Ekna85Avatar border
TS
Ekna85
Goa Terindah di Asia Tenggara Milik Indonesia
permisi para admin & kaskuser yang terhormat
Ane cuma sekedar mempromosikan tempat wisata di daerah ane gan

SEMOGA BUKAN emoticon-Blue Repost
dan ga salah kamar

GOA GONG

Goa Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Donorejo, Pacitan, 140 km selatan kota Solo atau 30 km arah Barat Daya Kota Pacitan. Mengapa disebut Goa Gong karena didalamnya terdapat sebuah batu yang jika dipukul akan menimbulkan bunyi seperti Gong yang ditabuh. Letaknya tidak jauh dari gerbang masuk Kota Pacitan, petunjuk jalan menuju ke arah Goa Gong juga cukup jelas. Namun semakin mendekat ke Goa Gong, jalan yang dilalui semakin menyempit hingga akhirnya menemukan perempatan jalan yang kecil sebelum akhirnya memasuki pelataran parkir Goa Gong. Jalan setapak menuju Goa yang telah disemen dengan baik dipenuhi dengan warung-warung yang mejajakan minuman dan makanan tradisional. Penjualnya kebanyakan perempuan dari yang berusia muda hingga nenek-nenek.

Sepanjang jalan menuju Goa Gong banyak melewati perbukitan-perbukitan yang mungkin di dalamnya juga terdapat Goa. Goa-goa di Pacitan ini pada umumnya dari luar tampak terbentuk dari jenis batuan Karst, batu yang tampak hitam dan sangat keras. Pada awal mulanya Goa Gong tanpa sengaja diketemukan oleh dua orang penduduk lokal yang ingin mencari sumber air, karena di daerah ini memang wilayah yang sulit air. Untuk masuk Goa Gong kita diharuskan membayar tiket sebesar @Rp 7.500,-, kemudian juga menyewa senter Rp 3000,- dan ada baiknya kalau kamu ditemani oleh Guide yang merupakan penduduk lokal. Meskipun para guidenya penduduk lokal, bukan berarti mereka tidak paham akan kondisi bebatuan. Karena para guide-guide ini setiap beberapa periode senantiasa mendapatkan pelatihan oleh para tim peneliti. Perlunya para guide untuk memahami jenis-jenis bebatuan yang ada di Goa Gong ini juga sebagai bentuk sosialisasi agar mereka mau ikut merawat kondisi Goa Gong agar tidak rusak. Mengapa kamu perlu ditemani Guide, yang pertama karena kamu tidak akan bingung pada saat berada di dalam Goa, kamu juga menjadi lebih tahu mengenai sejarah Goa Gong, dan di dalam goa banyak batuan yang menyerupai bentuk sesuatu sehingga bila tidak ditemani guide maka sayang akan terlewatkan begitu saja, seperti batuan yang menyerupai patung Budha misalnya yang tidak jauh dari pintu masuk. Harga sewa guide? Cukup seikhlasnya saja. Selain itu di Goa Gong juga terdapat beberapa fotografer lokal yang menawarkan jasa foto langsung jadi di dalam Goa misalkan kamu lupa membawa kameramu.

Masuk ke dalam perut Goa Gong sejauh 300 meter ke bawah telah disediakan jalur-jalur khusus bagi para pengunjung berupa anak tangga dilengkapi pembatas yang dapat digunakan sebagai petunjuk arah. Untuk masuk ke dalam Goa Gong Anda tidak perlu memiliki perasaan takut akan gelap, mistis ataupun hal-hal lain, Goa Gong sangat jauh dari kesan tersebut. Meskipun tidak terlalu terang, namun lampu-lampu berwarna-warni merah, hijau, kuning, biru cukup membuat jelas pandangan. Lagipula memang cahaya terang tidak diperbolehkan untuk digunakan didalam, karena dapat mengurangi keindahan kondisi Goa. Untuk mengantisipasi panas di dalam Goa juga telah disediakan beberapa kipas angin berukuran besar supaya kondisi hawa dalam goa tidak pengap. Di dalam Goa Gong terdapat 7 titik pemberhentian, batuan pembentuknya terdiri dari beberapa jenis batuan seperti Karst, Marmer dan Kristal. Terdapat beberapa stalagtit dan stalagmit yang telah menyatu dan menjadi semacam penyangga Goa, yang paling menakjubkan di dalam adalah adanya penyangga yang sangat besar yang bentuknya menyerupai tirai. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Guide kami, diperlukan waktu 10 tahun untuk setiap 1 cm pertambahan stalagtit maupun stalagmit.

Jika datang pada saat musim penghujan Goa Gong akan dipenuhi oleh tetesan-tetesan air yang jatuh dari langit-langit Goa, dan danau-danau yang terdapat di dalam perut Goa juga akan terisi penuh air. Namun saat aku berkesempatan datang kesana kebetulan sedang pada saat musim kemarau, sehingga bajuku tetap kering hehehe. Satu hal yang harus menjadi perhatian jika kamu berkunjung ke Goa Gong, ada baiknya kamu tidak menyentuh batuan-batuan yang ada di dalam sana, terutama kristal dan marmer. Karena beberapa batu marmer telah tampak menghitam akibat banyak dipegang oleh tangan-tangan jahil pengunjung. Hendaknya kita juga mau ikut bertanggung jawab sebagai pengunjung untuk melestarikan keindahan Goa Gong.

Semua Guide disini setuju menyatakan Goa Gong sebagai Goa terindah seAsia Tenggara mungkin setidaknya itulah informasi yang mereka dapatkan dari para peneliti, terlepas dari benar atau tidaknya, menurut kami Goa Gong adalah sebuah tempat tujuan wisata yang wajib dikunjungi.

Spoiler for gambarnya gan:


Baca Selengkapnya Gan
Klik Disini

Yang udh ISO boleh donk kasih emoticon-Blue Guy Cendol (L)biar ane gak abu2 mulu gan hehehe
Diubah oleh Ekna85 14-07-2013 11:12
0
6.2K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan