Rasyid37
TS
Rasyid37
WamenPAN Ungkap 7 Kebobrokan Birokrasi di Indonesia


Jakarta - Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (WamenPAN dan RB) Eko Prasojo mengungkapkan 7 realita kebobrokan birokrasi di Indonesia. Kebobrokan itu mulai dari budaya kerja yang lemah hingga cenderung menyeleweng.

Eko mengungkapkan, pertama pola pikir para birokrat di Indonesia terlalu sesuai atuaran. Masalah kedua adalah orientasi budaya kerjanya lemah.

"Orientasi budaya kerja atau culture-set birokrat di Indonesia lemah," kata Eko dalam seminar dengan topik membangun birokrat yang berkualitas melalui perubahan di Kantor BPKP, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Kamis (16/5/2013)

Masalah ketiga adalah, birokrasi di Indonesia secara organisasi terlalu gemuk. Hal ini terkait masalah keempat bahwa perundang-undangan yang tidak harmonis. "Sistem dan aturan kita membuat ketakutan yang sehingga orang nggak berani mengambil keputusan," ungkapnya.

Masalah kelima adalah banyak seorang birokrat ditempatkan di posisi yang tidak sesuai dengan kemampuannya. Artinya banyak posisi yang diisi jauh dari kompetensi birokrat. "SDM Aparatur unfit dengan tuntutan," sebutnya.

Kemudian masalah keenam yang masih terkait dengan masalah kelima, adalah soal kewenangan yang tumpang tindih atau overlapping. Ia menilai ada kecenderungan penyalahgunaan kewenangan oleh birokrat. "Kalau dikasih kewenangan besar cenderung disalahgunakan," ujar Eko.

Ia menyatakan ini menyebabkan pelayanan publik menjadi buruk, sebagai masalah ketujuh. Dimana merupakan ujung tombak dari gambaran birokrasi Indonesia.

Spoiler for Sumber:


Cuma sekedar berbagi gan, mau repost atau engga saya gak tau... emoticon-Bingung (S)
Tapi kayaknya sih pas tadi ngecek belum ada yang posting emoticon-Malu (S)
Kalo bermanfaat ya monggo dirate dan ngasih cendol emoticon-Cendol (S)

Spoiler for Tambahan:
Diubah oleh Rasyid37 16-05-2013 06:43
0
15.3K
148
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan