aditaddictAvatar border
TS
aditaddict
Ikan Amfibi Langka di Pesisir Selatan Yogyakarta
Assalammualaikum.

Berhubung ini thread pertama ane sejak 2009 jd jangan lupa ninggalin jejak & emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star

mau tau emoticon-Blue Repostapa nga? cek aja dulu gan emoticon-Cool

Spoiler for repost?:


Langsung aja nih gan emoticon-Ngacir2
Spoiler for Andamia Heteroptera:


Ragam fauna samudra Indonesia jadi bertambah nih katanya dengan ditemukannya dua genera dari ikan rockskipper di pesisir selatan Yogyakarta. Keduanya, Andamia dan Alticus, ditemukan tahun 2012 oleh peneliti muda, namanya Gatot Nugroho Susanto.

Rockskipper atau biasa disebut cathal oleh warga lokal, terdiri dari tiga genera yaitu, Alticus, Andamia, dan Entomacrodus. Namun, karena dianggap tidak memiliki nilai ekonomi, ikan amfibi ini belum banyak diteliti. (indonesia banget klo ga untung ga dipikirin) emoticon-Sorry

Jenis dari Andamia yang ditemukan di pesisir Yogyakarta adalah Andamia heteroptera yang terakhir kali ditemukan pada tahun 1857 di Ambon. Sedangkan dari Alticus yang ditemukan bersamaan, kemungkinan adalah jenis baru.

Nah dalam korespondensinya dengan National Geographic Indonesia, si Gatot mengatakan bahwa Andamia heteroptera yang terdapat di pesisir selatan Gunungkidul, memang sudah ada sejak dulu. Spesies langka ini memilih tinggal di struktur batuan gunung api karena memiliki permukaan yang halus sehingga memudahkan pergerakannya.

Ikan yg menurut ane sedikit aneh tapi langka ini hanya memanfaatkan cipratan air laut untuk membasahi badannya dan akan menjauhi air dengan cara memanjat batuan ke arah yang lebih tinggi. (atlit rock climbing kalee manjat bebatuan) emoticon-NgakakIkan ini juga lebih banyak menggunakan kulit dibandingkan insang untuk bernafas katanya.

Ini ni gan penampakannya yang di temuin sm mas gatot
Spoiler for rockskipper(andamia heteroptera):


Jeroannya juga ada gan emoticon-Blue Guy Peace
Spoiler for Ilustrasi:


Nah ini katanya seberan spesiesnya di dunia
Spoiler for MapOfRockskipper:


Jadi ceritanya Andamia heteroptera ini pertama kali ditemukan oleh Bleeker tahun 1857 di perairan Ambon. Namun demikian, karena masih jarangnya penelitian jenis ini, menyebabkan informasi sebaran di daerah lain belum pernah dilakukan. Ini berdampak pada kurangnya penelitian mengenai rockskipper.

Penelitian terakhir mengenai Andamia heteroptera hanya dilakukan oleh Rao dan Hora tahun 1938 di Kepulauan Andamandan hingga sekarang belum ada penelitian kembali --baik di Kepulauan Andaman maupun Indonesia.

Trus kata mas gatot perlu adanya tindakan langsung untuk mendata dan mengetahui informasi biologi jenis ikan ini, harapannya si penelitian sejenis ini mampu memberikan sumbangan informasi kekayaan hayati di Indonesia.

“Hal terindah yang dapat kita alami adalah misteri. Misteri adalah sumber semua seni sejati dan semua ilmu pengetahuan” -Albert Einstein

SUMBER

emoticon-Rate 5 Star+ emoticon-Blue Guy Cendol (L) = emoticon-Request
0
3.2K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan