Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

INCUBATORAvatar border
TS
INCUBATOR
Kulit Batang Cempedak, Obat Antimalaria


Metrotvnews.com,Surabaya: Institut of Tropical Disease Universitas Airlangga kini tengah mengembangkan obat antimalaria yang berasal dari ekstrak kulit batang buah cempedak.

"Kulit biji cempedak sejak 2001 sudah kami teliti untuk obat antimalaria," kata Ketua Tim Penelitian Obat Antimalaria ITD-Unair Aty Widyawaruyanti di Laboraturium Departemen Farmasi dan Fitokimia Universitas Airlangga Surabaya, Kamis (16/5).

Para peneliti menggunakan kulit batang cempedak yang hanya berasal dari Kalimantan.

"Dipilih yang berasal dari Kalimantan karena di wilayah inilah jenis ini paling unggul," kata Aty.

Kulit batang tumbuhan dengan nama latin Artocarpus champedem yang diproses menjadi ekstrak ini memiliki sekelompok senyawa yang teruji klinis mampu membunuh parasit malaria.

"Ada beberapa senyawa yg kami isolasi dan uji coba. Salah satunya lebih aktif dari Kina," jelas Aty.

Karena lebih aktif, maka senyawa yang diketahui bernama Heteroflavanon C dikatakan Aty memiliki senyawa yang lebih unggul dibandingkan dengan kina.

"Hasil uji klinis hingga kini masih berlangsung kepada 60 orang," ungkap Aty yang menambahkan bahwa ini merupakan fase kedua yang harus dilewati.

Dari empat fase, para peneliti sudah melewati fase pertama yang merupakan fase toksik, yang bertujuan untuk melihat toksisitas kepada subyek.

"Tapi untuk obat herbal langsung loncat ke percobaan kepada orang sakit," jelas Aty.

Sementara itu, fase ketiga dan keempat dilakukan saat obat sudah mulai dipasarkan. Enam puluh pasien itu meminum obat antimalaria dari kulit batang cempedak setiap hari selama lima hari dengan dosis 450 miligram.

"Setelah lima hari konsumsi, para pasien mengaku merasa lebih nyaman karena tidak merasakan demam, tidak menggigil, dan sakit kepala," ungkap Aty.

Pada hari kelima, kondisi pasien kembali diperiksa dan parasit malaria ditemukan sudah menjadi negatif. Namun, Aty menjelaskan bahwa kondisi ini akan terus dipantau hingga hari kedua puluh.

Formula yang sudah mendapatkan hak paten itu, imbuh Aty, sudah mendapat tawaran untuk dipasarkan oleh industri namun belum ada kesepakatan.

Manfaat Buah Cempedak


Spoiler for ...:


komentar : segera di bikin kapsul, biar mudah dikonsumsi lah

emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh INCUBATOR 17-05-2013 03:54
0
1.7K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan