#InfoBiker (Lounge) - Niy Cikal Bakal Motor Jaman Sekarang
TS
G.Brajantoro
#InfoBiker (Lounge) - Niy Cikal Bakal Motor Jaman Sekarang
Spoiler for Motor Paling Kencang (pada zamannya):
Buffer dolo gan..
Siapa yang ga tau motor itu??
meskipun sering diulas n dibahas dalam berbagai forum komunitas roda dua, namanya tetap melegenda..
Spoiler for Sejarah...:
Honda CB pertama kali masuk ke Indonesia tahun 1971 dengan kode Honda CB 100 K1 oleh PT Federal Motor karena perusahaan tersebut memang baru didirikan 11 Juni 1971. Sebelum CB, tipe sepeda motor yang pertama kali di produksi AHM adalah tipe bisnis S 90 Z bermesin 4 tak dengan kapasitas 90cc. Memproduksi disini sebenarnya hanya merakit, karena pada saat itu PT Federal Motor masih mengimpor komponennya dari Jepang dalam bentuk CKD (completely knock down).
Ada banyak tipe CB yang dikeluarkan Honda tetapi tidak semua tipe tersedia di tiap negara. Di Indonesia, jenis CB yang diintroduksi adalah CB 100cc, 125 cc, 175 cc, dan 200 cc. Tiga tipe terakhir tersedia pula dalam silinder ganda, namun di Indonesia CB100 dan CB 125 mesin tunggal lebih populer karena harganya yang murah, perawatannya mudah, dan fleksibel untuk dimodifikasi. Honda CB 100 K1 masuk Indonesia tahun 1971, sedangkan Honda CB 100 K2 masuk Indonesia tahun 1972. Dalam kurun waktu satu dasa warsa (1971-1981) jumlah total penjualan Honda CB di tanah air mencapai 600 ribu unit.
Spoiler for CB100 K-0:
CB 100 K-0
(1970 Super Sport CB 100)
Tersedia dalam 3 warna dengan variasi strip putih di tangki bahan bakarnya, yaitu : Candy Blue Green, Candy Ruby Red, dan Candy Gold.
Tutup sok depan bagian atas , tutup sok belakang, dan batok lampu sama dengan warna tanki
Warna fendernya krom
Mesin satu silinder 99 cc, OHC, 5 kecepatan, 1 silinder
No serial mulai dari CB100-100001
Terbukti sebagai sepeda motor dan mesin yang sangat handal, tahan hingga bermil-mil dalam rpm tinggi dengan mengangkut beban berat.
Spoiler for K-0:
Spoiler for CB100 K-1:
CB 100 K-1
(1971 Super Sport CB 100)
Tidak ada perubahan mencolok dan juga tidak ada perubahan pada mesin di tipe ini, cuma berbeda warna cat tangki dan tambahan besi krom di joknya.
Tersedia 3 variasi warna : Crystal Blue Metallic, Candy Ruby Red, dan Candy Gold
Setengah bagian kebawah dari tangki berwarna putih
No serial mulai dari CB100-200001
Spoiler for K-1:
Spoiler for CB100 K-2:
CB 100 K-2
(1972 Super Sport CB 100/di Indonesia dikenal sebagai CB Gelatik)
Perbedaan pada versi ini adalah warna cat tangki dan emblem CB 100 yang diperbesar dan berada di tengah. Sebenarnya pada mesin juga tidak ada perubahan, tapi ada 1 keunikan dari CB ini yang sudah menjadi incaran banyak penggemar CB yaitu model tangki bensinnya, yang mana tutupnya bukan berada di tengah bagian atas tangki tetapi di bagian atas sebelah kanan.
Tersedia 2 variasi Warna : Putih kombinasi Light Scarlet Red, dan Putih kombinasi Aquarius Blue
Pada sisi samping tangki bagian atas terdapat warna merah atau biru, sedangkan bawahnya Hitam
Lambang striping segitiga pada dop kiri kanan berwarna sesuai dengan warna dasar merah atau biru Lambang sisi segitiga penutup juga cocok merah atau biru.
Tutup sok depan bagian atas , tutup sok belakang, dan batok lampu berwarna Hitam
No serial mulai dari CB100-1200001
Spoiler for K-2:
niy motor ane sekarang gan..
Spoiler for CB100 K-3:
ane belum dapet info banyak buat varian yang ini.. yang jelas ga terlalu beda spek mesin tapi cuma beda striping dan behel jok belakang aja.. dudukan buat stop lamp belakang juga jadi menyatu dengan behel..
udah mulai mirip sama GL 100 dan the series.
Spoiler for K-3:
Buat para penggemar honda CB100 niy ada salah satu blog dari sesepuh honda CB INDONESIA ( kebetulan ane fans nya gan. hehehe..) buat baca-baca dan cari informasi lainnya mengenai Honda CB100 dan komunitas.. (sumpah keren banget gan.. )