mubarak.20Avatar border
TS
mubarak.20
Pengunjung 'PRJ' Monas Membludak, Bukti Warga Jakarta Haus Hiburan Murah
Jakarta - Panas dan hujan tidak menyurutkan sejumlah warga Jakarta untuk mengunjungi gelaran Pekan Produk Kreatif di Silang Monas. Hajat tandingan yang disebut PRJ Monas ini menjadi bukti bila warga Jakarta menantikan hiburan merakyat, murah meriah.

Panitia pelaksana 'PRJ' Monas menyebut, jumlah pengunjung Sabtu (15/6/2013) kemarin ditaksir mencapai 20 ribu orang. Setiap pengunjung yang menikmati gelaran di area barat daya Silang Monas ini tidak dipungut tiket masuk sedikitpun.

"Ini bukti masyarakat Jakarta haus hiburan murah. Mereka yang di ekonomi bawah tidak bisa masuk ke mal dapat menikmati hiburan yang ada di Monas," kata pengamat perkotaan Yayat Supriyatna saat berbincang dengan detikcom, Minggu (16/6/2013).

Yayat menilai, terjadi persaingan antara pemerintah DKI Jakarta dengan pengelola acara tahunan Pekan Raya Jakarta (PRJ) di Kemayoran. Pemerintahan Jakarta, kata Yayat, menilai event tahunan di Kemayoran hanya dapat dinikmati oleh kalangan ekonomi menengah dan menengah ke atas.

Ini terlihat dari mahalnya karcis yang dikenakan kepada masyarakat dan para pengisi stand yang lebih menonjolkan produsen dengan nama besar ketimbang produk usaha kelompok masyarakat kecil.

"Kalau gubernur yang lalu kan tidak terlalu berorientasi kepada UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Di sini (PRJ Monas), Jokowi kan ingin mengoreksinya," ujar Yayat.

Menurut Yayat, aksi pemerintah DKI Jakarta di bawah komando Jokowi-Ahok dalam membuat gelaran tandingan PRJ kemayoran, bukan semata-mata sebagai bentuk membangun memori lahirnya PRJ zaman Gubernur Ali Sadikin memerintah, tahun 1960-an.

"Nuansa masa lalu berbeda dengan sekarang. Yang paling penting bukan itu, tapi orientasi keberpihakan kepada rakyat. Jangan sampai hanya yang besar saja yang difasilitasi," ujarnya.

Yayat optimistis gelaran 'dadakan' yang dilakukan pemerintah DKI Jakarta dapat menjadi city event (acara tahunan kota). Pemerintah DKI Jakarta diharapkan dapat mengevaluasi hal teknis yang menjadi kendala saat acara berlangsung.

"Perlu dilakukan penataan kembali di Monas jangan sampai kondisi Monas bertambah buruk, sampah semakin banyak atau taman semakin rusak, atau menambah kerusakan," imbau Yayat.

Bukan hanya pihak pemerintah, peran masyarakat pun diperlukan dalam menjaga gelaran serupa berjalan di tahun depan. Peran tersebut sekadar menjaga kebersihan lokasi pameran serta keamanan.

"Pesta rakyat akan terbangun bila masyarakat itu aktif dan turut serta membangun dalam pesta tersebut," kata Yayat.

[url]http://news.detik..com/read/2013/06/16/130235/2274775/10/pengunjung-prj-monas-membludak-bukti-warga-jakarta-haus-hiburan-murah?n991102605[/url]

Selama ini rakyat jakarta telah di generalisir sebagai orang2 yang mampu, padahal justru kebanyakan malah gak mampu menikmati hiburan2 yang disuguhkan oleh para pengusaha berduit. BRAVO JOKOWI AHOK !!!
0
2.3K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan