Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

erisderisAvatar border
TS
erisderis
penipuan jangan sampai terjadi
menipu adalah dosa besar
emoticon-Takut

Dalam Al-Qur’an sedikitnya ada 5 istilah perbuatan dosa yang mengakibatkan turunnya siksaan Allah. Istilah-istilah itu adalah:


Quote:





Rasulullah bersabda:
“Apabila seorang mukmin melakukan dosa, hatinya akan ternoda oleh titik hitam. Apabila ia mau bertaubat dan tidak mengulangi perbuatan dosa lagi dan beristighfar, hatinya akan menjadi bersih kembali. Apabila berbuat tambah dosa, titik hitamnya juga tambah. Titik hitam itulah yang dimaksud dalam firman Allah: sekali-sekali tidak (demikian) sebenarnya yang mereka lakukan membuat noda hitam dalam hatinya (HR. Ibn Majjah dan Imam Ahmad).
Dosa, dengan demikian, adalah sesuatu yang menyeleweng dari kebaikan seperti tidak jujur, menipu, mendengki, korupsi dan maksiat kepada Allah swt. Lalu, bagaimana mengetahui bahwa sesuatu telah menyeleweng dari kebaikan? Ada dua cara untuk mengetahuinya: dari nash (al-Quran dan al-Hadis)dan dari kriteria. Dari Nash, tentu kita harus bereferensi kepada keduanya untuk menghakukumi suatu perbuatan. Tetapi, untuk menentukan perbuatan itu salah atau tidak selain dari nash adalah seperit yang disabdakan oleh Rasulullah:



Perbuatan baik adalah suatu perbuatan yang membuat jiwa tenteram dan membuat hati tenang. Perbuatan dosa adalah perbuatan yang menjadikan jiwa guncang dan hati gusar, sekalupun kamu mendapatkan petuah dari ahli fatwa (mufti) (HR. Imam Ahmad).
Yang dinamakan dosa ialah sesuatu (perbuatan) yang menggelisahkan jiwa dan kamu tidak mau menampakkannya kepada orang lain. (HR. Imam Ahmad)
Sebagaimana dijelaskan dalam kitab tahrir al-wasilah, yang berkenaan dengan tolak ukur dosa-dosa besar, dalam hal ini Imam Khomaeni menyebutkan bahwa:


Quote:



Diantara dosa besar yang tercatat di dalam al-Quranadalah PEMIMPIN YANG MENIPU RAKYAT.
Pemimpin adalah mereka yang diberi amanah oleh rakyat untuk menjalankan pemerintahan dengan benar dan sesuai dengan baik hukum maupun janji-janji politis seperti yang tertuang dalam RPJM.
Amanah yang diberikan kepada mereka harus dikembalikan kepada rakyat berupa pembangunan, kesejahteraan, pengentasan kemiskinan, pemberantasan kebodohan, kemanan, dan seterusnya, oleh karena itu ini disebut sebagai hak-hak rakyat. Hak-hak rakyat ini harus dipenuhi oleh seorang pemimpin apapun yang terjadi. Alasan-alasan seperti krisis global, bencana alam, tidak ada dukungan dari pihak lain, adalah alasan the chicken leader.

Quote:

Sesungguhnya dosa itu atas orang-orang yang berbuat aniaya kepada manusia dan melampui batas di muka bumi tanpa hak. Mereka itu mendapat siksa yang pedih. (Qs Assyura:42)
Dan janganlah kamu sekali-kali kamu (Muhammad ) mengira bahwa Allah lalai dari apa yang diperbuat oleh orang-orang menganiaya. Sesungguhnya Allah memberi tangguh kepada mereka sampai hari yang pada waktu itu mata (mereka ) terbelalak. (Qs. Ibrahim:42)
Manusia yang paling berat sisksanya dihari kiamat nanti adalah (siksaan) bagi pemimpin atau penguasa yang aniaya (tidak adil). (HR. Tabrani dan Abdullah ibn Mas’ud )
Siapa saja pemimpin yang mencurangi rakyatnya, maka ia akan masuk neraka.emoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takut(HR. Tabrani)
Celakalah para penguasa, celakalah para pemimpin, dan celakalah orang-orang pembawa amanat. Sungguh banyak orang-orang yang berangan-angan kecurangan-kecurangan mereka tergantung di atas bintang tsurayya. Mereka akan disiksa karena mereka dahulu tidak mau melakukan sesuatu yang diamanatkan kepada mereka emoticon-thumbdown
. (HR. Ahmad)


pengunjung yg baik hati jangan lupa ya sedekah nya emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star & emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) nya. makasih semoga kita semua succes dengan modal kejujuran... dan tidak ada penipuan jual beli di kaskus. ingat balasan allah

tata604
tata604 memberi reputasi
1
14K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan