Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hillabyAvatar border
TS
hillaby
Kumpulan FOTO Asal Usul Peluit Wasit Sepakbola
Anda Hobby nonton atau bermain sepak bola pasti tidak akan asing lagi yang namanya "Peluit". Peluit yang akan melengking nyaring saat ada pelanggaran dalam suatu pertandingan. Peniupnya adalah sang wasit.

Sepak bola zaman dulu peraturannya belum ketat. Jadi belum ada yang namanya peluit. Tapi setelah aturan dalam sepak bola dibuat lalu sepak bola memakai wasit, sang wasit kesulitan memberikan tanda jika ada pelanggaran. Pakai suara, wah bisa putus pita suara sang wasit karena harus berteriak-teriak di tengah ramainya penonton dan sibuknya pemain.

Jadi untuk mempermudah memberikan tanda bila ada pelanggaran pemain sepak bola, maka munculnya ide memakai peluit. Pertama pertandingan sepak bola yang memakai peluit dimulai di Notthingham pada 1878. Tentu saja Jenis peluitnya waktu masih sederhana.

Seorang warga Birmingham, Joseph Hudson, pada 1884 berhasil menemukan peluit yang lebih nyaring dan mudah dibunyikan. Peluit itu diberinama “Acme Thunderer”.
Acme Thunderer

Sampai sekarang jenis peluit Acme Thunderer masih tetap bertahan. Mungkin modelnya berubah, tetapi konstruksi dan desain dasar peluit yang dipakai sepak bola sekarang ini tidak jauh berbeda dengan peluit yang ditemukan Hudson.

Peluit itu memang terkenal sejak dibuat tahun 1884. Hudson sendiri masih terus memproduksi peluit tersebut. Bagkan pemakainya tidak hanya di sepak bola, tetapi juga kepolisian, transportasi kapal, sampai untuk musik reggae.

Lalu Hudson akhirnya mendirikan pabrik peluit itu di Birmingham. Sudah hampir 200 juta peluit yang diproduksi pabrik hasil peninggalan Hudson tersebut dan telah dipakai di banyak keperluan sampai sekarang. utamanya sepak bola. Berikut beberapa model peluit yang diproduksi Hudson & Co.

Inilah beberapa Jenis peluit pertama yang kemudian menjadi pakem sebagai peluit sepak bola. Dikutip dari forum.viva.co.id.
Model No. 60 1/2 (1923)

Quote:

Spoiler for pict:

Acme Thunderer Version Two (1920)

Quote:

Spoiler for pict:


Pro-Soccer Whistle (1930)

Quote:

Spoiler for pict:


Semoga berita tentang Kumpulan FOTO Peluit Wasit Sepakbola akan memberikan pengalaman berharga untuk agan


Diubah oleh hillaby 13-05-2013 18:04
topo555
topo555 memberi reputasi
1
8K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan