorkan darah tidak marak. Padahal bisa dibilang ini masalah yang cukup serius karena menyangkut nyawa.


Spoiler for PMI:


PMI menargetkan 4.400.000 kantong darah setiap tahunnya, tetapi sepertinya hal ini sulit untuk terealisasikan. Masih minimnya jumlah pendonor darah membuat Palang Merah Indonesia (PMI) masih mengalami kekurangan pasokan darah hingga 1,3 juta kantong per tahun

WHO memperkirakan pasokan darah minimal sebesar 2 persen dari jumlah penduduk atau sekitar 4,4 juta kantong darah. Tahun 2010 lalu darah yang terkumpul dari para pendonor hanya 3,1 juta kantong. Kesenjangan ini dapat menimbulkan tentunya masalah yang signifikan dalam upaya pemeliharaan pemeliharaan kesehatan masyarakat Indonesia. Untuk kota-kota besar seperti Jakarta, pasokan darah sebenarnya sudah mencukupi tapi harus berbagi dengan daerah sekitarnya seperti Bogor, Bekasi, Tangerang dan Depok yang jumlah pendonornya masih kurang.

Dari jumlah pendonor yang menyumbangkan darahnya, sekitar 83 persen adalah pendonor sukarela, selain itu juga ada yang disebut donor pengganti, yaitu mereka yang mendonor saat anggota keluarganya mengalami kesulitan. Namun jumlah pendonor sukarela itu harus ditambah sehingga kondisi darurat yang membutuhkan donor pengganti dapat diminimalisasi.





Agan jangan pernah berpikir jika darah Agan disumbangkan maka nanti Agan akan kekurangan darah. Justru Agan akan mendapat banyak keuntungan dari segi kesehatan!

Lantas apa saja manfaat donor darah?
- Donor darah bermanfaat untuk regenerasi sel darah baru
- Agan akan mengetahui kesehatan Agan saat ini melalui serangkaian tes yang dilakukan sebelum mendonorkan darah
- Mengurangi kelebihan zat besi dalam tubuh
- Mendonorkan darah mengurangi resiko terkena penyakit jantung
- Membakar kalori sebesar 650 setiap donor
- Dan yang pasti kebahagiaan secara psikologis karena Agan telah menjadi pahlawan bagi seseorang di luar sana yang tidak Agan kenal emoticon-Angel


Apa saja syarat-syaratnya?
- Usia Agan 17 tahun ke atas
- Berat badan minimal 45 kg
- Tidak menderita penyakit anemia
- Dalam kondisi sehat dan fit
- Tidur cukup
- Minum air putih yang banyak (karena darah yang terlalu kental akibat kurangnya air putih tidak bisa disumbangkan)
- Tidak meminum alkohol
- Tidak berpuasa di hari sebelumnya
- Untuk wanita, tidak dalam keadaan haid

Mengapa ambil darah di PMI harus bayar?
Ketika kita sedang donor, kita tidak dikenakan biaya apa-apa, sehabis donor lalu kita diberikan tanda terimakasih. Tapi sewaktu kita membutuhkan darah itu kita dikenakan biaya. Kok bisa? Kalo begitu PMI sama seperti agen darah dong?

Mungkin diantara Agan Agan ada yang berfikir demikian. Sebenarnya PMI sama sekali tidak menjual darah yang telah didapatkan dari pendonor.Ada biaya yang dikeluarkan pasien, disebut dengan Biaya Pengganti Pengolahan Darah (BPPD)
Ini adalah biaya yang digunakan untuk membeli alat pengambilan darah (kantong darah, alkohol, kapas, plester, dan vaccinnostile), proses pemeriksaan laboratorium, proses pengecekan persamaan golongan darah, pengecekan golongan darah dari virus (HIV, Syphilis, Hepatitis B, dan Hepatitis C), biaya service untuk pendonor, administrasi, dan korespondensi, serta tenaga ahli (dokter, paramedis, dan asisten transfusi darah)

BPPD yang perlu dibayar oleh pasien juga telah disubsidi sebelumnya oleh PMI maupun Pemerintah Daerah. Sebagai informasi, biaya sebenarnya untuk pengolahan satu kantung darah adalah sekitar 280-300 ribu rupiah. Namun setelah diberikan subsidi maka BPPD menjadi: Rp. 250rb untuk RS Swasta, RS Negeri Rp. 135 ribu dan untuk Jamkesmas sebesar Rp. 120 ribu.

Ketika Agan memiliki niat untuk mendonorkan darah, segera datang ke Unit Pelayanan Donor Darah terdekat, lalu ungkapkan keinginan Agan untuk mendonorkan darah pada petugas. Kemudian petugas akan melakukan langkah awal yakni, Agan mengisi formulir kebersediaan mendonorkan darah, pemeriksaan tensi darah, pemeriksaan golongan darah, pemeriksaan HB, riwayat penyakit yang pernah di derita, tidak sedang haid, tidak bergadang pada malam sebelumnya, dan sehat secara umum.

Setelah lulus dari serangkaian tindakan tersebut barulah Agan diperbolehkan mendonorkan darah Agan. Tidak hanya sampai disitu, setelah Agan selesai mendonorkan darah Agan, maka darah Agan akan diperiksa di laboratorium untuk mengecek ada atau tidaknya HIV/AIDS, Hepatitis dan penyakit menular atau membahayakan lainnya. Setelah semua proses dilakukan dan darah Agan aman dari berbagai penyakit maka darah Agan siap untuk didonorkan.

Spoiler for Mari Donor Darah:


Simak komentar serta pengalaman Agan Agan berikut ini
Spoiler for Komentar para kaskuser:

Spoiler for Tambahan dari Agan yang sangat sering donor darah:

Di daerah Pontianak darah sangat langka..Hampir tiap cabang PMI mengeluhkan langkanya pendonor di daerah masing masing. Di daerah pontianak darah sangat langka, sampai Agan ini harus 5x mendonorkan darahnya setiap tahun. Padahal seharusnya donor darah maksimal 3 bulan sekali
lanjut di post #8 beserta komentar lainnya

Spoiler for Bukan donor darah yang kayak gini....:


Quote:

"Berikan hadiah kehidupan dengan menyumbangkan darah"


Terima kasih yang sudah berkunjung baik silent reader dan yg memberikan komen/ rate/ cendol emoticon-Smilieemoticon-Shakehand2


Quote:



Buat para silent reader
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star
sebagai wujud apresiasi emoticon-Smilie

Agan yang dermawan, jika berkenan
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Quote:


Spoiler for Sumber:

Diubah oleh missalie 29-09-2013 05:41
0
31K
322
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan