hawkeye22Avatar border
TS
hawkeye22
[DISKUSI] Programmer Otodidak VS Lulusan IT
Sebelumnya kita embed posting dari Dudi Gurnadi
Spoiler for Perbedaan Programmer Otodidak dan Lulusan Informatika:

Thread ini bisa jadi tempat diskusi, atau mungkin lebih menjadi motivasi bagi para Calon, yg akan menjadi, atau yg sudah jd P..R..O..G..R..A..M..M..E..R

Menurut saya, untuk jadi seorang programmer itu tidak boleh asal coding tanpa memperhatikan apa yg kita lakukan/ambil dalam satu solusi..

saya setuju apa yg dikatakan mas Dudi Gurnadi mengenai yang memiliki latar belakang informatika harus bisa mengungguli yang otodidak dengan menguasai teori-teori dasar.

sy otodidak dlm pemrograman, tapi sangat menyayangkan bagi mereka yg berlatar belakang IT dgn kemampuan yg kurang baik, entah itu dgn alasan bakat, batasan kemampuan, newbie, atau apapunlah alasannya..

KENAPA menyayangkan hal itu?

coba Anda pikir, beberapa perusahaan di Indonesia, baik milik orang Indonesia maupun orang luar yg berinvestasi, untuk program-program yang menurut mereka MAHAL karena kebutuhannya, lebih memilih programmer di luar Indonesia untuk membangunnya. sekali lagi saya tekankan, beberapa perusahaan..
menurut aGan-aGan, kenapa sampai terjadi hal seperti itu?

Sy pernah mengajukan sebuah sistem pada satu Perusahaan milik asing dan meyakinkannya kami benar-benar faham dan bisa membangun Sistem untuk perusahaannya hingga kinerjanya bisa lebih efisien, tapi ternyata mereka lebih memilih programmer India dengan hasil yang (maaf) tidak sesuai untuk orang India yang terkenal dengan kemampuannya dlm pemrograman.
Lalu sy tanyakan kepada manajer IT-nya mengenai alasan kenapa mereka lebih memilih orang lain, sedangkan dia tahu kemampuan tim saya?!
diapun menjawab dan menyayangkan bahwa alasan pemiliknya, adalah "Kami tidak percaya mereka bisa membangun sistem untuk perusahaan saya" emoticon-Mad (S)

Selain itu, banyak juga di kalangan instansi Pemerintah yang melakukan pengadaan jasa, uang muka sudah keluar, programmer kabuurrr.. emoticon-Ngacir2

apa seperti itu kesan Programmer Indonesia?

kembali ke topik..
memang sangat mungkin jika programmer otodidak bisa lebih menguasai pemrograman tanpa dasar-dasar yg diberikan diperkuliahan,
karena apa?
  • Seorang Programmer Otodidak, sadar bahwa dia akan masuk ke dunia pemrograman, sangat tidak mungkin jika TIDAK SADAR.. karena hasilnya sekarang dia adalah seorang PROGRAMMER
  • Seorang Programmer Otodidak, akan berusaha keras hingga skillnya bisa meningkat, apapun dan dimanapun referensinya.
  • Seorang Programmer Otodidak, semakin dia menguasai, maka dia akan semakin berusaha keras meningkatkan kemampuannya.


Lalu, bagi yang berlatar belakang IT, jika saja mereka memiliki kemauan dan kesadaran seperti Seorang Programmer Otodidak, saya sangat sangat yakin, pasti akan jauh memiliki kemampuan para otodidak pada umumnya.

tentu saja....
saya yakin, banyak juga yang berlatar belakang IT dengan kemampuan luar biasa,

Thread ini sy persembahkan untuk calon, yg akan menjadi, dan yg sudah menjadi Programmer di Indonesia..

Spoiler for Semangat Programmer Indonesia:

Update..
Spoiler for Komentar:
Spoiler for Saran TS:

Apa yg menjadi kelebihan dari para otodidak, bisa dipelajari para lulusan IT, dan sebaliknya, apa yg menjadi kelebihan para Lulusan IT, bisa dipelajari para otodidak.
Diubah oleh hawkeye22 27-05-2013 23:29
zukii.vixii
iisirawan
nona212
nona212 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
31.5K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan