Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aink471Avatar border
TS
aink471
Warga Brebes Selatan Tuntut Bentuk Pemerintahan Sendiri
indosiar.com , Brebes - Warga masyarakat di 6 kecamatan di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah menuntut pisah dari pemerintah Brebes dan membentuk pemerintahan sendiri. 6 kecamatan yang menginginkan memisahkan diri diantaranya adalah Kecamatan Bumi Ayu, Sirampok, Bantar Kawung, Salem, Tonjong dan Paguyangan.

Sejumlah ulama tokoh masyarakat dan pemuda bahkan menbentuk dewan presedium pemekaran yang bertugas untuk memperjuangkan wilayah 6 kecamatan itu menjadi wilayah Kabupaten sendiri.emoticon-Matabelo

Latar belakang untuk memisahkan diri dan membentuk pemerintahan sendiri adalah masalah letak geografis. Masyarakat Brebes Selatan selama ini merasa kesulitan untuk mengakses pelayanan dan informasi dari pusat pemerintahan Brebes. Jarak antar wilayah Brebes Selatan dengan pusat pemerintahan Brebes sangat jauh yakni harus ditempuh dengan berjalan 2 hingga 3 jam.

Dengan dibentuknya pemerintahan sendiri diharapkan bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Selain karena faktor geografis, usulan memisahkan diri dianggap telah memenuhi ketentuan Undang Undang No.32 tahun 1999 tentang otonomi daerah. Salah satu pasal dalam undang undang itu menyebutkan pemisahan diri dari suatu daerah bisa dilakukan bila didukung oleh sedikitnya 5 kecamatan.emoticon-cystg

Gagasan untuk memisahkan diri dari Kabupaten Brebes ini sebenarnya sudah muncul sejak tahun 1997. Pada saat itu, keinginan memisahkan diri muncul karena warga masyarakat dibagian selatan Brebes merasa dianak tirikan oleh pemerintah daerah, terutama dalam masalah pembangunan sarana dan prasarana. (Tim Liputan/Sup)
Polling
0 suara
Apakah Anda Setuju Dengan Berdirinya Kabupaten Brebes Selatan??
0
1.2K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan