KASKUS


info bagus ni kk,,nambah pengetahuan tentang kuda besi
ane msh setia dgn yg karburator gan...
ini nich calon Boss yang siap buang buang duit

pas banget ni
ade yang mau kredit motor buat referensi
thanks info nya gan, motor ane new megapro masih pake karburator..

tdnya pgn beli injeksi gan, tp setelah melihat kelebihan dan kekurangan injeksi maupun karburator ane putuskan masih pake karburator aja deh gan



Quote:Original Posted By bugstunnel
Many of lifes failures are people who did not realize how close they were to success when they gave up

BOT detected

Quote:Original Posted By edcha

info bagus ni kk,,nambah pengetahuan tentang kuda besi

woww..suhu Edwin

Quote:Original Posted By fauzirahadian
ane msh setia dgn yg karburator gan...

pilihan akhir terletak di tangan agan

Quote:Original Posted By dokyu
ini nich calon Boss yang siap buang buang duit

apa hubungannya yagan?
ente BOT yeh? apa jangker?


Quote:Original Posted By otistere

pas banget ni
ade yang mau kredit motor buat referensi


Quote:Original Posted By hobi.renang
thanks info nya gan, motor ane new megapro masih pake karburator..

tdnya pgn beli injeksi gan, tp setelah melihat kelebihan dan kekurangan injeksi maupun karburator ane putuskan masih pake karburator aja deh gan





enk injeksilh...
bgus injeksi gan....................
mantap ni berguna banget buat ane gan
maap belom bisa kasih
bantu aja
ane gak ada yg punya gan .. beliin satu dong

Purna Jual FI vs Karbu

Halow, agan2 bikers kaskuser ane mo tanya neh,purna jual motor fuel injection vs karburator lebih tinggi mana yach?Mohon pencerahannya agan2 kaskuser!
ane ,asih pake karburator
Quote:Original Posted By NeroVulcano


Perbedaan serta Kelebihan dan Kerkurangan Karburator dan Injection





Pembakaran pada mesin didapat pada proses pengkabutan,yang diolah oleh karburator.Namun dewasa ini ditemukan juga teknologi baru yg disebut dengan Injection.
Pembakaran pada mesin sangat tergantung pada suplai bahan bakar dan udara.

Nah suplai bahan bakar dan udara ini berasal dari karburator atau sistem injeksi. Jadi tugas karburator atau injeksi adalah mencampurkan bahan bakar dengan udara untuk kemudian menyalurkannya kedalam ruang bakar.

Bedanya hanya pada proses penghisapan bensin ke ruang bakar. Injeksi, sudah menggunakan peranti elektronik seperti injektor, yang tugasnya menyemprotkan bensin ke ruang bakar.

Tidak seperti karburator yang masih mengandalkan hisapan yang diperoleh dari pergerakan piston pada silinder.

Menariknya lagi, sistem injeksi bisa menyeimbangkan volume bensin yang disemprotkan ke ruang bakar dengan kebutuhan mesin, sehingga didapat hasil pembakaran yang efisien.

"Pada motor injeksi, bensin yang disemprot selalu akurat karena dikontrol oleh sensor elektronik di mesin. Bahasa kerennya ECU. Seperti sensor RPM, jumlah udara masuk, posisi katup gas, hingga kondisi cuaca. Jadi jauh lebih efisien," Ujar agan Dion salah satu mekanik yang paham betul ttg teknologi injeksi.

Sedangkan karburator, bensin disedot dengan pergerakan naik-turun piston, jadi berapa volume bensin yang dikeluarkan, tergantung dari pergerakan piston tersebut.

Setingan banyaknya bensin dan udara yang menuju ruang bakar tergantung dari diameter lubang karburator, besarnya pilot & main jet, serta baut setelan angin dan bensin.

"Karburator dengan injeksi sebenarnya hanya berbeda pada cara mengalirkan bensin ke ruang bakar. Kalau karburator masih manual, sementara injeksi, elektronik yang mengaturnya," ujar agan Kadir, mekanik dari Jaya Sakti Motor.





Agan Kadir menambahkan, "Bensin tidak lagi hanya di alirkan, tapi disemprot dengan takaran yang diatur peranti elektronik tersebut" ujarnya.

Kedua mekanik tersebut bersepakat, kalau sebenarnya baik karburator maupun injeksi sama saja, bedanya hanya pada sistem penyaluran bensin ke ruang bakar. Manual atau elektronik.

Karburator masih menggunakan buka-tutup skep, sementara sistem injeksi sudah menggunakan injektor secara elektronik.


Malah, agan Dion menekankan, jauh lebih sederhana sistem injeksi, terutama sata melakukan servis. Cukup membuka saringan udara, kemudian dibersihkan. Sementara karburator, harus membongkar badan karbu untuk membersihkannya.




Kelebihan sistem injeksi, karena sudah peranti elektronik, maka volume bensin yang masuk ruang bakar sudah presisi, jadi lebih efisien dan ramah lingkungan, karena pembakaran selalu sempurna
.



Jadi, buat agan2 yang ingin menggunakan motor dengan teknologi injeksi, jangan ragu. justru dengan sistem injeksi, perawatan jadi sederhana karena semua diatur perangkat elektronik, efisien, dan ramah lingkungan.



Skema cara kerja injection





Berikut Kelebihan dan kekurangan Fuel Injection (FI) dan Karburator:




Kelebihan FI



* Dapat mengatur A/F ratio berdasarkan kebutuhan mesin dan kondisi cuaca.
* Dapat mengatur A/F berdasarkan kadar emisi yang diwajibkan sehingga emisi lebih baik.
* Ketika temperature dan tekanan udara berubah maka dia dapat menyesuaikannya.
* Injector menyuplai bahan bakar kemesin berdasarkan kebutuhan mesin sehingga penggunaan bahan bakar dapat lebih effisien sehingga dapat lebih irit.


Kelemahan FI

* Harga lebih mahal dibandingkan karburator sebab lebih banyak terdapat komponen.
* Jumlah komponen yang lebih banyak dan kompleks
* Perawatan harus menggunakan alat khusus dan teknik tertentu.


Kelebihan Karburator

* Lebih murah dibandingkan system injection tetapi apabila ditambah alat lain, maka harganya mendekati system injection.
* Jumlah komponen lebih sedikit dan tidak kompleks
* Perawatan lebih gampang dan sederhana
* Penggunaan bahan bakar kurang efisien, sehingga cenderung boros


Kelemahan Karburator


* Untuk penyetelan A/F ratio dilakukan manual dan hanya bisa sekali.
* Membutuhkan penyetelan yang tepat untuk semua kondisi tetapi tidak dapat mengatasi setiap kondisi yang dapat berbeda-beda
* Perlu adanya alat/komponen tambahan agar kerja karburator dapat menyesuaikan kondisi seperti pompa akselerasi, coasting enricher, dll



Terimakasih untuk agan2 yang sudah nyimak thread ane yg sederhana ini namun terkadang banyak orang masih rancu apa perbaedaan dari kedua system pengkabutan ini.
Semoga bermanfaat untuk pengetahuan agan2 semua,atau bahkan untuk agan yg bingung untuk memutuskan membeli kendaraan berkomponen karburator atau injection.
Kalau berkenan, ane mohon bisa di

klo mau kasih PENGHARGAAN ,ane jg gak keberatan
Maaf klo ada salah2 kata dan ulasan, CMIIW

SUMBER:
1
2

Tambahan dan komen2 dari Kaskuser lain:






kebetulan saya mo beli liberty 100cc karburator,..kira2 alat tambahan apa yah yg bisa membuat tipe karburator sama dengan tipe injection
Gan mau kasih Testi nih.

Ane dah make motor sport injeksi dari 2007. sekarang udah 40000 km an jarak tempuhnya.

Selama pemakaian fine2 aja kaga ada masalah, komponen yang diganti baru kiprok (sempet disangka sensor O2 nya tapi ternyata kiprok yang kena), harganya th 2012 Rp 251.000,-. Ban, rantai, kampas kopling dan komponen bergerak lainnya jangan diitung ya.

Sama satu lagi pompa bahan bakar, cuma yang ini gratis karena waktu itu ada program penggantian dari pabrik (padahal udah jalan +-2 th tanpa masalah tau2 di gantiin gratis, ya mau aja)

Ngecek kerusakan juga enak, kalo lampu tanda berkedip berarti ada yang enggak bener. udah gitu banyak dan lamanya kedipan juga ngasih tau mana yang enggak bener, jadi kemungkinan agan diboongin bengkel makin kecil.

contohnya ane, waktu itu lampu kedip, waktu si mbah ditanya petunjuknya katanya arus listrik yang masuk yang eror. kemungkinan cuma kiprok sama accu. dan komponen sensor O2 nya karena kalo sensornya rusak arus yang masuk ke ecu juga ngaco. jadi di tesnya yang itu2 aja.

trus karena udah ada sensor begitu komponen ada kelainan udah ada pemberitahuannya, kaga nunggu rusak total, jadi kita bisa ngatur waktu untuk ke bengkel, bukan dadakan yang cenderung diketok harganya.

masalah banjur juga sama kaya motor karbu, selama knalpot & busi kaga kena masih lanjut terus.

ane pernah make metik injeksi ngelibas banjir setinggi dek lebih dikit, lanjut terus gan

Jadi menurut ane jangan takut repot make motor injeksi (dengan catatan kualitas barangnya kaga dicatut pabrikan ya)

Mobil/Motor Berteknologi Injeksi Lebih Bertenaga & Irit Konsumsi BBM
kalo ane jujur lebih suka yang karbu gan..
kenapa..
karna pengalaman ane sendiri.
dulu pernah punya motor FI gak tahu karna bodo nya mekanik apa kelalaian ane sendiri sampe2 sistem FI motor ane rusak..
kenapa kok mekanik ?? dan kenapa kelalaian ane ?? karna ane bawanya ke tukang bengkel langganan lama ane yang notabene dia memang jago buat ngebengkel tapi you know lah gan bengkel bengkel rumahan..gak semua punya tekhnologi yang canggih seperti di dealer resmi..
dan ngebenrinnya gak murah gan...FI nya sendiri butuh ganti onderdil sebesar kurang lebih 1,5 jeti an. pdahal tuh barang kecil tapi sayang itu adalah inti dari tekhnologi FI nya
ane lupa apa namanye..
woghh.. o hh gitu ya gan.. ane baru tau :matabvelo
makasih sudah share informasi tentang injection dan karburator
injection kalo udah rusah....biayanya gede tapinya gan...
ada plus dan minus ya
×