marissaBAvatar border
TS
marissaB
Sirup Telasih, Sirup pertama di Indonesia, sejak 1923
Sirup Telasih, Sirup pertama di Indonesia, sejak 1923

Beberapa hari yang lalu saya mengunjungi Surabaya untuk company visit dalam rangka tugas kerja di salah satu perusahaan rokok yang ada di Jawa timur. Saya menghabiskan 2 hari di surabaya dan hari ke dua saya mencari oleh oleh untuk dibawa ke Jakarta. Saya pun mencari beberapa oleh oleh yang khas dan asli Surabaya, ternyata saya diberitahu oleh client saya untuk mencoba ke pabrik Siropen Telasih, saya juga baru mendengar ada Sirup Telasih, saya pikir Telasih adalah sejenis buah mungkin seperti kawista.

Setelah itu saya langsung menuju lokasi, dan saya berdua dengan driver di Surabaya sempat tersasar ketika mencari pabrik sirup ini, dan yang anehnya ketika bertanya di jalan justru banyak sekali warga Surabaya yang tidak tahu mengenai keberadaan sirup Telasih ini. Setelah bertanya kira kira kepada 5 orang barulaah akhirnya kami sampai ke Pabrik sirup telasih ini.

Lokasi Pabrik ini berada di Jln. Mliwis No. 5 Surabaya Jawa Timur, bangunanya klasik dengan gaya Belanda bertuliskan PABRIK SIROPEN TELASIH ( D/H J.C VAN DRONGELEN ). Pabrik sirup TELASIH berdiri sejak tahun 1923 pada jaman kolonial Belanda dan juga satu - satunya pabrik sirup di Surabaya pada waktu itu. Dahulu pabrik sirup TELASIH bernama J.C VAN DRONGELEN.

[IMG][/IMG]

[IMG][/IMG]

Setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945 semua yang dimiliki Pemerintah Belanda diambil alih oleh Pemerintah Republik Indonesia dalam program nasionalisasi termasuk pabrik sirup Telasih dan akhirnya menjadi Pabrik Limun Dan Sirup TELASIH. Sirup telasih merupakan produk sirup lokal pertama di Indonesia yang masih eksis sampai sekarang, pabrik ini mengolah sirup menjadi 8 varian yaitu rasa mawar, frambozen, vanilli, arbei, lychee, jeruk keprok, coco pandan dan melon. Saya membeli 10 buah sirup yaitu 2 arbei, 4 lychee, 2 frambozen dan 2melon.

[IMG][/IMG]

[IMG][/IMG]

Di sana juga saya diijinkan untuk mencicipi sirupnya dan ternyata memang enak karena tidak terlalu manis dan tanpa bahan pengawetemoticon-Smilieemoticon-Smilie Saya senang mendapat pengalaman baru lagi ketika ke luar kota bisa mencoba minuman khas Jawa Timur yang tampaknya kurang familiar justru di kotanya sendiri jadi semoga saja kita bisa lebih mengenal produk produk asli dalam negeri kita tercintaemoticon-Smilie Tulisan ini ditulis bukan sebagai ajang pembenaran dan promosi semata2 karena kita semua sedang belajar untuk lebih mengapresiasi produk dalam negeri.emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

Marissa.
9.8.2012
0
17.3K
104
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan