Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

langit167Avatar border
TS
langit167
4 Rahasia Pemasaran Yang Perlu Dipahami Pelaku UKM
Quote:



Berbicara mengenai ilmu marketing seakan tak pernah ada habisnya. Beragam strategi dan rahasia pemasaran mulai diinovasikan para pelaku UKM untuk memenangkan persaingan pasar. Sehingga wajar adanya bila banyak orang mengatakan ilmu marketing bisa jadi hal yang rumit dan cukup membingungkan pelaku UKM.

Bahkan sampai detik ini, tak sedikit pelaku UKM di Indonesia yang akhirnya harus gulung tikar karena terjebak dengan strategi pemasaran yang kurang efektif. Banyak pula marketing profesional di sekitar kita yang mulai menyerah pada berbagai aspek marketing karena dampak yang diberikan terlalu kecil bagi perkembangan UKM di Indonesia. Akibatnya, belum banyak UKM di negara kita yang mampu bersaing dengan pelaku usaha di kancah dunia.

Oleh sebab itu, agar para pelaku UKM tak kembali terjebak pada permasalahan marketing. Berikut ini kami berikan 4 rahasia pemasaran yang perlu dipahami pelaku UKM agar bisa terus bertahan di tengah ketatnya persaingan pasar.Rahasia pemasaran ini yang biasa disingkat menjadi pendekatan A.T.O.M yang terdiri dari Audience (konsumen), Timing (waktu), Offer (penawaran), dan Message (pesan).

1. Kenali terlebih dahulu audiens Anda

Tak ada pelaku UKM yang bisa menjual, berkomunikasi, atau memasarkan produk secara efektif tanpa mengenali terlebih dahulu audiens (konsumennya) atau apa yang mendorong mereka untuk membeli. Karenanya Anda perlu memahami pria atau wanita yang menjadi konsumen potensial Anda. Muda atau tua? Baru pertama membeli atau sudah sering membeli? Apakah mereka pembuat keputusan? Apakah mereka memiliki preferensi produk, jasa, atau metode pengiriman tertentu? Dengan begitu, Anda bisa semakin mengenal audiens Anda, dan semakin fokus untuk menentukan strategi pemasaran yang sesuai.

2. Waktu adalah segala-galanya

Meskipun Anda telah mempersiapkan strategi promosi yang meyakinkan, namun prospek (calon konsumen) tidak akan berminat dengan produk atau jasa Anda jika Anda tidak mengkomunikasikannya di saat yang tepat. Pastikan pesan marketing yang Anda sampaikan di hadapan prospek pada waktu yang tepat pula, sehingga mereka merasa apa yang butuhkannya bisa Anda penuhi dalam timing yang pas.

3. Memberikan penawaran yang tepat

Dalam direct marketing, para ahli menyatakan bahwa 40% dari hasil pemasaran tergantung pada perforrma Anda, yaitu 40% dilihat dari penawaran, dan 20% pada kreativitas yang menyempurnakan penawaran Anda. Karena itu berikan penawaran yang menarik, agar konsumen yang awalnya belum mengenal Anda bisa mulai penasaran dan melakukan transaksi pembelian.


4. Perhatikan cara Anda dalam menyampaikan pesan

Jika Anda telah mengenal audiens dengan baik, maka Anda harus bisa menyampaikan pesan yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan ciptakan pembeda antara produk atau jasa Anda dengan produk-produk milik para kompetitor. Sebagai tambahan, pastikan untuk memberikan keunggulan fitur agar para audien tertarik untuk membaca, mencoba, dan membeli.

Jadi ketika Anda melakukan proses marketing, tidak ada salahnya bila menggunakan pendekatan A.T.O.M untuk mengenali audien Anda, memastikan bila Anda berada didekatnya saat mereka butuh, menemukan penawaran yang paling produktif, dan berkomunikasi dengan mereka secara efektif, agar strategi pemasaran yang Anda jalankan memberikan hasil yang optimal bagi bisnis Anda. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!



emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh langit167 21-05-2013 06:56
0
1.6K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan