Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tspemmz84Avatar border
TS
tspemmz84
Review - Lenovo Ideapad Yoga 13 : Stylish Hybrid Ultrabook with A+
Izin share review beberapa notebook nih, mungkin beberapa di antara kaskuser sudah ada yang punya, monggo di tambahkan . .

Mohon maaf sebelumnya jika ada yang kurang berkenan.

emoticon-I Love Kaskus




Overview

Hadirnya Windows 8 yang membawa pengalaman baru "touch interaction" pada kegiatan komputasi, menjadikan beberapa vendor pembuat hardware komputer mulai berbondong-bondong mengadopsikan fitur touch screen pada produk-produk mereka, khususnya jenis mobile PC. Termasuk Lenovo yang salah satu produknya akan kita review kali ini, yakni Ideapad Yoga 13. Walau secara fisik Ideapad Yoga 13 menyerupai ultrabook kebanyakan, dengan keyboard dan touchpad pendukung ritual komputasi, namun yang ditawarkan produk ini jauh dari takdir fisiknya.

Spoiler for Specification:


Design & Build Quality

Spoiler for Preview saat beryoga:


Disain hybrid pada Ideapad Yoga 13 bisa dibilang bukan sesuatu yang baru. Namun beberapa produk sejenis dari pabrikan lain, seringkali menimbulkan rasa khawatir saat menekuk panel lcd 180' ke belakang guna mengubah fungsi dari notebook menjadi sebuah Tablet PC. Pada Ideapad Yoga 13, panel lcd selain fleksibel juga kokoh. Ditekuk berapa derajatpun, engsel akan diam mengunci dengan kuat, hingga anda tak perlu khawatir engsel akan "lunglai" dan menutup. Begitupun rasa khawatir yang sering kali muncul jika engsel bolak-balik di buka tutup. Quality Control yang sangat baik membuat anda tak perlu lagi khawatir engsel pada Ideapad Yoga 13 "dool".

Spoiler for Touchpad:


Touchpad sangat luas, selain mendukung multi gesture untuk keperluan berinteraksi dengan interface Windows 8, touchpad pada Ideapad Yoga 13 mengadopsi "Intelligent Touchpad" yang dengan pintar akan membaca proses klik di titik manapun anda menekan touchpad.

Spoiler for Streching hingga 180º:


Upper case dan bottom case terbuat dari aluminum yang sepertinya wajib untuk notebook-notebook ultra tipis sebagai media pembantu proses disipasi panas, dan tentunya untuk mengejar bobot agar tak terlalu berat. Bagian Palm rest di buat bertekstur dengan permukaan yang kesat mirip karet. Selain bersih dari cap jari, hal ini sangat bermanfaat bagi anda yang punya masalah tangan berkeringat.

Port & Interface

Spoiler for Right Side Panel:


Dibagian sebelah kanan, Lenovo menempatkan Sebuah port USB 2.0, Card Reader, Port charging dan sebuah tombol yang berfungsi mengunci auto rotasi lcd. Yang unik tentu saja port chargingnya. Mirip dengan port USB yang banyak ditemukan pada game watch zaman dahulu.

Spoiler for Left Side Panel:


Sedang disebelah kiri, terdapat HDMI port, sebuah USB 3.0 port, Audio Combo port, Mic dan Volume Key. Penempatan mic sedikit janggal di posisi ini terlebih saat Ideapad dalam posisi Notebook. Lain hal bila dalam posisi Tablet.

Spoiler for Front Side Panel:


Performa

Spoiler for performa:


Membekal integrated Intel HD 4000, sudah bisa ditebak Ideapad Yoga 13 didisain untuk kebutuhan Office use. Jadi, uji performa memang sengaja hanya menggunakan Synthetic Benchmark tanpa satupun real world gaming benchmark. Sekedar informasi, Intel HD 4000 pada Ideapad Yoga 13 masih mumpuni untuk game-game 3d 2 tahun lalu seperti need for speed series dan Game-game online.

Cooling System

Spoiler for Cooling Exhaust:


Penyakit yang sering timbul pada notebook dengan casing tipis sudah pasti adalah peningkatan panas yang tak di barengi dengan proses disipasi yang maksimal. Tentunya ini berhubungan dengan ruang gerak udara dalam casing. Hal ini sudah di antisipasi oleh Lenovo dengan membuat heatsink sekaligus desain exhaustnya memanjang hingga di harapkan lebih mampu melepas panas.

Sales Package


Spoiler for Paket penjualan:


Paket penjualan bisa dibilang simpel. Namun Kemasan dibuat cukup ekslusif plus ditambahkan lembaran soft sponse sebagai tambahan pengaman saat proses distribusi. Untuk ukuran 65W, ukuran Adaptor Ideapad Yoga bisa dibilang mungil. Dengan disain yang cukup manis serta bobot adaptor yang bisa dibilang ringan, pasti tak terlalu membebani saat harus di bawa-bawa dalam tas.

Conclusion


Build Quality yang bisa dibilang sangat baik merupakan nilai lebih Ideapad Yoga sebagai Notebook Hybrid yang akan sering di lipat-lipat. Ketika berfungsi sebagai Tablet PC, Layar LCD nya cukup nyaman di slide ke arah mana jari anda tentukan. Selama pengujian office, tak kami temukan proses "lag" meskipun menggunakan mode Tablet. Sebagai sebuah Notebook hybrid, Ideapad Yoga 13 di peruntukan bagi anda yang punya kebiasaan berkomputasi dengan mobilitas tinggi dalam bekerja. Untuk itu, Yoga 13 di bekali battery yang diklaim mampu bertahan hingga 8 jam. Sedikit penelusuran, saat pengujian menggunakan software battery eat pro, battery Ideapad Yoga 13 mampu bertahan hingga 165 menit. Jika di konversikan ke penggunaan sehari-hari, kira-kira setara 4,5 jam hingga 5 jam.

Pros :

Build Quality Bagus
Daya tahan battery
Disain Adaptor
Touchpad
Disain heatsink

Cons :

Posisi Mic untuk mode Notebook

Fair :

Intel HD4000 tidak direkomendasikan untuk gaming.
Engsel agak berat, akibat fungsi lock yang baik.


*ga nolak emoticon-Blue Guy Cendol (L)nya, sumpah emoticon-Big Grin
Diubah oleh tspemmz84 25-03-2013 08:49
0
9.6K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan