thenameofgodAvatar border
TS
thenameofgod
Ini Alasan 16 RS Mundur dari Program Kartu Jakarta Sehat


VIVAnews -Sebanyak 16 rumah sakit mengundurkan diri dari program Kartu Jakarta Sehat atau disering disebut masyarakat KJS.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Jamkesda Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI, Yudhita Endah Primaningtyas kepada VIVAnews, Minggu 19 Mei 2013, mengatakan pengunduran diri itu dilakukan atas alasan ketidakcocokan tarif.

Belasan RS tersebut, menurutnya, kewalahan menutupi biaya operasional dari pelayanan kesehatan yang diberikan kepada jutaan warga miskin di ibukota. "Tarifnya itu ternyata harus dikoreksi ulang," ujar Yudhita.

Dita, begitu biasa dirinya disapa, mengaku selama ini terjadi kesalahan karena masih menggunakan tarif operasional dengan penghitungan tahun 2009. Tentu saja, tarif tersebut tidak dapat berlaku untuk biaya operasional tahun ini.

"Jelasm harus banyak sekali diperbaiki karena tidak sesuai dengan harga sekarang. Harga obat saja dalam setahun bisa terjadi 2-3 kenaikan," ungkapnya.

Meski begitu, Dita membantah bahwa 16 RS ini mundur dari program KJS karena kewalahan menangani pasien-pasien golongan tidak mampu. "Awalnya memang kewalahan, tetapi sebulan ini masyarakat sudah mulai terinformasikan bahwa tidak boleh langsung ke RS tapi mereka wajib berobat ke Puskesmas dulu," jelasnya

Setelah itu, Dita melanjutkan, peserta KJS baru dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah. "Kalau tempatnya penuh, tidak tersedia, baru dioper ke RS swasta atau RS yang lebih tinggi," ujarnya.

Menurut Dita, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama bersama dengan Dinkes DKI akan mengevaluasi keluhan sejumlah RS mengenai program KJS ini. Untuk itu, dirinya meminta seluruh RS yang tergabung dalam program KJS untuk bersabar menunggu hasil evaluasi yang akan disampaikan oleh Wagub.

"Kita lihat hasil evaluasi ini, akan ada kebijakan yang arahnya untuk perbaikan tarif," kata dia. Hasil evaluasi itu akan diumumkan akhir bulan ini. (asp)

Berikut adalah 16 RS yang mengundurkan diri dari program KJS:

1. RS Thamrin
2. RS Admira
3. RS Bunda Suci
4. RS Mulya Sari
5. RS Satya Negara
6. RS Paru Firdaus
7. RS Islam Sukapura
8. RS Husada
9. RS Sumber Waras
10. RS Suka Mulya
11. RS Port Medical
12. RS Puri Mandiri Kedoya
13. RS Tri Dipa
14. RS JMC
15. RS Mediros
16. RS Restu Mulya

______

rs terus maunya rs khusus orang berduit ya emoticon-Cape d... (S)
0
3.7K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan