KASKUS

sudah kah agan mencairkan dana JAMSOSTEK nya? yang belum wajib masup gan!!

Cara Pencairan Dana Jamsostek

Niat untuk mencairkan dana Jamsostek ini dimulai dari cerita seorang teman yang sudah mencairkan dana Jamsosteknya. Kemudian saya mulai browsing untuk mencari tahu syarat dan ketentuan agar dapat mencairkan dana Jamsostek.

Karena saya sudah beberapa kali pindah kerja, maka saya memiliki tiga kartu Jamsostek tempat dimana saya bekerja dulu. Saya memang selalu meminta kartu Jamsostek yang baru setiap kali pindah kerja.

Berikut beberapa ketentuan awal yang harus dipenuhi untuk dapat mencairkan dana Jamsostek.
  • sudah keluar/mengundurkan diri dari perusahaan tersebut.
  • masa keanggotaan kepesertaan Jamsostek sudah melewati 5 tahun, atau pengertian mudahnya, usia kartu jamsostek anda sudah melewati 5 tahun.

Pencairan dana JHT Jamsostek bisa dilakukan dimana saja, pada periode tahun yang lalu memberlakukan masa pencairan dana JHT Jamsostek adalah minimal 5 (lima) tahun kepesertaan dengan masa tunggu hingga 6 (enam) bulan. Kini masa tunggu sudah dikurangi menjadi 1 (satu) bulan, sehingga peserta Jamsostek yang sudah keluar dari kepesertaan Jamsostek setelah 5 (lima) tahun + 1 (satu) bulan sudah berhak untuk mencairkan dana JHT

Nah... untuk kasus seperti saya, dimana memiliki lebih dari satu kartu jamsostek yang ingin dicairkan, berdasarkan pengalaman pribadi saya, seluruh dana dari kartu Jamsostek tersebut bisa dicairkan sekaligus dengan syarat setidak tidak nya usia satu kartu jamsostek saya sudah lewat 5 tahun.
Kondisinya pada waktu itu, usia kartu jamsostek pertama saya sudah lewat 5 tahun, usia kartu yang kedua 3 tahun, dan usia kartu yang ketiga adalah 2 tahun. Dan karena satu kartu sudah lewat 5 tahun, semuanya bisa dicairkan sekaligus. Harus diingat, bahwa seluruh kartu tersebut harus dicairkan sekaligus ketiga tiganya. (jadi segala persyaratannya harus lengkap).
semoga dimengerti.

Kemudian syarat syarat berkas administrasi yang harus dibawa ke kantor Jamsostek adalah:
  • Kartu Jamsostek asli, karena saya memiliki 3 kartu jamsostek tempat kerja di 3 perusahaan terdahulu, maka saya membawa ketiganya.
  • KTP asli yang masih berlaku dan fotokopi ktp 2 lembar
  • Kartu Keluarga asli dan fotokopi kartu keluarga 1 lembar
  • surat pengalaman kerja dari perusahaan terdahulu atau selama menjadi peserta jamsostek, saya membawa tiga surat pengalaman kerja dari tiga perusahaan berbeda sesuai dengan tiga kartu jamsostek saya.
  • fotokopi buku rekening bank 1 lembar (bila dananya ingin ditransfer ke rekening bank)

Harus menjadi perhatian juga agar di surat pengalaman kerja yang kita miliki, nama perusahaannya harus sama seperti yang terdaftar di Jamsostek dan tanggal masuk dan keluar dari perusahaan tempat kita bekerja dulu sesuai dengan yang tersimpan di database jamsostek. Bila berbeda, terkadang mereka menyarankan kepada kita agar meminta surat pengalaman kerja yang sesuai.

Sesampainya di kantor Jamsostek, saya diberi formulir yang harus diisi. Yang harus diperhatikan adalah:

Di kolom nama Ibu, isikan nama ibu sesuai dengan yang tertera di Kartu Keluarga. jangan dipersingkat atau ditambah tambahkan.
Jika segala persyaratan sudah lengkap, petugas administrasi akan menanyakan dananya akan dibayar tunai atau ditransfer, pada saat itu saya memilih untuk ditransfer ke bank. dan petugas meminta fotocopy buku rekening saya. Kebetulan saya membawa buku rekening tabungan saya, dan petugas tersebut membantu memfotocopykannya.
Selain itu, petugas akan bertanya beberapa hal kepada kita seperti nama ibu kandung, tempat tanggal lahir, nama perusahaan tempat kita bekerja. sepertinya untuk verifikasi saja.

Sebagai catatan, petugas mengijinkan pentransferan dana ke bank hanya bila nama rekening di bank sama dengan nama peserta jamsostek.
Petugas menjanjikan pentransferan dana dalam waktu 7 hari kerja dan memberikan nomor ekstensi telepon kepada saya bila dana jamsostek saya tidak kunjung cair dalam 7 hari.
Dan sesuai janjinya, dana jamsostek saya masuk ke rekening bank yang saya ajukan dalam waktu seminggu. Caiirrrrrr....

Saya mengurus jamsostek saya di kantor jamsostek cilandak, jl T.B. Simatupang, Jakarta Selatan. Petugasnya dimulai dari security sampai ke petugas administrasi ramah seperti pegawai bank, dan kondisi kantornya juga nyaman dan bersih, memiliki tempat duduk yang banyak, disediakan koran dan televisi.
Kebetulan pada saat itu ada petugas lain yang memberikan kuesioner kepada saya tentang pelayanan jamsostek di cilandak tersebut, dan saya memberikan nilai setinggi tingginya sebagai tanda kepuasan saya. dan saya malah mendapatkan dompet alat tulis sebagai partisipan. hehehe....

Oleh karena itu, bagi teman teman jangan ragu untuk mencairkan dana jamsosteknya. jika memang sudah memenuhi persyaratan, segera berangkatt. Mudah dan memuaskan. Asal membawa berkasnya secara lengkap.

berapa besar iuran setiap bulan?

Iuran Program Jaminan Hari Tua:
Ditanggung Perusahaan = 3,7%
Ditanggung Tenaga Kerja = 2%

Kemanfaatan Jaminan Hari Tua adalah sebesar akumulasi iuran ditambah hasil pengembangannya.

Jaminan Hari Tua akan dikembalikan/dibayarkan sebesar iuran yang terkumpul ditambah dengan hasil pengembangannya, apabila tenaga kerja:
  • Mencapai umur 55 tahun atau meninggal dunia, atau cacat total tetap
  • Mengalami PHK setelah menjadi peserta sekurang-kurangnya 5 tahun dengan masa tunggu 1 bulan
  • Pergi keluar negeri tidak kembali lagi, atau menjadi PNS/POLRI/ABRI

di jamsostek sendiri ada banyak program gan, seperti JHT (jaminan hari tua) JKK (jaminan kecelakaan kerja) JK (jaminan kematian) JPK (jaminan pemeliharaan kesehatan) untuk lebih jelasnya apa saja penjelasan dari masing-masing program bisa di baca di sini JAMSOSTEK

Quote:Original Posted By angga86
F.A.Q (Frequently Asked Question)

Q : kalu umur kartu baru 3 tahun, brarti harus tunggu 2than lg donk? terus selama nunggu 2 tahun itu saldo kita berkurang gak gan? misalnya ane udh gak kerja? untuk pencairannya berlaku kelipatan (5tahun gak diambil, jd 10 tahun) atau setelah lebih dari 5tahun kita bisa cairin kpn aja?

A : saldo jamsostek gak berkurang gan, gak seperti tabungan di bank yang setiap bulan'a ada biaya admin, di jamsostek gak ada biaya admin, pokonya kalo umur kartu dah lebih dari 5 tahun dah bisa diambil, perkara mau agan ambil kapan aja boleh ko atau mau dicairin ntar pas hari tua juga gak masalah, gak ada batas waktu tertentu gan buat pencairan selama umur kartu dah lebih dari 5 tahun dah bisa dicairin kapanpun

Q : maaf ni gan,, ane masih agak bingung masalah pencarian jamsos
di faq soal blum jelas

ane pnya jamsos sejak sept 2010, dan saat ini ane udh keluar dr perusahaan tsb dan pindah ke perusahaan baru.. jadi jamsos ane blum berumur 5 thn.. nah jamsos tsb bisa di cairkan gak ya ?? ane si udh dpat surat ket kerja (resign) dr kntr lama..
karena ada isu klo selama 1-2 bulan tidak ada aktivitas maka account tsb akan di banned, karena tidak memiliki pemiliki
lalu apakah pencarian bisa di wakil kan dengan menyertakan surat kuasa ?

sama satu lagi, ane register di web ny buat liat saldo secara onlie gak pernah bisa..gmn caranya si,,? kan ane dh pny no jamsos ny masa verifikasi alamat dll ny harus sama persis kyk yg di database jamsostek
mohon di luruskan

A : 1. salah satu syarat pencairan jamsostek yaitu masa keanggotaan kepesertaan Jamsostek sudah melewati 5 tahun, jamsostek agan sept 2010 baru bisa dicairkan nanti desember 2015, ini kartunya dilanjutkan diperusahaan yang baru apa gimana gan? kalo misal dilanjutkan, jika umur kartu dah lebih dari 5 tahun dan agan mau mencairkan dana jamsostek tsb ya agan harus resign dulu dari perusahaan itu, kalo misal kartu jamsosteknya gak dilanjutkan diperusahaan yang baru agan tinggal tunggu aja di desember 2015 udah bisa cair

2. walah isu ngaco dari mana itu gan...pencairan jamsostek gak ada batas waktunya gan, mau diambilnya nanti pas hari tua juga gak masalah, asal persyaratan semua lengkap

3. sepertinya untuk pengambilan jamsostek harus sendiri deh gan (gak bisa di wakili pake surat kuasa) kecuali kalo pemegang kartu jamsostek meninggal dunia baru bisa di wakili sama ahli warisnya, untuk lebih jelasnya agan bisa baca penjelasan tentang JHT disini JAMSOSTEK

4. antara data yang agan isi dengan data yang ada di administrasi jamsostek memang harus sinkron, kalo misal agan udah ngerasa bener ngisi'a trus masih gak berhasil mungkin aja ada kesalahan system / data, telp aja ke call center jamsostek 021-29297392

Q : thanks buat Infonya ya.. bener2 nice Info
kebetulan bgt mau cairin Jamsostek, tp btw kalau asli & fotocopy kartu keluarga dr ktp kita yg sekarang hilang gmn yah? ada ga dokumen pendukung lain yang bisa menggantikannya ya?


A : kartu keluarga asli dan fotokopi harus ada, itu menjadi salah satu syarat utamanya..
thanks commentnya


Q : Gan, mau nanya nih, ane prnah kerja di 3 perusahaan dan mslahnya kartu jamsostek di perusahaan yg pertama hilang gan, gmna solusinya gan? Mohon pencerahannya

A : Syarat yang harus dipersiapkan untuk claim jamsostek jika kartu hilang;
1. Surat kehilangan dari kepolisian (asli + fotocopy)
2. Surat kehilangan dari tempat kita bekerja agar di dapat no kartu jamsostek-nya (asli + fotocopy)
3. Surat paklaring / surat pemberhentian bekerja (referensi kerja)
4. Kartu Keluarga (asli + fotocopy)
5. Kartu Tanda Penduduk (asli + fotocopy)

Prosedur;
1. Sudah bekerja 5tahun + 1bulan terhitung sejak tahun pertama kali anda masuk, contoh: anda bekerja bulan desember 2007, jamsostek bisa dicairakan bulan februari 2013
2. Dikarenakan kartu jamsostek anda hilang, anda hanya dapat mencairkan dimana kartu tersebut oleh perusahaan anda didaftarkan. misal; anda dijakarta akan tetapi perusahaan anda mendaftarkan keanggotaan jamsostek di kantor cabang tangerang 1. maka anda hanya dapat mencairkannya di kantor cabang tangerang 1. (dari berbagai sumber)


Q : Kalau lembar surat referensi kerjanya copy-an boleh kah? biar kita cairkan dulu..

A : setau saya harus ada yang asli, nanti petugasnya lihat cap basahnya atau tanda tangan asli...
hubungi saja perusahaan yang lama, minta surat keterangan kerja. saya juga gitu dan mudah kok.
kalo dah cair jangan lupa makan makan ya..


Q : Saya keluar kerja 30 juni 2011,,kira2 saya bisa mencairkan jamsostek kapan ya?

A : umur kartunya sendiri sudah berapa lama? di kartunya biasanya tertulis bulan dan tahun pencetakan kartu.
kalau sudah 5 tahun sejak kartu dibuat, sudah bisa dicairkan.


Q : nice post, boleh tanya mas, klo saya kerja di 3 tempat yang masing2 ga sampai 2 th, gimana ya? mohon infonya ta thx

A : ga ada masalah mas/mbak berapa lama kita kerja di perusahaan tersebut, yang penting salah satu dari kartu jamsostek punya mas sudah berumur lebih dari 5 tahun. Kalau salah satu kartu sudah melewati 5 tahun, ketiga kartu tersebut bisa dicairkan sekaligus.

Q : Siang Mas, Mohon informasinya. Kalau posisi saya sekarang masih kerja di perusahaan baru dengan kartu jamsostek yg baru. Jamsostek yang lama kepesertaannya sudah lebih dari 5 tahun. Apakah bisa saya cairkan duluan ato harus nunggu sampai tidak bekerja?
Terima kasih


A : kartu jamsostek yang sudah lebih dari 5 tahun itu sudah bisa langsung dicairkan mbak. Jangan lupa bawa surat pengalaman kerja dari perusahaan yang lama tersebut. Selamat mencairkan dana jamsostek mbak..

Q : Saya status di KTP dan KK sudah menikah tapi belum mendaftarkan suami saya di keanggotaan jamsostek. Apakah perbedaan status di KTP dan KK yang berbeda bs bermasalah?

A : maksudnya mendaftarkan suami di jamsostek bagaimana ya bu?
yang mendaftarkan kita ke jamsostek kan perusahaan..
tidak ada masalah status pernikahan ketika ingin menarik uang jamsostek.
thanks.


Q : berapa lama batas pencairan jamsostek ya pak...?

A : kalau maksud bapak/ibu batas waktu penarikan uang kita di jamsostek, setau saya ga ada batas waktunya bu... makanya kata jamsostek saat ini sangat banyak acoount di jamsostek yang tidak dicairkan orang yang bersangkutan walaupun umur kartunya sudah puluhan tahun.

Q : gan mau nanya neh kalo kartu jamsostek umurnya pas 5 tahun bisa langsung di cairin gak atau harus nunggu beberapa bulan dulu dari masa jatuh tempo baru bisa di cairin. Thanks gan,,,

A : kalo misalnya umur kartunya 5 tahun di mei 2013, agan udah bisa nyairinnya di juni 2013. gitu gan... semoga membantu

Q : Suami saya kerja sdh hampir 8th.. Rencana mau ajuin senin nanti. Yg jd pertanyaan apakah dananya lsg bs cair hari itu juga, atau hrs menunggu 1 bulan baru dicairkan..
Soalnya bny simpang siur info yg saya dapatkan.. Ada yg bilang 1 bulan dulu baru bs bahkan ada yg bilang tunggu 6bulan dulu.. Bingung,krn kartu terbit sdh kurang lebih 7-8th yang lalu. Mohon pencerahannya.. Makasih


A : kalau mbak mintanya dicairin cash, bisa saat itu juga... tapi biasanya kalau uang pencairannya banyak, disarankan transfer ke bank saja, dan biasanya membutuhkan waktu sekitar 2 minggu. Ga lama kok mbak

Q : klu sdh misah KK apakah KK yg lama hrs d lampirkan jg?

A : Kalau saya lihat, KK digunakan untuk melihat apakah nama ibu kandung sama dengan di formulir yang diisi. jadi berikan saja KK yang terbaru. Jangan lupa bawa KK yang asli thanks.

Q : klo nama di kartu jamsostek beda 1 huruf gmn gan? tnks sebelumnya

A : salah satu kartu saya juga beda satu huruf dibandingkan dengan ktp.... tapi ga masalah gan, karena sepertinya kesalahan dipihak mereka ketika mencetak kartu..

Q : kalau ingin membuat kartu jamsostek baru padahal kita sudah punya boleh nggak sih gan? kalo boleh, mohon info bagaimana cara membuatnya? terima kasih.

A : yang membuat kartu jamsostek itu perusahaan tempat kita bekerja gan... jadi bukan kita...kalo kita sudah punya kartu jamsostek dari perusahaan tersebut, tentunya ga akan dibuat yang baru lagi.
kita punya opsi untuk membuat kartu yang baru atau melanjutkan dari kartu yang lama ketika pindah perusahaan.
semoga membantu gan.


Q : Kalo kartu jamsostek saya yang lama umurnya 3,5thn dan kartu yang baru 1,5thn, bisa dicairin gak yah? Terima kasih untuk infonya ^_^

A : kartu yang lama masih belum bisa dicairin...nunggu 1,5 tahun lagi.

Q : kalau saya menjadi anggota jamsostek pada bulan 05 tahun 2008,
kapan jamsostek saya sudah bisa dicairkan?


A : bulan juni 2013 sudah bisa dicairkan, berarti bulan ini sudah bisa. Tapi sudah resign dulu ya dari perusahaan tersebut.

Q : maaf mau nanya klo kartu jam jamsostek saya di buat pada bulan desember thn 2008 apa kah bisa di cair kan di bulan ini?

A : masih belum bisa. harus menunggu sampai januari 2014.

Q : Pak kantor jamsostek buka nya hari apa saja?
senin-jumat saja atau sabtu juga buka?
sekalian jam kerjanya (08:00-16:00??)
Trims


A : sesuai dengan hari kerja senin sampai jumat.
sebaiknya datang pagi saja, karena bila antrian sangat panjang, petugas bisa membatasi waktu pelayanan, jadi sekitar jam 3 sore sudah tidak bisa ambil nomor antrian lagi karena di dalam gedung masih banyak yang antri. Tapi ini tergantung situasi dan kondisi.


Q : Ane bru inget gan klo ane pernah ikut Jamsostek di tmpt kerjaan yg lama..nah kiebetulan kartu jamsostek ane ga ada gan, ilang entah kemana
Kira2 syarat2nya yg kudu di lakuin apa ya gan klo misal kartunya ilang? Ane jg ga inget no kartunya gan..


A : kalo agan juga ga ingat nomor kartunya, sebaiknya tanya ke perusahaan yang dulu aja. biasanya mereka simpan tuh arsipnya. setelah itu ke kepolisian mengurus surat kartu hilang. surat itu menjadi pengganti kartu jamsostek. setelah itu baru bisa dicairkan, tapi syarat yang lain juga harus dilengkapi.

Q : Kalo ga dapat kartu dari kantor dulu tempat bekerja dan hanya berbekal 1 rek koran saldo jamsostek setahun, bisa ga ya gan? usia rek jamsostek saya sejak 2010 ter daftar nya.

A : hubungi aja perusahaan yang lama minta kartu jamsosteknya. itu bukan ga dapat kartu, tapi belum dikasih. ga mungkin ada rek koran saldo jamsostek, tapi kartunya ga ada.

Q : Gmn klw srt pnglmn krj hilng gan?pa bs pke srt ktrngn hilng dr kntor polisi,soalny prshaan tmpt krj dulu ga mau bkinin lg

A : aneh gan kalo ada perusahaan tempat kerja dulu ga mau buat lagi. memang dah nanya belum?
surat pengalaman kerja gw juga gw ambil setelah sekian lama keluar dari perusahaan tersebut.
ga ada masalah gan.
gw ga tau gan kalo surat pengalaman kerja hilang apa bisa urus di kepolisian, baru dengar tuh.


Spoiler for tambahan dari ane gan:


SUMBER
UPDATE : PER MARET 2014 JIKA KITA PUNYA LEBIH DARI 1 KARTU JAMSOSTEK, MISAL :

KARTU PERTAMA : 6 TAHUN
KARTU KEDUA : 3 TAHUN
KARTU KETIGA : 2 TAHUN

KALO DULU KETIGA KARTU DIATAS BISA DICAIRKAN BERBARENGAN ASALKAN SALAH SATU KARTU SUDAH LEBIH DARI 5 TAHUN

SEKARANG GAK BISA GAN, JADI HARUS NUNGGU MASING2 KARTU UDAH MENCAPAI MINIMAL 5 TAHUN 1 BULAN
ane pakenya askes gan
kagak tau gan gw masih pelajar
Ane nggak pake Jamsostek gan .. ane pake AG
kebanyakan org masih awam klo soal jamsostek, taunya tiap bulan kena potongan aja di salarynya
punya ane belom d cairin gan buat tabungan aja
ane gak termasuk asuransi jamsostek gan, but nice info gan
ane belum memenuhi syarat gan. mungkin saldo tabungannya juga ga nyampe seratus ribu

Kartu ilang

Ane bru inget gan klo ane pernah ikut Jamsostek di tmpt kerjaan yg lama..nah kiebetulan kartu jamsostek ane ga ada gan, ilang entah kemana
Kira2 syarat2nya yg kudu di lakuin apa ya gan klo misal kartunya ilang? Ane jg ga inget no kartunya gan..
Setuju gan, gak kerasa tau2 duit kita beranak disitu. Ane udah cairin tahun 2010 yang lalu, gampang banget kok prosesnya,
Kalo ga dapat kartu dari kantor dulu tempat bekerja dan hanya berbekal 1 rek koran saldo jamsostek setahun, bisa ga ya gan? usia rek jamsostek saya sejak 2010 ter daftar nya.
Quote:Original Posted By tomato1988
Kalo ga dapat kartu dari kantor dulu tempat bekerja dan hanya berbekal 1 rek koran saldo jamsostek setahun, bisa ga ya gan? usia rek jamsostek saya sejak 2010 ter daftar nya.


Sepertinya bisa gan, kartu ane juga udah hilang entah kemana pada saat mencarikan. Yang penting masih ada nomer preminya. Trus kalo gak salah baru bisa dicairkan setelah ke anggotaan masup tahun ke-6. Jd kalo agan jadi anggota baru tahun 2010 ya berarti nanti 2016 baru bisa dicairkan semuanya

Quote:Original Posted By Huntering
Ane bru inget gan klo ane pernah ikut Jamsostek di tmpt kerjaan yg lama..nah kiebetulan kartu jamsostek ane ga ada gan, ilang entah kemana
Kira2 syarat2nya yg kudu di lakuin apa ya gan klo misal kartunya ilang? Ane jg ga inget no kartunya gan..


Masih ada slip saldo yang warna ijo gak gan? Disitu biasanya ada nomer preminya. Nanti tinggal ke kantor polisi bikin surat ilang, trus mengajukan kartu baru. Setau ane sih gampang kok, tinggal dateng aja ke kantor Jamsostek sama bawa KTP dia bisa cariin nomer premi kita.

ane lupa pass website jamsosteknya
bokap ane dah 15 tahun
mantep gan sharenya kebetulan ane lg nunggu cair jamso ane jadi ko punya lebih dari 1 asalkan salah satu udah bisa di cairin berarti semuanya jg bisa di cairin kan gan ?? asiiiiiik mantep gan infonya ane bantu deh
Quote:Original Posted By abunabila
ane pakenya askes gan


emang dari perusahaan'a gak dikasih jamsostek gan?

Quote:Original Posted By Biscuit.
kagak tau gan gw masih pelajar


nanti dapet kalo dah gawe gan

Quote:Original Posted By tamengxxx
Ane nggak pake Jamsostek gan .. ane pake AG


asuransi individu ya?

Quote:Original Posted By EZZON
kebanyakan org masih awam klo soal jamsostek, taunya tiap bulan kena potongan aja di salarynya


bener gan, padahal kalo dah ngecek saldo baru ngeh ternyata banyak juga ya duitnya....

Quote:Original Posted By mas.yoo
punya ane belom d cairin gan buat tabungan aja


buat hari tua ya gan, sip dah mantap gan biar duitnya beranak terus

Quote:Original Posted By rizki.masjahri
ane gak termasuk asuransi jamsostek gan, but nice info gan


sip gan, semoga nanti dapet lebih dari jamsostek ya gan

Quote:Original Posted By bangkerun
ane belum memenuhi syarat gan. mungkin saldo tabungannya juga ga nyampe seratus ribu




Quote:Original Posted By Huntering
Ane bru inget gan klo ane pernah ikut Jamsostek di tmpt kerjaan yg lama..nah kiebetulan kartu jamsostek ane ga ada gan, ilang entah kemana
Kira2 syarat2nya yg kudu di lakuin apa ya gan klo misal kartunya ilang? Ane jg ga inget no kartunya gan..


Quote:Original Posted By tomato1988
Kalo ga dapat kartu dari kantor dulu tempat bekerja dan hanya berbekal 1 rek koran saldo jamsostek setahun, bisa ga ya gan? usia rek jamsostek saya sejak 2010 ter daftar nya.


Quote:Original Posted By luiginnius


Sepertinya bisa gan, kartu ane juga udah hilang entah kemana pada saat mencarikan. Yang penting masih ada nomer preminya. Trus kalo gak salah baru bisa dicairkan setelah ke anggotaan masup tahun ke-6. Jd kalo agan jadi anggota baru tahun 2010 ya berarti nanti 2016 baru bisa dicairkan semuanya



Quote:Original Posted By luiginnius


Masih ada slip saldo yang warna ijo gak gan? Disitu biasanya ada nomer preminya. Nanti tinggal ke kantor polisi bikin surat ilang, trus mengajukan kartu baru. Setau ane sih gampang kok, tinggal dateng aja ke kantor Jamsostek sama bawa KTP dia bisa cariin nomer premi kita.



thx dah bantu jawab gan, koreksi sedikit ya gan, kartu jamsostek yang sudah lebih dari 5 tahun itu sudah bisa langsung dicairkan, misal kepersertaan jamsostek april 2010 maka bisa cair di maret 2015

Quote:Original Posted By luiginnius
Setuju gan, gak kerasa tau2 duit kita beranak disitu. Ane udah cairin tahun 2010 yang lalu, gampang banget kok prosesnya,


makan...makan

Quote:Original Posted By amantra
ane lupa pass website jamsosteknya


kan ada opsi lupa password di bawah log in gan, tinggal ikutin aja step by step nya, biasa'a password akan dikirim ke email agan

Quote:Original Posted By mamin86
bokap ane dah 15 tahun


15 tahun gede tuh gan

Quote:Original Posted By darkONE.
mantep gan sharenya kebetulan ane lg nunggu cair jamso ane jadi ko punya lebih dari 1 asalkan salah satu udah bisa di cairin berarti semuanya jg bisa di cairin kan gan ?? asiiiiiik mantep gan infonya ane bantu deh


iya gan, jangan lupa bawa persyaratan'a yang lengkap ya

makan...makan
nice info gan...
Quote:Original Posted By angga86

makan...makan


sip gan syarat2 nya pasti ane bawa, tp ini udah pasti kan gan, ntr kita udh sampe sana gk taunya syarat2nya ada yg kurang lagi , klo makan2 ane makan di rumah ente makan dirumah jg, jadi deh makan-makan
×