speednaziAvatar border
TS
speednazi
Mobil Listrik Tercepat Tahun 2012 Kembali Berlaga
Toyota akan terjun di ajang Pikes Peak Hill Climb tahun ini dengan EV P002 spec-2013. Pada ajang yang sama tahun lalu, produsen mobil Jepang ini berhasil memecahkan rekor mobil listrik Pikes Peak.









Pikes Peak Hill Climb atau yang juga dikenal sebagai ‘Race To The Clouds’, direncanakan akan berlangsung pada 30 Juni. Toyota, tengah mempersiapkan EV P002 spec-2013, dan telah menyiapkan penunggangnya, yaitu Rod Millen, juara sembilan kali Pikes Peak, dan sekaligus ayah dari pemegang salah satu rekor Pikes Peak, Rhys Millen.

TMG yang merupakan unit pengembangan kinerja Jerman dari Toyota, sekali lagi menjadi tim dibalik EV P002 spec-2013, sedangkan untuk sasis dipasok oleh perusahaan Inggris.

Toyota EV P002 spec-2013 memiliki spesifikasi mirip dengan mobil tahun lalu, meskipun menawarkan daya 14 persen lebih. Hasil output dari dua motor fluks aksial mobil mencapai 400 kilowatt (536 tenaga kuda). Sedangkan untuk torsi puncak telah meningkat 30 persen, sebesar 885 pound-feet yang semuanya dialirkan ke seluruh roda dengan transmisi gear tunggal.

Untuk memberi motor tenaga, Toyota menggunakan baterai lithium-keramik 42-kilowatt-jam. EV P002 dibatasi kecepatan tertingginya, 143 mph, hal ini dilakukan untuk memaksimalkan jangkauan tempuh.

Mobil ini sekarang dalam perjalanan ke sebuah fasilitas di Salisbury, North Carolina, di mana TRD akan mempertajam aerodinamika sasis sebelum melakukan tes lintasan pertama bersama rekan-rekan mereka dari TMG.

Untuk acara seperti Pikes Peak Hill Climb, di mana garis finish lebih dari 14.000 meter di atas permukaan laut, kinerja mobil balap listrik tidak terganggu oleh udara yang menipis seperti mobil dengan pembakaran konvensional. Hal ini memberikan Toyota EV P002 sedikit keuntungan dalam persaingan.

Kelemahan utama mobil listrik adalah jarak tempuh yang terbatas dan waktu untuk mengisi baterai mereka, dimana model listrik memerlukan koneksi yang handal ke jaringan listrik sebagai sumber tenaga pokoknya. Karena tidak ada sambungan tersebut di Pikes Peak, Toyota akan membawa van yang dilengkapi dengan quick charger khusus. Unit ini dilengkapi dengan baterai lithium-ion 42-kilowatt-jam dan dapat dengan cepat menghantarkan kekuatan tingkat tinggi untuk sebuah mobil listrik tanpa instalasi atau infrastruktur tambahan.

Toyota EV P002 spec-2013 diharapkan mampu memecahkan rekor lap mobil listrik di Pikes Peak saat ini, 10 menit 15,380 detik.



Sumber

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0
964
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan