KASKUS

Quote:Original Posted By sub_q


Udah pernah ganti filter belum gan ?


Belom gan,emang pengaruh dari filter ya?
Ane minta solusi nih gan, masalah sama megi ane nih. nanya2 dikit, kemarin abis pasang noken as tiger + templarnya yang roller itu, tapi kok bawahnya jadi loyo ya?????pas dulu masih browsing nyari beritaya katanya tuh noken enak di putaran bawahnya, tapi kenyataannya???apakah perlu jetting ulang???atau ada hal2 lain yang perlu ane rubah lagi???mohon pencerahannya!!!!
Quote:Original Posted By ambigoo


Belom gan,emang pengaruh dari filter ya?


Sangat pengaruh gan, standarnya pada KM 16.000 waktunya diganti.
Jangan dibersihkan apalahgi di semprot ya, filter udara untuk SMH sekarang sudah menggunakan elemen viskos, yang berfungsi untuk menyaring debu yg sangat kecil sekalipun agar tidak masuk keruang bakar.

Saat Filter kotor atau disemprot akan mempengaruhi kinerja mesin, biasanya tenaga akan hilang pada kecepatan 60km/jam.

Dicoba diganti gan, dengan catatan servis teratur ya (karbu dalam kondisi prima)

*catatan
untuk kinerja lebih optimal matic disarankan menggunakan BBM tanpa timbal, lebih cocok pakai PERTAMAX.
Quote:Original Posted By sub_q


Sangat pengaruh gan, standarnya pada KM 16.000 waktunya diganti.
Jangan dibersihkan apalahgi di semprot ya, filter udara untuk SMH sekarang sudah menggunakan elemen viskos, yang berfungsi untuk menyaring debu yg sangat kecil sekalipun agar tidak masuk keruang bakar.

Saat Filter kotor atau disemprot akan mempengaruhi kinerja mesin, biasanya tenaga akan hilang pada kecepatan 60km/jam.

Dicoba diganti gan, dengan catatan servis teratur ya (karbu dalam kondisi prima)

*catatan
untuk kinerja lebih optimal matic disarankan menggunakan BBM tanpa timbal, lebih cocok pakai PERTAMAX.


Ooo...gt gan
Ok deh makasih gan,tar ane ganti filternya
Trus cara bersihin filter udara yg baik tu gmn gan?atau gak boleh dbersihin jd langsung ganti aja gitu?

Tanya Honda Supra X 125 Helm In PGM-FI

Alhamdulillah nemu thread ini

Maaf om TS, ane mau nanya

Ane punya Supra Injeksi Helm In (Supra Injeksi ndut ) keluaran 2012. Kan beda sama Supra Injeksi keluaran 2005 itu ya? Ane baca2 di artikel, Supra Injeksi yang sekarang, filter bahan bakar/bensin nya sudah misah dari pompa filter nya. Kalo di Supra Injeksi yang lama katanya filter bensin masih gabung sm pompa bensin, jadi kalo mau ganti filter bensin, di Supra Injeksi lama harus ganti 1 blok.

Pertanyaan saya

1) Apakah memang benar seperti itu?

2) Filter bensin itu bisa dibersihkan ga ya? Atau kalo sekali tersumbat harus diganti? Kalo diganti, harga filter bensin di Supra Injeksi Helm In berapa ya kira2?

3) Di AHASS sedia servis kuras tangki untuk Supra Injeksi apa ga ya?

4) Maaf sebut merk lain. Pernah denger, di Yamaha ada servis cleaning/pembersihan injektor. Denger2, di Honda memang didesain untuk langsung ganti ya? Ga didesain untuk bisa dicleaning injektor nya?

Maaf maaf ya om TS banyak nanya, nyubie bingung mau nanya sm siapa. Ane tertarik sm teknologi injeksi, tp pengetahuan tentang injeksi juga harus ane upgrade gitu, dikit2

Mantap nih thread, sangat mencerahkan
ane make beat gan, baru 1 tahun lebih ganti accu udah mati lagi, penyebabnya apa ya mastah ?
mohon pencerahannya..
gan .. ane mau tanya tentang speed meter tiger mata 1 ..
bbrapa hari yg lalu ane nemuin serpihan putih dr sela speed meter ane .. ane coba tanya ama tmn kata dia tulang dalem yg warna putih pecah ..
yg jd pertanyaan ane
apa d ahass punya part it ??
ato harus beli 1 set ??
kalo ad part nya harga nya brp ??
kalo beli 1 set brp ??

tanya

Harga behel tiger yg asli berapaan sih bro ?
mau nanya nih gans,

soal bengkel AHASS yg di Cinere , Lereng itu bagus ngga sih ??
jujur dan oke ga montir2nya ? kali aja ada agan2 yg tinggal di cinere juga.

soalnya bulan depan mau servis nih..
tune up + ganti oli + ganti oli gardan + etc

oiyaaa, kalo ban tubeless yg bagus apaan ya ??
pengalaman pake corsa ngga oke bro...

thanks
misi para sepuh & mastah
salam kenal
izin gabung ya,,

tunggangan ane supra fit x 2008

skalian mau tanya dunk :
1. AHASS yang recommended di daerah ciledug / joglo dimana ya ?
mungkin ada yang domisili nya dekat sama ane dan punya BeRes yang recommended

2. harga onderdil di website nya astra (bener gak yang ini : astra-honda.com) itu pasti berlaku sama gak di semua AHASS di Indonesia ?
mungkin gak dimahali dikit sama AHASS nya biar bisa ambil untung ?

3. harga tune-up (servis ringan) di AHASS itu berapa ya ?
bedanya antara servis ringan dengan paket servis ringan apa ya ?
soalnya ane baca di blakang, buat vario Service ringan = +/- 18K, paket 43K

terima kasih atas perhatiannya


Hallo gan,

langsung aja y, klo u/ kiprok Supra Fit 2004 kodeny brp ya+HET-nya?

Terima Kasih
Quote:Original Posted By ambigoo


Ooo...gt gan
Ok deh makasih gan,tar ane ganti filternya
Trus cara bersihin filter udara yg baik tu gmn gan?atau gak boleh dbersihin jd langsung ganti aja gitu?

Jadi, karena viscous, ga disemprot, karena tar oli/cairan penangkapnya hilang, Dilap aja bagian pinggirnya oom. Dan memang didesign utk tidak dibersihkan, tapi ganti setelah periode tertentu, atau sudah sangat mampet.

Quote:Original Posted By frenzman
Alhamdulillah nemu thread ini

Maaf om TS, ane mau nanya

Ane punya Supra Injeksi Helm In (Supra Injeksi ndut ) keluaran 2012. Kan beda sama Supra Injeksi keluaran 2005 itu ya? Ane baca2 di artikel, Supra Injeksi yang sekarang, filter bahan bakar/bensin nya sudah misah dari pompa filter nya. Kalo di Supra Injeksi yang lama katanya filter bensin masih gabung sm pompa bensin, jadi kalo mau ganti filter bensin, di Supra Injeksi lama harus ganti 1 blok.

Pertanyaan saya

1) Apakah memang benar seperti itu?

2) Filter bensin itu bisa dibersihkan ga ya? Atau kalo sekali tersumbat harus diganti? Kalo diganti, harga filter bensin di Supra Injeksi Helm In berapa ya kira2?

3) Di AHASS sedia servis kuras tangki untuk Supra Injeksi apa ga ya?

4) Maaf sebut merk lain. Pernah denger, di Yamaha ada servis cleaning/pembersihan injektor. Denger2, di Honda memang didesain untuk langsung ganti ya? Ga didesain untuk bisa dicleaning injektor nya?

Maaf maaf ya om TS banyak nanya, nyubie bingung mau nanya sm siapa. Ane tertarik sm teknologi injeksi, tp pengetahuan tentang injeksi juga harus ane upgrade gitu, dikit2

Mantap nih thread, sangat mencerahkan

- no 1, pending dulu yah
- secara umum, filter bensin ga bisa dibersihkan, karena kotoran umumnya berupa Gel oom. Harga juga pending dulu, hehehe
- Kenapa dikuras?
- bisa kok, pake injector cleaner, dan catat bahwa dengan sifat injectornya, maka injector memang lebih terawat karena bensinnya bertekanan tho?

Quote:Original Posted By afdani
ane make beat gan, baru 1 tahun lebih ganti accu udah mati lagi, penyebabnya apa ya mastah ?
mohon pencerahannya..

- nampaknya wajar oom
- penyebab umum aki mati, lagi :
+ beban berlebih. Berlebih juga bisa diartikan bahwa motor jarang lari kencang, malah lebih sering distarternya daripada jalan jauh. Intinya: jarang ngisi, tapi sering banget disedot arusnya
+ Sering ga jalan motornya, sering nongkrong.......

Quote:Original Posted By zukosan
gan .. ane mau tanya tentang speed meter tiger mata 1 ..
bbrapa hari yg lalu ane nemuin serpihan putih dr sela speed meter ane .. ane coba tanya ama tmn kata dia tulang dalem yg warna putih pecah ..
yg jd pertanyaan ane
apa d ahass punya part it ??
ato harus beli 1 set ??
kalo ad part nya harga nya brp ??
kalo beli 1 set brp ??

-ga nampak partnya oom, hehhehe
- spedometer ada kok pretelannya, dan juga ada set-nya
juz info: kalo tiger 2000, set nya 515rb, yang tiger lampu bulat 425rb, yg picek.... aku blm pegang data oom, maaf. Cek di website deh oom

Quote:Original Posted By Rafantagoo
Harga behel tiger yg asli berapaan sih bro ?

60rb/pcs, mau?

Quote:Original Posted By perkasa5272
mau nanya nih gans,

soal bengkel AHASS yg di Cinere , Lereng itu bagus ngga sih ??
jujur dan oke ga montir2nya ? kali aja ada agan2 yg tinggal di cinere juga.

soalnya bulan depan mau servis nih..
tune up + ganti oli + ganti oli gardan + etc

oiyaaa, kalo ban tubeless yg bagus apaan ya ??
pengalaman pake corsa ngga oke bro...

thanks

Belajar servis ndiri deh oom, : Bersihin filter, dan ganti oli. Dan berkala ganti busi dan Filter udara, hehehhe
Harga aku ga hafal oom, rada2 beda
Ban, setahu saya: IRC, FDR, Michelin, itu satu kelas
Kalo Corsa, sekelasnya dengan Swallow


Quote:Original Posted By affanfm2010
misi para sepuh & mastah
salam kenal
izin gabung ya,,

tunggangan ane supra fit x 2008

skalian mau tanya dunk :
1. AHASS yang recommended di daerah ciledug / joglo dimana ya ?
mungkin ada yang domisili nya dekat sama ane dan punya BeRes yang recommended

2. harga onderdil di website nya astra (bener gak yang ini : astra-honda.com) itu pasti berlaku sama gak di semua AHASS di Indonesia ?
mungkin gak dimahali dikit sama AHASS nya biar bisa ambil untung ?

3. harga tune-up (servis ringan) di AHASS itu berapa ya ?
bedanya antara servis ringan dengan paket servis ringan apa ya ?
soalnya ane baca di blakang, buat vario Service ringan = +/- 18K, paket 43K

terima kasih atas perhatiannya



- Beresnya, dicba aja oom, variatif soalnya. Kalo cocok terusin, gitu saran saya
- toh secara umum mereka dalam satu management AHMkok
- Harga, beda2 dikit oom, terutama part yang slow moving
- Tentang service, ada deh di thread ini, oom SubQ yang upload

Quote:Original Posted By Bqy
Hallo gan,

langsung aja y, klo u/ kiprok Supra Fit 2004 kodeny brp ya+HET-nya?

Terima Kasih


Kodenya :KRS, 105rb oom
misi gan..
kalo harga seher sama ringnya vario 110 yg OS 0 berapa y??
Quote:Original Posted By ibsmine


ganti seal / guide valve kena brapa Gan?!
trus klo service & ganti di AHASS butuh kocek brapa ya..

Agan punya lapak di VNI ya...?

hahahahah
iya oom

Quote:Original Posted By ambigoo
Belom gan,emang pengaruh dari situ ya??


filter sama dengan hidung
Kalo mampet, gimana mau kenceng oom? Gmn mau kebakar.
Mutlak oom.........
permisi para suhu, sepuh & mastah di marih...

nubi numpang nongkrong & ada sedikit pertanyaan di marih...

  • harga komstir & klaher roda belakang buat honda spacy fi berapaan yah gan...??


  • untuk pemakaian normal daily use, umur pemakaian komstir bisa bertahan berapa lama yah, kilometer spacy fi nubi udah mencapai 14rb, rute pp sehari 80km, kondisi rute standar jakarta (lempeng, lobang, poldur) kok udah kena komstir nya yah..??


untuk teknik pengereman, kebetulan nubi menggunakan metode 65% rem depan, 35% rem belakang...

many thanks suhu-2, sepuh-2 & mastah-2 di marih atas pencerahannya
numpang tanya dong om..

pengguna tiger revo pasti pada ngeluh karet sen nya pada getas (umur pakain 3-4tahun) trus sen nya pada ngampleh ke bawah...

trus knapa itu karet (stay winker) susah nyari nya ya..?
bahkan ahass sebesar JHC pun nggak ada stok..

memang murah sih, nggak sampe 25b/pcs, tapi hampir smua ahass besar nggak ada stok. cuma dipertanyakan nih after sales nya..
Quote:Original Posted By ninjacrew
misi gan..
kalo harga seher sama ringnya vario 110 yg OS 0 berapa y??

Untuk Piston Kit, harga tidak mengenal Size
Harga 95K oom

Quote:Original Posted By ebiet04
permisi para suhu, sepuh & mastah di marih...

nubi numpang nongkrong & ada sedikit pertanyaan di marih...

  • harga komstir & klaher roda belakang buat honda spacy fi berapaan yah gan...??



  • untuk pemakaian normal daily use, umur pemakaian komstir bisa bertahan berapa lama yah, kilometer spacy fi nubi udah mencapai 14rb, rute pp sehari 80km, kondisi rute standar jakarta (lempeng, lobang, poldur) kok udah kena komstir nya yah..??


untuk teknik pengereman, kebetulan nubi menggunakan metode 65% rem depan, 35% rem belakang...

many thanks suhu-2, sepuh-2 & mastah-2 di marih atas pencerahannya


Komstir, sama dengan Bebek, 70K
Bearing roda belakang? Duh........ ada kah? Yang aku tau ga ada deh oom

Komstir
Pernyataan pertama saya :
Salah satu fungsi Service Gratis, memeriksa apakah pengencangan komstir di parbik adalah memang benar
Tidak benar adalah: torsi semu, jadi kalo kita abis pasang komstir,kita cek goyang kiri kanan beberapa kali, maka komstir akan kendor.
Nampaknya oom, tidak ter-periksa kualitas pemasangan komstirnya.
Umur komstir sama dengan bearing kok oom

Quote:Original Posted By radyan73
numpang tanya dong om..

pengguna tiger revo pasti pada ngeluh karet sen nya pada getas (umur pakain 3-4tahun) trus sen nya pada ngampleh ke bawah...

trus knapa itu karet (stay winker) susah nyari nya ya..?
bahkan ahass sebesar JHC pun nggak ada stok..

memang murah sih, nggak sampe 25b/pcs, tapi hampir smua ahass besar nggak ada stok. cuma dipertanyakan nih after sales nya..

ah oom
item tiger ada ratusan, dan motor honda puluhan, sabar untuk indent oom, hehehhe
apalagi dah jarang yang beli, harganya murah
kalo perlu saya bantu, saya siap bantu oom
Iki eyang bayu mesti, ada toko stock cuma empat, masuk gudang belum, sudah dijarah, wkwkwkwkkw
peace
Quote:Original Posted By CROM.HondaMotor


Problem yang terjadi, KOMPETENSI Mekanik.

Mungkin dikit saya bisa share:
- pada prinsipnya, kom steer adalah BEARING
- yang memiliki sebuah clearance = 0
- clearance > 0 = oblag
- Clearance<0 = seret

SO, kuncinya adalah di methode pemasangan.
1. saat mulai mengencangkan, maka ban depan harus digoyang kiri--kanan, selama pengencangan.
Tujuan : meratakan posisi steel ball
2. Kencangkan terus, hingga tangan tidak mampu memutar lagi.
3. Kendorkan
4. Kencangkan kembali komsteer sesuai kekuatan tangan.
5. kendorkan kembali 20 derajat
6. Kunci dengan nut steering stem, hingga torsi 900kgf
7. 900kgf inilah, yang menjamin bahwa steering stem terkunci posisinya dengan clearance seperti halnya bearing


Gan, ahass recommend yg paham pasang komsteer gini dimana ya?
Vario 125 ane ban depan goyang sejak nov 12, mslh awal seal shock kanan bocor, diganti cmn yg bocor, oli shock diisi ulang, sbulan kemudian setir ga stabil, sampai ban dpn habis sblh duluan sblh kanan, lama2 ban miring ke kanan (dilihat dr dpn), ganti ban, 2bln ga stabil lg, isi ulang oli shock, ganti komsteer msh goyang, karna makin miring, ane press segitiganya, ban udah lurus, tp skrg goyang makin parah, komsteer dikendorin stiap rem dpn "dug..dug" setir kyk maju, dikencengin "dug..dug" ilang, goyang msh ada dikit, tp setir berat..
Di apain ya gan? Apa kudu ganti segitiga & pipa shock?
Thanks gan..
Quote:Original Posted By CROM.HondaMotor

Komstir, sama dengan Bebek, 70K

many thanks suhu...
harga nya tidak terlalu mencekik leher...

Quote:Original Posted By CROM.HondaMotor

Bearing roda belakang? Duh........ ada kah? Yang aku tau ga ada deh oom

nahhh....
ini neh yg bikin rada bingung...
jadi problem spacy fi nubi adalah, ban belakang rada geal-geol bak biduan dangdut...
terlepas dari masalah yg lain, ntah velg na peyang ataupun ban nya gak beres, nubi pernah konsultasi ke bengkel emperan, menurut mekanik nya, metik gak ada klaher ban belakang, karena langsung di jepit mesin cvt cmiiw...
kemudian nubi iseng, tanya ke beres ahm, yaitu daya motor di pasar rumput, menurut advisor nya, metik ada klaher belakang...
yg bener jadi bijimana suhu...

#maklum, kalo nubi rada-rada, seumur-umur pake motor batangan, baru kali ini punya metik

Quote:Original Posted By CROM.HondaMotor

Komstir
Pernyataan pertama saya :
Salah satu fungsi Service Gratis, memeriksa apakah pengencangan komstir di parbik adalah memang benar
Tidak benar adalah: torsi semu, jadi kalo kita abis pasang komstir,kita cek goyang kiri kanan beberapa kali, maka komstir akan kendor.
Nampaknya oom, tidak ter-periksa kualitas pemasangan komstirnya.
Umur komstir sama dengan bearing kok oom

mohon maap suhu, nubi numpang curcol sebentar...
service gratis pertama, yg nubi pertama kali minta adalah, cek komstir, di karenakan komstir yg nubi rasakan kelewat enteng, jadi setang depan kek melintir gitu, nubi minta setelan agak di bikin berat, tapi setelah service gratis ke empat, baru deh mulai ngerasa komstir / stang berasa aneh, jadi kelewat kaku n berat...
kemudian service ke 5, baru nubi minta entenging stelan komstir na, yg terjadi adalah, gejala komstir rusak mulai mendera spacy fi nubi...
di kencengin kelewat kaku kek orang bego belajar bawa motor
di kendorin setiap ngerem depan, tak-tok-tak-tok kek komstir mo copot...
kira-kira, adakah solusi nya suhu, selain alternatip nya ganti komstir....

#deritakomstiroblak

many thanks suhu, sepuh & mastah...

Quote:Original Posted By aMbuRaDuL

Gan, ahass recommend yg paham pasang komsteer gini dimana ya?
Vario 125 ane ban depan goyang sejak nov 12, mslh awal seal shock kanan bocor, diganti cmn yg bocor, oli shock diisi ulang, sbulan kemudian setir ga stabil, sampai ban dpn habis sblh duluan sblh kanan, lama2 ban miring ke kanan (dilihat dr dpn), ganti ban, 2bln ga stabil lg, isi ulang oli shock, ganti komsteer msh goyang, karna makin miring, ane press segitiganya, ban udah lurus, tp skrg goyang makin parah, komsteer dikendorin stiap rem dpn "dug..dug" setir kyk maju, dikencengin "dug..dug" ilang, goyang msh ada dikit, tp setir berat..
Di apain ya gan? Apa kudu ganti segitiga & pipa shock?
Thanks gan..

problem kita sama suhu...

#deritakomstiroblak
Quote:Original Posted By ebiet04


problem kita sama suhu...

#deritakomstiroblak


Waaaahh..kirain ane aj yg menderita karna komsteer..trnyta ada yg senasib jg..heehehe..
Lama2 pengen ane tabrakin ke tembok aj nih setir geol2..ahahahhaa..=D
Gara2 komsteer dong habis waktu, habis tenaga, habis biaya, habis ksabaran jg nih..=(
go go