KASKUS

Quote:Original Posted By TheWeakest


ikut BLT gak om?
kalo lewat pm mah beda om


ohh iya,,, gak ngikut,,, kagak ngerti sih rule nya,, walo udah baca rulenya,, tetp aja gak paham

ya udah lewat pm kali aja ada sisa
Quote:Original Posted By TheWeakest


ikut BLT gak om?
kalo lewat pm mah beda om


gak ikut om... gak ngerti sih rules nya,,, salo udah baca dan disimak,, tetep aja ra mudeng nih,,,

ya udah kali2 aja ada sisa,, atawa yang lupa pm alamat,,
Quote:Original Posted By budise

sepertinya bisa aja om
atau mungkin dengan tanah humus tadi 100% sekalian

dekat asalkan tidak saling tumpang tindih tajuknya, sepertinya oke-oke aja
soalnya cabe butuh penyinaran maksimal

asalkan tidak menular ke cabe lain yang masih sehat om


Sayangnya itu tak mungkin Om..

Quote:Original Posted By Back2School


ada 2 jenis BLT.
- BLT personal ---->korlap mengeluarkan biaya pribadi utk pengiriman, amplop, plastikclip, perangko dll. pengeluaran biaya tergantung pada peserta nantinya,
(utk gambaran misal peserta ada 10 orang: 10xRp.10.000=Rp.100.000)

- BLT prabayar ---->semua biaya yg dikeluarkan korlap utk kepentingan BLT akan diganti.

begitulah kira2




Kemahalan itu itungnnya kaka..

Quote:Original Posted By petanisoreang
nanya dong om/tant
Spoiler for kena hama apa?:

Spoiler for ini kena tungaukah?:

Spoiler for apdet ChocoBJ:

Spoiler for apdet HabaPeach:


Kaya bukan Peach Haba..
Tapi cakep pooll..

Quote:Original Posted By agushw

nah ini baru cabelover sejati....biar kena penyakit sampai tingtakran (keriting tak beraturan ) tetap semangat...


pic yg bawah ini saya ngiler om
keren bangeeeeet habanya ooom...


Iya donk..

Quote:Original Posted By materian
hari ini cabe ane udah ada sekitar 3ribu-an yg udah sprout




Quote:Original Posted By dampboy
update dari kebun..tsmb udah matang banyak...dan sy lg jatuh cinta sm bhut jo..
klo ada yg mau barter sm bhut jo..pm me..


Sayangnya saya cuma punya biji, panennya udah lewat..

Tp cek PM deh,, siapatau mau punya kebun Choco-Bhut..

Quote:Original Posted By TOPER69
apdet semaian ah.....
Spoiler for ngintip kandang semai:

semai tgl 11 april, lom berani di keluarin khawatir terbawa arus kribo...

Spoiler for nyelip dan ga di rawat...:

cuman dapet nutrisi pupuk slow realese, selebihnya guyuran air ujan aja....


Wow banget semaiannya..
Quote:Original Posted By materian
hari ini cabe ane udah ada sekitar 3ribu-an yg udah sprout


waw... itu lahannya kira2 berapa hektare om??
maklum nubie
Quote:Original Posted By TOPER69
apdet semaian ah.....
Spoiler for ngintip kandang semai:

semai tgl 11 april, lom berani di keluarin khawatir terbawa arus kribo...

Spoiler for nyelip dan ga di rawat...:

cuman dapet nutrisi pupuk slow realese, selebihnya guyuran air ujan aja....

wah cakep bangeeeet nih semaiannya.....klo pas msh kaya gini senang banget...tp klo dah mulai berbunga jd H2C antara rontok dan jd pod dan satu lg klo gak kena serangan hama juga...
Quote:Original Posted By EkoPutro


andaikan kita bisa mendengar suara mereka pasti seru.
bagai mendengar suara tangis dan celoteh dari 3000 bayi. amazing

jenis apalagi Om Rian?


kalo 3000 yg nangis ane jamin pusing mas Eko ...
sekarang pake CTH-01 ... TM999 kosong terus udah 3 bulan ini

Quote:Original Posted By 9iz


ky gmn om penampakannya? rame ga om?
picny om rian...


ane udah jual kamera ane om...
mau muter duit di lensa dulu...

ane udah sampe titik jualan cukup dengan deskripsi aja. ngga usah upload penampakan atau setor contoh hasil. jadi sementara puasa motret dulu... nyari duit buat bikin greenhouse yang gede buat seed BLT

Quote:Original Posted By petanisoreang
om dan tante
packaging akan dilakukan malam ini dan besok dan besoknya lagi kalo gak selesai

minggu ini lagi padat merayap dikerjaan
jadi sabar sedikit ya


enaknya jadi korlap
1. dapat seed aneh dari para mastah; contoh: saya dapat seed lemon drop (sayang hanya sedikit )
2. perasaan senang bisa berbagi
3. bisa ngebayangin senangnya saat menerima BLT, nah sekarang saya yg bantu kirimin

paling itu menurut saya enaknya om



sudah om dan sudah dicatat


lanjut om... gak kebayang kalo cuma sendiri yg tanam


yang naro biji cuma 2 orang n selesai 2 hari kok om... 7200 biji. yang ngisi polybag 4 orang n selesai 2 hari. udah dapat selahnya kali ya...

Quote:Original Posted By endinuncle


waw... itu lahannya kira2 berapa hektare om??
maklum nubie


satu Ha bisa untuk populasi 16000 cabe hibrida. ane tanam 6rb-an dengan benih 8rb-an n polybag 7rb-an seribuan buat backup n dipindah di polybag besar sementara yang lain masuk lubang tanam
Quote:Original Posted By endinuncle

aphid disemprot pake decis mempan gak sih om??
soalnya di tempat ane gak ada toko tani,,, jadi beli pestisida sama pupuk itu dari toko kelontongan seadanya,,, gak bisa milih2 berbagai ,merek

dicek di kemasannya aja om, ada aphids di daftar hama sasarannya apa engga

Quote:Original Posted By petanisoreang
nanya dong om/tant
Spoiler for kena hama apa?:

Spoiler for ini kena tungaukah?:

Spoiler for apdet ChocoBJ:

Spoiler for apdet HabaPeach:

Gambar 1 sepertinya udah kena virus om, ada gejala virus yang namanya vein clearing, alias sepanjang tulang daunnya kehilangan warna ijonya.
Gambar 2 bisa jadi kena tungau, tapi kalau tungau mestinya di permukaan bawah daun ada kelihatan tungaunya, berupa titik-titik merah kekuningan yang jalan-jalan, bisa dilihat lebih jelas dengan lup.
Gambar 3 sepertinya kena penyakit mati ujung (die back) Om, penyebabnya kalo gak salah jamur Gloesporium piperatum.
Gambar 4 manteep Om!

Quote:Original Posted By materian

ane udah sampe titik jualan cukup dengan deskripsi aja. ngga usah upload penampakan atau setor contoh hasil. jadi sementara puasa motret dulu... nyari duit buat bikin greenhouse yang gede buat seed BLT

yang naro biji cuma 2 orang n selesai 2 hari kok om... 7200 biji. yang ngisi polybag 4 orang n selesai 2 hari. udah dapat selahnya kali ya...

satu Ha bisa untuk populasi 16000 cabe hibrida. ane tanam 6rb-an dengan benih 8rb-an n polybag 7rb-an seribuan buat backup n dipindah di polybag besar sementara yang lain masuk lubang tanam


wah.. sudah skala besar nanamnya, sampe mau bikin greenhouse
Udah mulai hoples serangan badai aphid

Spoiler for Korban Aphid:


Spoiler for Korban Selamat:


udah disikat pake Listerine+Sunlight... udah mulai kliatan mengering aphid dibalik daun
Quote:Original Posted By materian
kalo 3000 yg nangis ane jamin pusing mas Eko ...
sekarang pake CTH-01 ... TM999 kosong terus udah 3 bulan ini
ane udah jual kamera ane om...
mau muter duit di lensa dulu...
ane udah sampe titik jualan cukup dengan deskripsi aja. ngga usah upload penampakan atau setor contoh hasil. jadi sementara puasa motret dulu... nyari duit buat bikin greenhouse yang gede buat seed BLT

yang naro biji cuma 2 orang n selesai 2 hari kok om... 7200 biji. yang ngisi polybag 4 orang n selesai 2 hari. udah dapat selahnya kali ya...

satu Ha bisa untuk populasi 16000 cabe hibrida. ane tanam 6rb-an dengan benih 8rb-an n polybag 7rb-an seribuan buat backup n dipindah di polybag besar sementara yang lain masuk lubang tanam

sepertinya begitu, mantab dah om


Quote:Original Posted By budise
dicek di kemasannya aja om, ada aphids di daftar hama sasarannya apa engga

Gambar 1 sepertinya udah kena virus om, ada gejala virus yang namanya vein clearing, alias sepanjang tulang daunnya kehilangan warna ijonya.
Gambar 2 bisa jadi kena tungau, tapi kalau tungau mestinya di permukaan bawah daun ada kelihatan tungaunya, berupa titik-titik merah kekuningan yang jalan-jalan, bisa dilihat lebih jelas dengan lup.
Gambar 3 sepertinya kena penyakit mati ujung (die back) Om, penyebabnya kalo gak salah jamur Gloesporium piperatum.
Gambar 4 manteep Om!
wah.. sudah skala besar nanamnya, sampe mau bikin greenhouse

obatnya apa aja om untuk vein clearing dan die back?
vein clearing cukup sering datang

tambah lagi nih hamanya
Spoiler for vein clearing lagi?:
Quote:Original Posted By TheWeakest

sepertinya begitu, mantab dah om



obatnya apa aja om untuk vein clearing dan die back?
vein clearing cukup sering datang

tambah lagi nih hamanya
Spoiler for vein clearing lagi?:


serem euy hamanya.... punya saya aja tumbang semua om

lagi mau benahin lagi lahan di dak biar steril... blom berani semai apa-apa
Nonton 8-11 show di metro tv lagi bahas manfaat cabai
Quote:Original Posted By boedak_GEDE
Udah mulai hoples serangan badai aphid

Spoiler for Korban Aphid:


Spoiler for Korban Selamat:


udah disikat pake Listerine+Sunlight... udah mulai kliatan mengering aphid dibalik daun

itu yang di cup kasian omm...
kenapa gak buru2 di rlokasi ke metan yang layak
Quote:Original Posted By boedak_GEDE
Udah mulai hoples serangan badai aphid

Spoiler for Korban Aphid:


Spoiler for Korban Selamat:


udah disikat pake Listerine+Sunlight... udah mulai kliatan mengering aphid dibalik daun

sikat om


Quote:Original Posted By boedak_GEDE
serem euy hamanya.... punya saya aja tumbang semua om

lagi mau benahin lagi lahan di dak biar steril... blom berani semai apa-apa

iya om, ini kena virus attack

Quote:Original Posted By wayanbayu13
Nonton 8-11 show di metro tv lagi bahas manfaat cabai


saya tonton tadi om
lebih banyak info di link yg saya kasih kemaren
hasil investigasi dari paman google
ternyata tanaman saya kena virus gemini

info tentang virus gemini
pembawa virusnya ternyata whitefly
predator whitefly
ini juga predator whitefly
ada juga yg jual predatornya
Quote:Original Posted By endinuncle

slam kenal deh

ohhh,, berarti kalo kebanyakan aer pecah ....
makasih ya om atas infonya


bukan begitu om,pecah itu kalau sempet kekeringan lalu dapat air dalam jumlah banyak secara tiba-tiba misalnya potnya diguyur air segayung.

Quote:Original Posted By petanisoreang
nanya dong om/tant
Spoiler for kena hama apa?:

Spoiler for ini kena tungaukah?:

Spoiler for apdet ChocoBJ:

Spoiler for apdet HabaPeach:


kena hama penghisap sewaktu daun sangat muda,sehingga sewaktu besarnya ada perubahan pada bentuk maupun warna daunnya.

suspect:thrips&myte karena mereka penyuka "daun muda"

periksa juga daun-daun besarnya mungkin ada aphid dan whitefly, mereka suka daun besar untuk bersarang,termasuk daun sisa serangan myte (tilas tapi raos)

biar masih bisa panen,selain semprot pestisida,semprot jg pupuk cair dari atas dan kocor pupuk cair encer ketanah untuk menggantikan nutrisi yg dihisap hama,pake yg kimia aja biar cepat dihisapnya karena ini urgent
yg organik perlu diuraikan dulu oleh bakteri pengurai dll,kelamaan nantinya

yg daunnya item kena sejenis jamur,lebih baik kill&burn secepatnya

Quote:Original Posted By boedak_GEDE
Udah mulai hoples serangan badai aphid

Spoiler for Korban Aphid:


Spoiler for Korban Selamat:


udah disikat pake Listerine+Sunlight... udah mulai kliatan mengering aphid dibalik daun


diliat dari kondisi pucuk daunnya,yg ini positif ada kehadiran tungau selain aphid.
tungaunya ga akan mempan pake listerine&sunlight,cuma aphidnya saja yg akan mati
Quote:Original Posted By tsmb
bukan begitu om,pecah itu kalau sempet kekeringan lalu dapat air dalam jumlah banyak secara tiba-tiba misalnya potnya diguyur air segayung.




kena hama penghisap sewaktu daun sangat muda,sehingga sewaktu besarnya ada perubahan pada bentuk maupun warna daunnya.

suspect:thrips&myte karena mereka penyuka "daun muda"

periksa juga daun-daun besarnya mungkin ada aphid dan whitefly, mereka suka daun besar untuk bersarang,termasuk daun sisa serangan myte (tilas tapi raos)

biar masih bisa panen,selain semprot pestisida,semprot jg pupuk cair dari atas dan kocor pupuk cair encer ketanah untuk menggantikan nutrisi yg dihisap hama,pake yg kimia aja biar cepat dihisapnya karena ini urgent
yg organik perlu diuraikan dulu oleh bakteri pengurai dll,kelamaan nantinya

yg daunnya item kena sejenis jamur,lebih baik kill&burn secepatnya




diliat dari kondisi pucuk daunnya,yg ini positif ada kehadiran tungau selain aphid.
tungaunya ga akan mempan pake listerine&sunlight,cuma aphidnya saja yg akan mati


pupuk kimia cari apa om?
ato bisa aja beli npk terus dicairin?
Quote:Original Posted By petanisoreang
hasil investigasi dari paman google
ternyata tanaman saya kena virus gemini

info tentang virus gemini
pembawa virusnya ternyata whitefly
predator whitefly
ini juga predator whitefly
ada juga yg jual predatornya


ada perkebunan yah disekitar rumah sampai ada gemini?

untuk memastikan itu virus atau bukan,pisahin 1 atau 2 pohon cabe yg terserang ke tempat yang jauh dari teman-temannya,yg udah cukup besar dan ditanam di pot aja biar gampang.
lalu:
1.penggal 10cm dr atas metan,botakin,sisain 2 daun besar.
2.semprot pestisida kimia abamectin paten agrimec ( batangnya,2 daun besarnya dan permukaan metannya ) 3 hari sekali di sore hari selama 9 hari
3a.jika tunas/daun barunya keluar dalam bentuk normal,selamat om cuma kena hama.
3b.jika tunas/daun barunya langsung keriting,berarti positif virus

note 1 : buat yg sekedar hobiis, beli pestisida kimia langsung yang paten saja,awet ko dan sama aja beracunnya sama yg biasa.
note 2 : jika punya dan berani pake pestisida kimia paten,hampir semua orang bisa sukses nanem cabe
note 3 : ini sekedar info,saya ga nyaranin pake pestisida karena residunya bertahan sangat lama dan lebih banyak ruginya daripada untungnya
note 4 : saran saya adalah bertanam indor pake grow-light atau bikin grinhos, aman dari hama dan cuaca tapi mahal
Quote:Original Posted By petanisoreang


pupuk kimia cari apa om?
ato bisa aja beli npk terus dicairin?


yg cepat efeknya semprot pupuk hantu untuk daunnya( yg pupuk hantu aslinya,bukan yg ratu biogen/npk jago tani karena yg pupuk hantu asli lebih lengkap kandungannya mulai dari makro nutrient,mikro nutrient sampai hormon) dan beri pupuk majemuk growmore untuk akarnya.

tanaman sakit bukan hanya perlu pestisida untuk membasmi hamanya tp jg perlu nutrisi yg banyak untuk pemulihan

begitulah kira-kira,but CMIIW dan tentu saja tunggu pendapat para mastah dibawah,saya kuatir salah kasih masukan
Quote:Original Posted By tsmb
ada perkebunan yah disekitar rumah sampai ada gemini?

untuk memastikan itu virus atau bukan,pisahin 1 atau 2 pohon cabe yg terserang ke tempat yang jauh dari teman-temannya,yg udah cukup besar dan ditanam di pot aja biar gampang.
lalu:
1.penggal 10cm dr atas metan,botakin,sisain 2 daun besar.
2.semprot pestisida kimia abamectin paten agrimec ( batangnya,2 daun besarnya dan permukaan metannya ) 3 hari sekali di sore hari selama 9 hari
3a.jika tunas/daun barunya keluar dalam bentuk normal,selamat om cuma kena hama.
3b.jika tunas/daun barunya langsung keriting,berarti positif virus

note 1 : buat yg sekedar hobiis, beli pestisida kimia langsung yang paten saja,awet ko dan sama aja beracunnya sama yg biasa.
note 2 : jika punya dan berani pake pestisida kimia paten,hampir semua orang bisa sukses nanem cabe
note 3 : ini sekedar info,saya ga nyaranin pake pestisida karena residunya bertahan sangat lama dan lebih banyak ruginya daripada untungnya
note 4 : saran saya adalah bertanam indor pake grow-light atau bikin grinhos, aman dari hama dan cuaca tapi mahal

agrimec ya
mahal nih

kalo gak keriting berarti bukan gemini ya om?
berarti bukan virus dong
cuma ada kebun jagung, sama sawah om
kebun cabe terdekat jaraknya 1km


Quote:Original Posted By tsmb
yg cepat efeknya semprot pupuk hantu untuk daunnya( yg pupuk hantu aslinya,bukan yg ratu biogen/npk jago tani karena yg pupuk hantu asli lebih lengkap kandungannya mulai dari makro nutrient,mikro nutrient sampai hormon) dan beri pupuk majemuk growmore untuk akarnya.

tanaman sakit bukan hanya perlu pestisida untuk membasmi hamanya tp jg perlu nutrisi yg banyak untuk pemulihan

begitulah kira-kira,but CMIIW dan tentu saja tunggu pendapat para mastah dibawah,saya kuatir salah kasih masukan

pupuk hantu yg asli ya
kalo bukan ratu biogen jadi apa?
Quote:Original Posted By budise

dicek di kemasannya aja om, ada aphids di daftar hama sasarannya apa engga


Gambar 1 sepertinya udah kena virus om, ada gejala virus yang namanya vein clearing, alias sepanjang tulang daunnya kehilangan warna ijonya.
Gambar 2 bisa jadi kena tungau, tapi kalau tungau mestinya di permukaan bawah daun ada kelihatan tungaunya, berupa titik-titik merah kekuningan yang jalan-jalan, bisa dilihat lebih jelas dengan lup.
Gambar 3 sepertinya kena penyakit mati ujung (die back) Om, penyebabnya kalo gak salah jamur Gloesporium piperatum.
Gambar 4 manteep Om!



wah.. sudah skala besar nanamnya, sampe mau bikin greenhouse


Namanya keren2 amat

Quote:Original Posted By boedak_GEDE
Udah mulai hoples serangan badai aphid

Spoiler for Korban Aphid:


Spoiler for Korban Selamat:


udah disikat pake Listerine+Sunlight... udah mulai kliatan mengering aphid dibalik daun


Hiyungnya
Punya saya gak mau ngepod

Quote:Original Posted By boedak_GEDE


serem euy hamanya.... punya saya aja tumbang semua om

lagi mau benahin lagi lahan di dak biar steril... blom berani semai apa-apa


Gimana cara streilisasi lahannya om
Mungkin bisa saya tiru
×