tolebosaAvatar border
TS
tolebosa
Patu Lele, Agan Kenal dengan permainan ini???
Spoiler for Ini gan:
pada dasarnya permainan Pati Lele ini, menggunakan dua tongkat rotan atau kayu bulat dengan perbandingan 1 : 3 untuk panjang tongkatnya. Tongkat pendek diletakkan di antar kedua batu pada posisi memanjang, lalu dipukul unjungnya dengan tongkat panjang, disusul pukulan berikutnya.
Permainan permainan tradisional diatas tidak hanya bermanfaat untuk menghibur anak anak, dan juga menguji ketangkasan, tapi juga dapat melatih anak anak bersosialisasi antara teman teman sebayanya karena permainan tersebut sebagian besar dimainkan tidak bisa sendiri, membutuhkan kelompok untuk memainkannya. Tidak seperti playstation yang bisa dimainkan sendiri, permainan ini cendrung membuat anak kurang bersosialisasi.
Sebenernya masih banyak lagi permainan permainan tradisional masa kecil yang notabene asli dari hasil karya nenek moyang kita sendiri seperti kasti atau gebokan, galasin atau gobak sodor, dor tap, bekat, kuda bisik, pam semambu dll yang bukan sekedar permainan tapi merupakan kekayaan budaya indonesia dan membutuh kan upaya pelestarian dengan cara memperkenalkan permainan kepada anak anak jaman sekarang.
Entah dimana lagikah anak anak memainkannya? tak lagi terlihat anak anak kampung bahkan anak anak kota yang bertaburan pada malam minggu ke sebuah lapangan bulu tangkis di bulan purnama hanya sekedar bermain galashin, atau berkumpul di tiang tiang rumah untuk bermain benteng…

Apakah permainan tradisional kita hanya akan jadi sebuah cerita bagi anak anak dan tidak dimainkan lagi??.. emoticon-Matabelo

ane berharap emoticon-Cendol (S)
0
4K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan