KASKUS

Quote:Original Posted By ysjoti
itu turbo electric beli di mana gan? emang bisa langsung plek pasang?


bisa plugnplay. bentuknya universal dipasang di hose mulut karbu, trigernya dari kabel tacho/rpm meter bisa ngambil dari min koil. kalo elektrik gak ngebebanin mesin dan gak perlu air cooler. beda sama supercharge yg ngikut pulley.
buat yg masih galau takut overheat dan gak pake thermostat.
sebenernya suhu ideal mesin zebra/espass jarum ada tepat lurus dibendera, itu menandakan suhu mesin 80-90derajat. dan masih banyak orang2 yang masih meragukan. akibatnya pengaruh ke konsumsi bbm, pembakaran tidak maksimal, yg parahnya suhu terlalu rendah dan tiba2 naik, lalu rendah lagi berakibat ke pemuaian blok mesin.

disistem pendinginan ada saluran bypass yang dari waterpump -> blok mesin -> selinder head -> kembali lagi ke waterpump, kondisi ini pada saat mesin masih dingin yang selanjutnya di atur oleh thermostat bergerak perlahan terbuka mengalirkan air dari radiator: waterpump -> blok mesin -> selinder head -> radiator -> waterpump.

kondisi bila tidak ada thermostatnya air akan mengalir kedua arah, sebagian ke radiator dan sebagian lagi kembali ke blok mesin.

ini gambar lubang saluran bypass:
Spoiler for bypass:


dan ini gambar kerja thermostat saat mesin panas:
Spoiler for :


bisa di pertimbangkan lagi yang tidak menggunakan thermostat dan solusi yang suka sama mesin dingin, lubang bypass yang ada dibawah thermostat bisa di tutup dengan lem besi (lem campur hitam putih) atau dicor babet yg mau permanent. dengan ditutup lubang bypass itu air panas semuanya akan mengalir ke radiator.

kalo pertimbangan di espass ane lebih memilih tetap menggunakan thermostat karena suhu luar berubah2 seperti suhu siang dan malam.

semoga bermanfaat.
Quote:Original Posted By gayungtambunan




pake radiator 2ply yaks



heheheeee.....
Quote:Original Posted By boypenjelajah
buat yg masih galau takut overheat dan gak pake thermostat.
sebenernya suhu ideal mesin zebra/espass jarum ada tepat lurus dibendera, itu menandakan suhu mesin 80-90derajat. dan masih banyak orang2 yang masih meragukan. akibatnya pengaruh ke konsumsi bbm, pembakaran tidak maksimal, yg parahnya suhu terlalu rendah dan tiba2 naik, lalu rendah lagi berakibat ke pemuaian blok mesin.

disistem pendinginan ada saluran bypass yang dari waterpump -> blok mesin -> selinder head -> kembali lagi ke waterpump, kondisi ini pada saat mesin masih dingin yang selanjutnya di atur oleh thermostat bergerak perlahan terbuka mengalirkan air dari radiator: waterpump -> blok mesin -> selinder head -> radiator -> waterpump.

kondisi bila tidak ada thermostatnya air akan mengalir kedua arah, sebagian ke radiator dan sebagian lagi kembali ke blok mesin.

ini gambar lubang saluran bypass:
Spoiler for bypass:


dan ini gambar kerja thermostat saat mesin panas:
Spoiler for :


bisa di pertimbangkan lagi yang tidak menggunakan thermostat dan solusi yang suka sama mesin dingin, lubang bypass yang ada dibawah thermostat bisa di tutup dengan lem besi (lem campur hitam putih) atau dicor babet yg mau permanent. dengan ditutup lubang bypass itu air panas semuanya akan mengalir ke radiator.

kalo pertimbangan di espass ane lebih memilih tetap menggunakan thermostat karena suhu luar berubah2 seperti suhu siang dan malam.

semoga bermanfaat.


nice info Gan....boleh saya share di FB lumayan dpt pencerahan nih
[QUOTE=boypenjelajah;519d08c1542acf4c1100000a]buat yg masih galau takut overheat dan gak pake thermostat.
sebenernya suhu ideal mesin zebra/espass jarum ada tepat lurus dibendera, itu menandakan suhu mesin 80-90derajat. dan masih banyak orang2 yang masih meragukan. akibatnya pengaruh ke konsumsi bbm, pembakaran tidak maksimal

kalo yg pake extra fan radiator,sensor suhu air,apa masi perlu termostat gan?
apa efek trmostat macet trtutup or trbuka sdikit gan,ngalir kmana airnya?
SalKen agan2..

Ijin ikut nyimak ne gan...

Btw mohon bantuan dan pencerahannya dari agan2,
sy baru dapat espass th 2005, yang perlu di cek n ricek untuk lebih amannya apa aj ya gan...

Mtrnuwun..

MESIN HE

ini gan pembelanjaanya:
mesin HE tanpa deksel 1.7jt (kalo komplit 3.4jt) milih langsung d gudang.,
cuci radiator 50rb
kipas radiator 6 daun 50rb
cas aki 5rb
bubut puli krukas AC 20rb
lurusin braket AC 20rb
belt AC 20rb
oli mesin 180rb
filter oli 20rb
coolant 45rb
paking deksel 120rb
sil klep 85rb
bos fly wheel 25rb
paking inlet n exhaust 25rb
oli sil cam shaft 52rb
belt kipas 20rb
water inlet (patah) 45000
lem paking 15rb
filter bensin 25rb
busi (set) 45rb
support shock dpn 170rb
bering plastik 30rb
bos as pedal kopling 30rb
jasa 500rb
sy ikut berkolaborasi ngerjainnya gans,,,,nostalgia dl pas tahun '96 pake Zebra S89 jg turun mesin sendiri,tp makan waktu seminggu,skrg gkda waktu lg n yg paling penting ni mekanik mantan Astra n siap dlm 2 hari dgn 3 org yg ngerjain trmasuk sy (permisi dinas).
dia jg ngajarin sy tips/cara milih mesin S**pur agar tanpa ganti piston/ring,metal metal,paking komplit,bahkan timing belt. tanpa in rayen.
yg paling bahagia,trnyata deksel mesin HC sy sdh tipe mesin HE,klop jdnya. btw, deksel HC,HE,HD hanya beda besar porting masuk,lebih besar,bahkan lubang porting tsb antara HE n HD sama persis,sy ukur pake sketmat.
termostat bawaan sy pasang,lubang oil cooler d sumbat.,
Tools lengkap: kunci momen,alat pasang ring piston,alat buka per klep,skur manual/amril khusus ,feeler gauge,dll.,
hasil...,mantap ahhhh.,
mesin halus,tanpa asap,torsi melimpah,bbm normal 1:13 AC,topspid blum tes.
oiya,mesin lama mo sy jadiin genset aja.
sorry gans kalo kepanjangan n tanpa foto2...,

Quote:Original Posted By TerPikaT
Alhmdllh om gan, tadi udah dieksekusi.. miris dengernya putus dijalan kek gitu, akhirnya ta sempet-sempetin langsung ganti..

seperti biasa, pas mau beli saya pasti ada "acara bingung" dulu..
bingung yg 93 atau 95 ..
montirnya nanya, ini 1.3 atau 1.6 ? saya jwb 1.3, tapi pas dia lihat gigi persneling ada 6 sama mundur.. dia bilang "ko 1.3 ada 6 ?"

saya tambh bingung,
gan emang yg 1.3 ada brp gigi prsnlingnya?

akhirnya, dibongkar dl dan diitung bareng2, trnyata yg 93.









ckckck .. racuuun

gan errorwae, pm hrg lmpu kek bgitu brpaan ..

93 96 itu jumlah geriginya ya? xixixi pake ngitung sendiri
Quote:Original Posted By erorrwae
Halahh....murah itu mah gan, kiri atau kanan sama cepeceng, ane pake gantian...kalo musim ujan pake yg kuning.....yg biru buat musim kemarau...

kayak om yo pasangnya belang.....kiri all season rainbow.....kanan NBR+
Quote:Original Posted By boypenjelajah
bisa plugnplay. bentuknya universal dipasang di hose mulut karbu, trigernya dari kabel tacho/rpm meter bisa ngambil dari min koil. kalo elektrik gak ngebebanin mesin dan gak perlu air cooler. beda sama supercharge yg ngikut pulley.


Quote:Original Posted By boypenjelajah
buat yg masih galau takut overheat dan gak pake thermostat.
sebenernya suhu ideal mesin zebra/espass jarum ada tepat lurus dibendera, itu menandakan suhu mesin 80-90derajat. dan masih banyak orang2 yang masih meragukan. akibatnya pengaruh ke konsumsi bbm, pembakaran tidak maksimal, yg parahnya suhu terlalu rendah dan tiba2 naik, lalu rendah lagi berakibat ke pemuaian blok mesin.

disistem pendinginan ada saluran bypass yang dari waterpump -> blok mesin -> selinder head -> kembali lagi ke waterpump, kondisi ini pada saat mesin masih dingin yang selanjutnya di atur oleh thermostat bergerak perlahan terbuka mengalirkan air dari radiator: waterpump -> blok mesin -> selinder head -> radiator -> waterpump.

kondisi bila tidak ada thermostatnya air akan mengalir kedua arah, sebagian ke radiator dan sebagian lagi kembali ke blok mesin.

ini gambar lubang saluran bypass:
Spoiler for bypass:


dan ini gambar kerja thermostat saat mesin panas:
Spoiler for :


bisa di pertimbangkan lagi yang tidak menggunakan thermostat dan solusi yang suka sama mesin dingin, lubang bypass yang ada dibawah thermostat bisa di tutup dengan lem besi (lem campur hitam putih) atau dicor babet yg mau permanent. dengan ditutup lubang bypass itu air panas semuanya akan mengalir ke radiator.

kalo pertimbangan di espass ane lebih memilih tetap menggunakan thermostat karena suhu luar berubah2 seperti suhu siang dan malam.

semoga bermanfaat.

nice info ganboy.....
btw disitu disebut kan " sebenernya suhu ideal mesin zebra/espass jarum ada tepat lurus dibendera, itu menandakan suhu mesin 80-90derajat" apa bener om? soalnya saya tiap kali bawa zebra saya (S91 ZLX 2003) pas macet parah di siang bolong panas gitu dan pake ac bisa tembus setengah alias jarum tegak berdiri.....apa itu masih normal kah? soalnya saya rada takut sama rumor2 spt overheat bisa bikin blok mesin dan perangkat didalamnya spt piston itu "molet" atau memuai.....fyi zebra saya termostat masih ada
Quote:Original Posted By john.i
SalKen agan2..

Ijin ikut nyimak ne gan...

Btw mohon bantuan dan pencerahannya dari agan2,
sy baru dapat espass th 2005, yang perlu di cek n ricek untuk lebih amannya apa aj ya gan...

Mtrnuwun..

sistem pendinginan....mesin.....pengapian......trus ac dan kaki2
kalo agan males ngecek sendiri atau takut ditipu2 sama montir yang gak bertanggung jawab, coba langsung ke bengkel resmi aja minta general check-up....biasanya kena biaya 150-200rb
Quote:Original Posted By iskandarzetd
ini gan pembelanjaanya:
mesin HE tanpa deksel 1.7jt (kalo komplit 3.4jt) milih langsung d gudang.,
cuci radiator 50rb
kipas radiator 6 daun 50rb
cas aki 5rb
bubut puli krukas AC 20rb
lurusin braket AC 20rb
belt AC 20rb
oli mesin 180rb
filter oli 20rb
coolant 45rb
paking deksel 120rb
sil klep 85rb
bos fly wheel 25rb
paking inlet n exhaust 25rb
oli sil cam shaft 52rb
belt kipas 20rb
water inlet (patah) 45000
lem paking 15rb
filter bensin 25rb
busi (set) 45rb
support shock dpn 170rb
bering plastik 30rb
bos as pedal kopling 30rb
jasa 500rb
sy ikut berkolaborasi ngerjainnya gans,,,,nostalgia dl pas tahun '96 pake Zebra S89 jg turun mesin sendiri,tp makan waktu seminggu,skrg gkda waktu lg n yg paling penting ni mekanik mantan Astra n siap dlm 2 hari dgn 3 org yg ngerjain trmasuk sy (permisi dinas).
dia jg ngajarin sy tips/cara milih mesin S**pur agar tanpa ganti piston/ring,metal metal,paking komplit,bahkan timing belt. tanpa in rayen.
yg paling bahagia,trnyata deksel mesin HC sy sdh tipe mesin HE,klop jdnya. btw, deksel HC,HE,HD hanya beda besar porting masuk,lebih besar,bahkan lubang porting tsb antara HE n HD sama persis,sy ukur pake sketmat.
termostat bawaan sy pasang,lubang oil cooler d sumbat.,
Tools lengkap: kunci momen,alat pasang ring piston,alat buka per klep,skur manual/amril khusus ,feeler gauge,dll.,
hasil...,mantap ahhhh.,
mesin halus,tanpa asap,torsi melimpah,bbm normal 1:13 AC,topspid blum tes.
oiya,mesin lama mo sy jadiin genset aja.
sorry gans kalo kepanjangan n tanpa foto2...,

ternyata si om gak tanggung2 langsung engine swap aja.....kalo kirim mesin HE ke jakarta bisa gak ya pengen nih, kan lumayan dari pada turun mesin mending sekalian tuker guling

itu headnya semua sama tapi beda ukuran porting? jadi om sekarang head lama di PnP atau standar aja?....kalo lubang porting gak sama dengan kapasitas mesin bukannya bisa jadi pincang cz asupan gak seimbang? cmiiw ya om....nubie cuma pengen cari2 ilmu n belajar ttg mesin
itu headnya semua sama tapi beda ukuran porting? jadi om sekarang head lama di PnP atau standar aja?....kalo lubang porting gak sama dengan kapasitas mesin bukannya bisa jadi pincang cz asupan gak seimbang? cmiiw ya om....nubie cuma pengen cari2 ilmu n belajar ttg mesin [/QUOTE]

sy beli espass seken 2thn yg lalu,brati sdh prnah d ganti dekselnya,tap pake yg HE dekselnya sm yg punya dl.
ini jg sy rasa penyebab start panjang saat mesin lama krn flow bbm lambat d rpm rendah tp d rpm tinggi normal. ukuran piston tetap tp langkah/stroke yg beda,jd semua deksel tipe H bs langsung plek. deksel tidak ada d apa2in,cm skur n ganti sil klep.
ini datanya gan :
HC exhust 31x33 (ada deksel kropos d bengkel)
inlet 37x32
klep in 30
klep out 25.5
--------------------------------------------
HE exhust 31x33
inlet 52x38.5
klep in 30
klep out 25.5
ukuran camshaft menurut ukuran sketmat sy yg sdh agak gropes,sama.
puli timing belt HE yg di deksel/atas lebih banyak 2 gigi.
cm sy gaktau ukuran intake/dudukan karbu asli HE. menurut paking intake asli yg S**pur si sptnya sama.
Quote:Original Posted By gayungtambunan

sistem pendinginan....mesin.....pengapian......trus ac dan kaki2
kalo agan males ngecek sendiri atau takut ditipu2 sama montir yang gak bertanggung jawab, coba langsung ke bengkel resmi aja minta general check-up....biasanya kena biaya 150-200rb


yoi gan tq.. selama sbulan ne saya pakai si cukup nyaman2 aja, semoga hasil check-up memuaskan nanti...
cuma ini gan, kayakny setir agak narik ke kanan kenapa ya?
Quote:Original Posted By john.i
yoi gan tq.. selama sbulan ne saya pakai si cukup nyaman2 aja, semoga hasil check-up memuaskan nanti...
cuma ini gan, kayakny setir agak narik ke kanan kenapa ya?

kalo setir narik kanan/kiri coba di spooring aja om....
Om2..semua minta infonya bengkel buat poles2 kaca, soalnya udah gak bening lagi (efek pake obat jamur kaca yang gak bener kaya'y) terutama kaca samping depan kiri dan kanan, itu karena efek karet kaca udah getas apa gimana ya?...
Quote:Original Posted By iskandarzetd
sy beli espass seken 2thn yg lalu,brati sdh prnah d ganti dekselnya,tap pake yg HE dekselnya sm yg punya dl.
ini jg sy rasa penyebab start panjang saat mesin lama krn flow bbm lambat d rpm rendah tp d rpm tinggi normal. ukuran piston tetap tp langkah/stroke yg beda,jd semua deksel tipe H bs langsung plek. deksel tidak ada d apa2in,cm skur n ganti sil klep.
ini datanya gan :
HC exhust 31x33 (ada deksel kropos d bengkel)
inlet 37x32
klep in 30
klep out 25.5
--------------------------------------------
HE exhust 31x33
inlet 52x38.5
klep in 30
klep out 25.5
ukuran camshaft menurut ukuran sketmat sy yg sdh agak gropes,sama.
puli timing belt HE yg di deksel/atas lebih banyak 2 gigi.
cm sy gaktau ukuran intake/dudukan karbu asli HE. menurut paking intake asli yg S**pur si sptnya sama.

cuma beda di lobang inlet aja ya om....in sama out sama semua....mungkin utk timing belt seperti yang agan Terpikat tadi bilang ada yang 93 dan 95/96 (untuk HE)


jadi nambah ilmu nih
Quote:Original Posted By john.i
yoi gan tq.. selama sbulan ne saya pakai si cukup nyaman2 aja, semoga hasil check-up memuaskan nanti...
cuma ini gan, kayakny setir agak narik ke kanan kenapa ya?

spooring aja dulu.....kalo ada masalah di kaki2 pasti ketauan saat spooring.....
Quote:Original Posted By Plat_A
Om2..semua minta infonya bengkel buat poles2 kaca, soalnya udah gak bening lagi (efek pake obat jamur kaca yang gak bener kaya'y) terutama kaca samping depan kiri dan kanan, itu karena efek karet kaca udah getas apa gimana ya?...

lokasi dimana oms? kalo jakarta di mal2 gitu banyak om.... tinggal sesuain budget

karet pelipit getas biasanya bikin baret2 halus om....karena banyak debu2 kering yang nempel di karet, itu bisa dibersiin pake pembersih pelipit biasanya ada di care4
Quote:Original Posted By gayungtambunan


lokasi dimana oms? kalo jakarta di mal2 gitu banyak om.... tinggal sesuain budget

karet pelipit getas biasanya bikin baret2 halus om....karena banyak debu2 kering yang nempel di karet, itu bisa dibersiin pake pembersih pelipit biasanya ada di care4


Jauh dr jakarta om ane di Cilegon,Banten Karet Pelipit kaca itu mending diganti apa dibersihin om gayung?pembersihnya namanya apa?coba Kasih alamat satu aja om gayung yg spesialisasi baret2 dan jamur kaca gitu di jkt, biar ane kalo lg maen2 bisa mampir...?...

Quote:Original Posted By gayungtambunan


nice info ganboy.....
btw disitu disebut kan " sebenernya suhu ideal mesin zebra/espass jarum ada tepat lurus dibendera, itu menandakan suhu mesin 80-90derajat" apa bener om? soalnya saya tiap kali bawa zebra saya (S91 ZLX 2003) pas macet parah di siang bolong panas gitu dan pake ac bisa tembus setengah alias jarum tegak berdiri.....apa itu masih normal kah? soalnya saya rada takut sama rumor2 spt overheat bisa bikin blok mesin dan perangkat didalamnya spt piston itu "molet" atau memuai.....fyi zebra saya termostat masih ada


masih sangat normal gan, yg namanya overheat itu digaris 3/4, diindikator ada tandanya. kalo lebih dari itu baru waspada. selinder head melenting/ngulet/memuai itu efek dari pengencangan baut yg tidak rata momennya.
Quote:Original Posted By Plat_A
Jauh dr jakarta om ane di Cilegon,Banten Karet Pelipit kaca itu mending diganti apa dibersihin om gayung?pembersihnya namanya apa?coba Kasih alamat satu aja om gayung yg spesialisasi baret2 dan jamur kaca gitu di jkt, biar ane kalo lg maen2 bisa mampir...?...

bersiin dulu aja om....pake sikat, pembersih pelipit biasanya ada merk Getf1 atau Waxco....coba cek di fjb ada yang jual idnya arif_tyo

wah jauh juga ya di Cilegon....di Supermal Karawaci kalo gak salah ada salon mobil....atau di parkiran Care4 biasanya ada salon KwikKlin atau Shine....di Serang kayaknya ada juga om, saya Cilegon taunya cuma Mayofield sama KS xixixi
Quote:Original Posted By boypenjelajah
masih sangat normal gan, yg namanya overheat itu digaris 3/4, diindikator ada tandanya. kalo lebih dari itu baru waspada. selinder head melenting/ngulet/memuai itu efek dari pengencangan baut yg tidak rata momennya.

makasih banyak pencerahannya ganboy

yang saya bingung sekarang mobil saya kalo udah masuk suhu kerja kadang bunyi ngok....ngok....ngok dan suaranya mengikuti irama rpm, takutnya sih kena daerah2 seher dan kawan2
Quote:Original Posted By gayungtambunan

makasih banyak pencerahannya ganboy

yang saya bingung sekarang mobil saya kalo udah masuk suhu kerja kadang bunyi ngok....ngok....ngok dan suaranya mengikuti irama rpm, takutnya sih kena daerah2 seher dan kawan2


kalo itu gejala mesin pincang, coba dengerin suara knalpot pasti gak seirama suaranya.

solusinya coba setel klep sama cek celah busi. setelan klep udah gak rata antara selinder lainnya, makanya pembakaran beda2 ditiap selinder.
Quote:Original Posted By gayungtambunan

bersiin dulu aja om....pake sikat, pembersih pelipit biasanya ada merk Getf1 atau Waxco....coba cek di fjb ada yang jual idnya arif_tyo

wah jauh juga ya di Cilegon....di Supermal Karawaci kalo gak salah ada salon mobil....atau di parkiran Care4 biasanya ada salon KwikKlin atau Shine....di Serang kayaknya ada juga om, saya Cilegon taunya cuma Mayofield sama KS xixixi


Oke deh ane coba dulu om, cm takut aja sm salon abal2 takutnya nambah parah kaca ane om....cilegon kecil om dua nama itu memang yg paling besar..he2...
gan boy thx ya ....nih udah dipasang .....

Spoiler for Awas ya: