KASKUS

Quote:Original Posted By Tepen.BC
ane gak setuju dengan pendapat TS!
karena ane sendiri atlit tinju, jangan disamakan dengan binatang gan
kalo adu ayam, adu anjing atau adu binatang lainya itu kan langsung di adu tanpa adanya peraturan tertentu. tapi kalo TINJU itu bukan sekedar di adu tapi ada persiapan fisik, mental,keberanian,strategi dan juga bakat!
emang TS pikir tinju itu asal pukul? tinju itu butuh kesiapa fisik yg didapat dari latihan bertahun tahun, gak semua orang berani dengan olahraga kontak,
jadi kesimpulan ane kalo Tinju itu olahraga keras! olahraga yg mempertaruhkan harga diri dan nama besar si atlit!
kalo TS mau debate bisa add facebook ane Steven Dika Ririmasse


wihh..
si agan atlit tinju beneran..

ia gan ane juga ga setuju kalo tinju disamain ama adu ayam.
bener apa yang dikatakan oleh agan..
harapan ane sih moga agan bisa mengharumkan nama bangsa..
amin..
Quote:Original Posted By leeerrr
tinju itu olahraga kan
klo d samain adu ayam karate dkk adu ayam jg donk


nohh avatar ente adu ayam vs kucing..

lucu gan..
Quote:Original Posted By gue.roy
kematian itu resiko gan, resiko dari pertandingan.. banyak kok olahraga yang berujung kematian.. justru peraturanlah yang meminimalisir kematian.
oot bgt, masih ga menjelaskan perbedaan mendasar antara tinju sm sabung ayam


Quote:lalu tujuannya apa? apa karena sama2 mempunyai peraturan yang ketat seperti itu, berarti tinju = sabung ayam?tujuannya nunjukin ke lu klo ga ada perbedaan mendasar antara human boxing sm sabung ayam, sekalian mematahkan argumen lu di OS

Quote:hhmm, gini gan, lain ladang lain belalang, jangan disamakan sabung ayam internasional dengan sabung ayam yang dilarang.. ane fokus sama permasalahan sabung ayam yg dilarang secara umum, karena sabung ayam yang dilarang itulah yang menyebabkan sabung ayam jadi negatif. akar permasalahannya itu.
kalau sabung ayam mengikuti peraturan yang ketat oleh TTCCDA, dimana negatifnya dari sabung ayam telah ditiadakan, walaupun resiko tetaplah ada. trs yang dipermasalahkan apa?? dengan begitu sabung ayam menjadi legal, gak ada negatif-negatifnya..
lain rumah bordil lain pelacurnya, oot lgi

Klo lu fokus ke sabung ayam yg ilegal ya bandinginnya sama tinju ilegal dong, tinju pro ya gw bandingin sama sabung ayam pro

Disini justru ga ngebahas masalah ilegal atau resminya pertandingan, tapi ngebahas kegiatan dari "adu" itu sendiri, baik hewan maupun manusia, yg tidak memiliki perbedaan mendasar kecuali spesies yg digunakan untuk di adu. Jangan menyempitkan pembahasan, vice versa.

Negatifnya adalah "mengadu" dua buah spesies apapun itu untuk saling menjatuhkan serta menyakiti lawan dan dijadikan tontonan sebagai hiburan adalah tindakan barbar

Quote:hhmmm, arah tujuan agan itu kemana?? judi legal? lalu?




kontradiktif? -,-

dimana kontradiktifnya, warna biru dan hijau jelas-jelas membahas hal yang beda, bukan hal yang bertentangan.. kontradiktif itu kalau 2 pernyataan bertentangan dan gak bisa saling bersandingkan. kalau biru ane mempertanyakan apakah "adu" itu ha yang negatif, kalau yang hijau pandangan ane terhadap TS. apakah bertentangan? hal yang dibahas aja beda, dimana bertentangannya.
kontradiktif yg gw maksud, dipernyataan pertama lu ngebahas objek, pernyataan kedua lu membandingkannya dengan subjek dengan kata hubung "perkara lain jika"

Belom lupa pelajaran bahasa indonesia waktu smp kan? Ato emang ga paham struktur SPOK?
yang jelas TS mirip ayam kena tello
cuma bisa kasih saran jgn kebanyakan boxing
Quote:Original Posted By meerozoth


Tanya dalam diri agan sendiri gan,,,


ane sih ga punya prilaku cem gituan
[QUOTE=bigbingbong;518771ef8127cfd91b000003]

ane sih ga punya prilaku cem gituan
[/QUOTE

Yang bener nie

Yg agan tanyain tu mgkin juga ada,,contoh kecil berantem itukan ga manusiawi,,,menurut ane,,,menurut agan????

Nakh kalo ts menurut ente gimana gan

Kalo bentrok2 ga ada habis2 nya. Semoga kedamaian bisa dijaga selalu.
demi gengsi

kan sekarang udh jaman hukum rimba, yg terkuat dialah yg juara, dan mendapat kepopuleran

jadi, hidup bermartabat dan welas asih mending tinggalin jauh2 dah
TS nih kaga ngarti apa bego sih?? Yg namanya beladiri apapun alirannya,smua ada aturannya. Dan udah jadi cabang olah raga yg mendunia, ente mo bandingin seni beladiri sama adu ayam?? Pikir dulu njing.. Cari di WIKI, smua ada filosofinya.. Jangan asal bacot aja, otak ente tuh yg konslet, ga bisa bedain adu ayam sm beladiri.
Setiap aliran beladiri pasti selalu ada pertandingan,tujuannya untuk mengukur sejauh mana skill yg dimiliki. Sama aja kaya sekolah, ada pelajaran ada evaluasi. Dan ente ga tau itu kan??? Ente kagak pernah sekolah sih, ente tau nya cuma adu ayam..
Quote:Original Posted By dark.age


adu ayam, adu kambing, dll juga ad aturannya walaupun yg di adu gak ngerti sama aturan tersebut

wew... Ente bicara aturan yg mana nih?? Bisa lebih spesifik ga?? Biar kesannya ente masih punya otak biarpun cuma secuil..
Quote:Original Posted By dark.age


adu ayam, adu kambing, dll juga ad aturannya walaupun yg di adu gak ngerti sama aturan tersebut

wew.. Aturan yg mana nih?? Ente tau ga aturannya??
Quote:Original Posted By dark.age




itu dia, manusia ngerti dia lagi di adu demi kesenangan orang lain. ini lebih bodoh dari hewan yang gak ngerti kalau dia lagi di adu

ente stupid moron.. Ente ga nyebutin konteks di adu yg seperti apa.. Ente ga ngasih argumen,cuma asal bacot doang.. Bulshit.. Intinya ente ga suka beladiri kan?? Ane jalanin hidup untuk belajar beladiri tuh udah komitmen ane seumur hidup.. ente secara sadar udah melecehkan yg namanya beladiri. Bacot ente ketinggian njing.. Ente ga tau apa2 tentang beladiri,dan argumen ente tuh ngawur..beladiri diciptakan oleh nenek moyang manusia selama bertahun tahun. Dan setelah dilakukan riset oleh para ilmuwan modern ternyata setiap gerakan beladiri adalah hukum fisika..(massa x kecepatan = momentum) mikir dulu njing sebelum debat.. Masih mo ngomong klo beladiri=sabung ayam??
Quote:Original Posted By GothicLolita
oot bgt, masih ga menjelaskan perbedaan mendasar antara tinju sm sabung ayam


lha, emang ane gak menjelaskan perbedaannya, karena itu bukan akar permasalahannya. singkat kata sih kematian dalam olahraga yang merupakan suatu resiko yang harus ditanggung olahragawan bukanlah tolak ukur untuk mengambil kesimpulan sabung ayam=tinju atau sabung ayam=/=tinju.
harus ditelusuri lebih lanjut,.

Quote:Original Posted By GothicLolita
tujuannya nunjukin ke lu klo ga ada perbedaan mendasar antara human boxing sm sabung ayam, sekalian mematahkan argumen lu di OS


lalu apakah begitu, udah bisa menyimpulkan kalau tinju itu merendahkan martabat manusia?
belum bisa, keliatan banget ente asal mengcounter tanpa tau maksud dari OS ane.

Quote:Original Posted By GothicLolita
lain rumah bordil lain pelacurnya, oot lgi

Klo lu fokus ke sabung ayam yg ilegal ya bandinginnya sama tinju ilegal dong, tinju pro ya gw bandingin sama sabung ayam pro

Disini justru ga ngebahas masalah ilegal atau resminya pertandingan, tapi ngebahas kegiatan dari "adu" itu sendiri, baik hewan maupun manusia, yg tidak memiliki perbedaan mendasar kecuali spesies yg digunakan untuk di adu. Jangan menyempitkan pembahasan, vice versa.

Negatifnya adalah "mengadu" dua buah spesies apapun itu untuk saling menjatuhkan serta menyakiti lawan dan dijadikan tontonan sebagai hiburan adalah tindakan barbar


gubrak, yang ngomongin panjang lebar tentang peraturan legal itu elu, eh ujung-ujungnya lu sendiri yang kembali lagi sama apa yang ane permasalahkan, kata "adu" tsb. copas dulu akh, "adu" berkaitan dengan "persaingan", dimana dua atau lebih subjek dipertemukan untuk menentukan yang terbaik/terhebat/terkuat/terpintar diantara mereka. jadi "adu" bertujuan untuk mencari mana yang terbaik dari yang baik. dan itu bukan merupakan sesuatu yang salah.

Quote:Original Posted By GothicLolita
kontradiktif yg gw maksud, dipernyataan pertama lu ngebahas objek, pernyataan kedua lu membandingkannya dengan subjek dengan kata hubung "perkara lain jika"

Belom lupa pelajaran bahasa indonesia waktu smp kan? Ato emang ga paham struktur SPOK?


ini lagi gak membahas SPOK gan, kalau ada orang bahas tentang objek trs bahas subjek, belum tentu itu kontradiktif, walaupun ane gak bahas tentang itu. oke? mending lu pahami kata kontradiktif deh, yang sebenarnya serapan dari kata kontradiksi. apa sih itu kontradiktif, lu bisa search sendiri.. tapi kalau males, intinya: pernyataan yang bertentangan antara satu sama lain, kata kunci nya bertentangan. tau kan maksud dari "bertentangan" itu apa?

=======================================================
kalau udah paham dengan kontradiktif, pahami argumen ane yg lu warnain biru sama ijo itu, kalau masih kaga paham, nih kerangka logika matematikanya. semoga aja bisa paham.
warna biru:
jika yang dipermasalahkan kata "adu", maka nilai "adu", (benar atau salah).
jika adu adalah benar, maka sabung ayam =/= tinju.


warna ijo:
jika sabung ayam = tinju, maka merendahkan martabat manusia.


hasil ane sabung ayam =/= tinju, maka kesimpulannya bisa merendahkan bisa juga tidak.

tidak ada yang kontradiktif, ente sangat terpaku terhadap text gan yang justru menjebak paradigma ente sendiri tentang pemaknaan argumen ane. belajar logika matematika dulu deh gan, jgn ngurusin SPOK mulu. kalau masih ngotot kontradiktif, ane nyerah gan.. mending copas argumen ane, trs tanya guru mtk/bahasa SD ente, apakah kontradiktif gak, tapi jgn salahin mereka kalau mereka bilang itu gak kontradiktif.
hhmmm
Quote:Original Posted By gue.roy

lha, emang ane gak menjelaskan perbedaannya, karena itu bukan akar permasalahannya. singkat kata sih kematian dalam olahraga yang merupakan suatu resiko yang harus ditanggung olahragawan bukanlah tolak ukur untuk mengambil kesimpulan sabung ayam=tinju atau sabung ayam=/=tinju.
harus ditelusuri lebih lanjut,.
jelasin dong perbedaan yang mendasar antara tinju dengan sabung ayam, tolok ukurnya apa kalo gitu. soalnya OS lu sama sekali ga menunjukan perbedaan yang mendasar

Quote:lalu apakah begitu, udah bisa menyimpulkan kalau tinju itu merendahkan martabat manusia?
belum bisa, keliatan banget ente asal mengcounter tanpa tau maksud dari OS ane.
premis lu sama konklusi ga memiliki dasar yang kuat. lu ngga ngasih sebuah argumen mendasar yang menjadi pembeda antara tinju dan sabung ayam.

nih gw quote lagi OS lu biar jelas

Quote:Original Posted By gue.roy
hhmmm, mungkin pendapat ane salah tapi ane rasa cukup untuk bisa didebatkan.

Opening Statement

kalau dibilang tinju = sabung ayam.
ane kurang setuju. kenapa?

Sabung ayam itu sendiri permainan adu 2 ayam dalam 1 arena. Biasanya ayam yang di adu hingga salah satu kabur atau kalah, Bahkan hingga mati. cukup itu peraturannya, tanpa peraturan lain. Permainan ini biasanya di ikuti oleh perjudian yang berlangsung tak jauh dari arena adu ayam. sedangkan tinju, sudah ada peraturan yang melindungi petinju dari luka yang fatal yang didapat dari adu fisik. dari situ aja sudah bisa lihat perbedaan masing-masing yang memang jelas berbeda. dan seharusnya dari situ udah bisa diambil kesimpulannya apa. tinju tidak sama dengan sabung ayam.

hhhmmm.

premis mayor
premis minor
konklusi/kesimpulan
gw memberikan bantahan mengenai peraturan sabung ayam, yang ngga cuma kyk yg lu jelasin pada premis mayor. yang otomatis mematahkan argumen lu pada premis minor sehingga konklusi/kesimpulan yang lu buat menjadi tidak valid

Quote:gubrak, yang ngomongin panjang lebar tentang peraturan legal itu elu, eh ujung-ujungnya lu sendiri yang kembali lagi sama apa yang ane permasalahkan, kata "adu" tsb. copas dulu akh, "adu" berkaitan dengan "persaingan", dimana dua atau lebih subjek dipertemukan untuk menentukan yang terbaik/terhebat/terkuat/terpintar diantara mereka. jadi "adu" bertujuan untuk mencari mana yang terbaik dari yang baik. dan itu bukan merupakan sesuatu yang salah. perihal apakah adu itu merupakan sesuatu yang salah atau tidak sudah merupakan pembahasan yang berbeda
disini yang di bahas adalah apakah tinju = sabung ayam atau tidak
sedangkan proses adu itu sendiri justru menguatkan persamaan antara kegiatan tinju dan sabung ayam

Quote:ini lagi gak membahas SPOK gan, kalau ada orang bahas tentang objek trs bahas subjek, belum tentu itu kontradiktif,

agreed, penggunaan kata kontradiktif dari gw kurang tepat, my bad

seharusnya gw pake kata not-related alias ga nyambung antar argumen lu, yang ditunjukan pada struktur SPOK
dan argumen lu itu juga blm ngasih dasar yang kuat antara perbedaan tinju sama sabung ayam
Quote:Original Posted By GothicLolita
jelasin dong perbedaan yang mendasar antara tinju dengan sabung ayam, tolok ukurnya apa kalo gitu. soalnya OS lu sama sekali ga menunjukan perbedaan yang mendasa

premis lu sama konklusi ga memiliki dasar yang kuat. lu ngga ngasih sebuah argumen mendasar yang menjadi pembeda antara tinju dan sabung ayam.

nih gw quote lagi OS lu biar jelas

premis mayor
premis minor
konklusi/kesimpulan
gw memberikan bantahan mengenai peraturan sabung ayam, yang ngga cuma kyk yg lu jelasin pada premis mayor. yang otomatis mematahkan argumen lu pada premis minor sehingga konklusi/kesimpulan yang lu buat menjadi tidak valid


mudahnya begini gan, argumen ane yang ente buat warna warni itu perbedaan mendasar sangat terlihat jelas, yaitu "peraturan" dan secara logika cukup masuk akal dan valid. kemudian cara counter ente untuk menunjukan ketidak-valid-an yaitu dengan mengganti premis mayornya menjadi "peraturan TTCCDA".

Ya jelas donk ketika premis diubah, haruslah mengubah kesimpulannya juga. jika tidak, maka mengakibatkan ketidak-valid-an kesimpulan. akhirnya ane menfokuskan ke akar permasalahan yang ente bawa itu, yaitu "pengubahan premis mayor" dan ane sedikit membahas hal tsb. tapi justru ente yg melakukan hal aneh, dengan bilang disini tidak membahas kayak gitu dan mengubah fokus permasalahan ke kata "adu". yaudah ane ikutin aja gaya permainan ente yg suka muter-muter itu, dengan men-cut pembahasan tsb dan beralih ke permasalah "adu".

sekarang masih mau nanya lagi tentang perbedaan mendasarnya apa?

Quote:Original Posted By GothicLolita
perihal apakah adu itu merupakan sesuatu yang salah atau tidak sudah merupakan pembahasan yang berbeda
disini yang di bahas adalah apakah tinju = sabung ayam atau tidak
sedangkan proses adu itu sendiri justru menguatkan persamaan antara kegiatan tinju dan sabung ayam


kalau ente paham tentang logika matematika yang ane jabarin sebelumnya, ente pasti gak bakal bilang "penilaian adu (benar atau salah)" adalah pembahasan yang berbeda. karena itu adalah alur yang ane pakai untuk menyimpulkan "sabung ayam =/= tinju".

Quote:Original Posted By GothicLolita
agreed, penggunaan kata kontradiktif dari gw kurang tepat, my bad

seharusnya gw pake kata not-related alias ga nyambung antar argumen lu, yang ditunjukan pada struktur SPOK
dan argumen lu itu juga blm ngasih dasar yang kuat antara perbedaan tinju sama sabung ayam


belajar lagi tentang apa itu kontradiktif gan,. biar gak sembarangan pakai kata kontradiktif..
hhmmm,
Quote:Original Posted By gue.roy


1. mudahnya begini gan, argumen ane yang ente buat warna warni itu perbedaan mendasar sangat terlihat jelas, yaitu "peraturan" dan secara logika cukup masuk akal dan valid. kemudian cara counter ente untuk menunjukan ketidak-valid-an yaitu dengan mengganti premis mayornya menjadi "peraturan TTCCDA".

2. Ya jelas donk ketika premis diubah, haruslah mengubah kesimpulannya juga. jika tidak, maka mengakibatkan ketidak-valid-an kesimpulan. akhirnya ane menfokuskan ke akar permasalahan yang ente bawa itu, yaitu "pengubahan premis mayor" dan ane sedikit membahas hal tsb. tapi justru ente yg melakukan hal aneh, dengan bilang disini tidak membahas kayak gitu dan mengubah fokus permasalahan ke kata "adu". yaudah ane ikutin aja gaya permainan ente yg suka muter-muter itu, dengan men-cut pembahasan tsb dan beralih ke permasalah "adu".

3. sekarang masih mau nanya lagi tentang perbedaan mendasarnya apa?


1. gw mengganti premis mayor pada OS lu? say whattt??
Spoiler for say what??:


2. nah ini yang muter-muter siapa sekarang?

3. iya gw masih mau tanya perbedaan mendasarnya apa, lu belum nunjukin tuh

---------------------------------------------------
Spoiler for ckckck:

---------------------------------------------------

Quote:Original Posted By gue.roy
Opening Statement

kalau dibilang tinju = sabung ayam.
ane kurang setuju. kenapa?

Sabung ayam itu sendiri permainan adu 2 ayam dalam 1 arena. Biasanya ayam yang di adu hingga salah satu kabur atau kalah, Bahkan hingga mati. cukup itu peraturannya, tanpa peraturan lain. Permainan ini biasanya di ikuti oleh perjudian yang berlangsung tak jauh dari arena adu ayam. sedangkan tinju, sudah ada peraturan yang melindungi petinju dari luka yang fatal yang didapat dari adu fisik. dari situ aja sudah bisa lihat perbedaan masing-masing yang memang jelas berbeda. dan seharusnya dari situ udah bisa diambil kesimpulannya apa. tinju tidak sama dengan sabung ayam.

tapi jika seandainya yang dipermasalahkan adalah kata "adu" tsb, karena kata "adu" lah yang mempertemukan antara tinju dan sabung ayam. yang jadi pertanyaan, apakah kata "adu" itu salah?
"adu" berkaitan dengan "persaingan", dimana dua atau lebih subjek dipertemukan untuk menentukan yang terbaik/terhebat/terkuat/terpintar diantara mereka. jadi "adu" bertujuan untuk mencari mana yang terbaik dari yang baik. dan itu bukan merupakan sesuatu yang salah. yang artinya jika "adu" itu tidak salah, maka tidak ada yang mempertemukan antara tinju dan sabung ayam. dengan begitu, sabung ayam tidak sama dengan tinju.

perkara lain jika, menyimpulkan bahwa tinju tak ada bedanya dengan adu ayam.. dengan begitu, jelas telah merendahkan martabat manusia, kenapa? karena telah menyamakan manusia dengan ayam. dan itulah yang dilakukan TS.

hhhmmm.


Quote:Original Posted By gue.roy
Sabung ayam itu sendiri permainan adu 2 ayam dalam 1 arena. Biasanya ayam yang di adu hingga salah satu kabur atau kalah, Bahkan hingga mati. cukup itu peraturannya, tanpa peraturan lain.
pada kenyataannya sabung ayam peraturannya bukan cuma itu ajaQuote:Original Posted By gue.roy
Permainan ini biasanya di ikuti oleh perjudian yang berlangsung tak jauh dari arena adu ayam
begitu pula tinjuQuote:Original Posted By gue.roy
sedangkan tinju, sudah ada peraturan yang melindungi petinju dari luka yang fatal yang didapat dari adu fisik
sabung ayam juga ada peraturan yang melindungi ayam dari luka yang fatal yang di dapat dari adu fisik

Quote:Original Posted By gue.roy
dari situ aja sudah bisa lihat perbedaan masing-masing yang memang jelas berbeda. dan seharusnya dari situ udah bisa diambil kesimpulannya apa. tinju tidak sama dengan sabung ayam.
mana perbedaan masing-masing yang memang jelas berbeda??

Spoiler for ckckck part 2:


Quote:Original Posted By gue.roy
tapi justru ente yg melakukan hal aneh, dengan bilang disini tidak membahas kayak gitu dan mengubah fokus permasalahan ke kata "adu".
Quote:Original Posted By gue.roy
tapi jika seandainya yang dipermasalahkan adalah kata "adu" tsb, karena kata "adu" lah yang mempertemukan antara tinju dan sabung ayam. yang jadi pertanyaan, apakah kata "adu" itu salah?
"adu" berkaitan dengan "persaingan", dimana dua atau lebih subjek dipertemukan untuk menentukan yang terbaik/terhebat/terkuat/terpintar diantara mereka. jadi "adu" bertujuan untuk mencari mana yang terbaik dari yang baik. dan itu bukan merupakan sesuatu yang salah. yang artinya jika "adu" itu tidak salah
lu yang ngebahas kata "adu" nya di OS lu sendiri kok bilang gw yang mengubah fokus. sekarang siapa yg melakukan hal aneh coba
yg pasti buat yg bernyali aja gan bkn yg cm koar kritik ngatain ni adu ayam atau olahraga sampah lah..

Quote:Original Posted By GothicLolita
1. gw mengganti premis mayor pada OS lu? say whattt??
Spoiler for say what??:


2. nah ini yang muter-muter siapa sekarang?

3. iya gw masih mau tanya perbedaan mendasarnya apa, lu belum nunjukin tuh

---------------------------------------------------
Spoiler for ckckck:

---------------------------------------------------


waduh, keliatannya ente gak paham maksud ane..
kalo ente nanya tentang perbedaan mendasar, ya ane jawab "peraturan" salah satunya. tapi nanti ujung2nya bakal masuk ke sabung ayam ilegal dan sabung ayam versi TTCCDA, yang lu anggap itu gak masuk ke pembahasan disini.

Quote:Original Posted By GothicLolita
Pada kenyataannya sabung ayam peraturannya bukan cuma itu aja

begitu pula tinju

sabung ayam juga ada peraturan yang melindungi ayam dari luka yang fatal yang di dapat dari adu fisik

mana perbedaan masing-masing yang memang jelas berbeda??

Spoiler for ckckck part 2:


lha emang ane mo bilang itu sabung ayam ilegal, bukan sabung ayam yang di setujui ticcda.
lalu?

Quote:Original Posted By GothicLolita
lu yang ngebahas kata "adu" nya di OS lu sendiri kok bilang gw yang mengubah fokus. sekarang siapa yg melakukan hal aneh coba


kan fokus pembahasan yang ente quot emang bukan tentang "adu", tapi tentang premis mayor ane (sabung ayam ilegal) yang ente ubah ke premis mayor ente (sabung ayam versi TTCCDA). kalau tentang "adu" kan ada di quot lain yang ente bilang kontradiktif itu.

jelas donk, kalau ente mengubah fokus permasalahan yang harusnya membicarakan "premis mayor" ke permasalahan "adu", yang harusnya permasalahan "adu" di bahas di quote sesudahnya..

hhmmm
Quote:Original Posted By gue.roy


waduh, keliatannya ente gak paham maksud ane..
kalo ente nanya tentang perbedaan mendasar, ya ane jawab "peraturan" salah satunya. tapi nanti ujung2nya bakal masuk ke sabung ayam ilegal dan sabung ayam versi TTCCDA, yang lu anggap itu gak masuk ke pembahasan disini.



lha emang ane mo bilang itu sabung ayam ilegal, bukan sabung ayam yang di setujui ticcda.
lalu?



kan fokus pembahasan yang ente quot emang bukan tentang "adu", tapi tentang premis mayor ane (sabung ayam ilegal) yang ente ubah ke premis mayor ente (sabung ayam versi TTCCDA). kalau tentang "adu" kan ada di quot lain yang ente bilang kontradiktif itu.

jelas donk, kalau ente mengubah fokus permasalahan yang harusnya membicarakan "premis mayor" ke permasalahan "adu", yang harusnya permasalahan "adu" di bahas di quote sesudahnya..

hhmmm


jadi intinya lu maunya ngebandingin adu ayam ilegal sama tinju pro?
×