xenocrossAvatar border
TS
xenocross
Semua tentang Kerusuhan Myanmar 2013
Thread ini akan mengumpulkan semua berita BERIMBANG yang memberikan fakta dan kejadian aktual tentang kerusuhan di myanmar yang "katanya" konflik antara Buddha dan Islam. Benarkah?

Silahkan dibaca berita aslinya, karena berita yg beredar di Indonesia sudah DIPOTONG, DIEDIT sedemikian rupa sehingga menyalahkan satu pihak saja. Padahal kalau dibaca semuanya, jelas yang salah ada DUA pihak, yang terprovokasi ada DUA pihak, bukan satu saja!

Tolong jangan terprovokasi dan terhasut, oleh berita2 gak benar
1. Kejadian di negeri orang kok diurusin? Kalau mau membalas pergi aja ke myanmar
2. Jangan jangan ini upaya adu domba. Apalagi bisa dijadikan isu pengalihan bikin kerusuhan di indonesia
3. Dicari di ajaran Buddha gak ada yg mengajarkan kekerasan, jadi itu ulah OKNUM. Trus kok ada Muslim yang ngomong mau membalas ke Buddhis Indonesia yang gak tahu apa-apa? Gak salah?

4. Kalau ngomong soal pembantaian blahblahblah, hati hati jangan terpancing emosi karena banyak foto palsu beredar sejak tahun lalu, kemungkinan untuk adu domba FOTO2 HOAX Rohingnya

Dan pelajarannya jelas :
Kebencian tidak akan pernah berakhir
apabila dibalas dengan kebencian.
Kebencian baru akan berakhir
bila dibalas dengan tidak membenci.
Inilah satu hukum abadi
(Dhammapada I, 5) (BUDDHA)


============================================
1. Bukan karena hanya mangkok Biksu pecah (di post bawah)
2. Bukan dibakar tapi kecelakaan kebakaran? versi bahasa indonesia berita yg sama sumber lain
3. Masjid dibakar karena Biksu dibunuh
4. Asal mulanya karena ada toko muslim menipu Buddhis versi bhs indonesia
5. Gerakan 969 sebagai reaksi dari gerakan 786
----------------------------------------------------------------------------------------

Ringkasan semua:
- Awalnya sudah ada ketidaksukaan antar 2 kelompok Buddhis dan Muslim-bengali di Myanmar, yang akarnya kompleks.
- Toko emas muslim mencoba menipu customer buddhis, dan memukuli customer buddhis ini
- Massa marah dan membakar toko muslim. Setelah polisi dan bhiksu datang, massa ditenangkan
- Sorenya hari yang sama setelah kejadian toko emas, satu orang Bhiksu yang lewat dibunuh beberapa pemuda muslim sebagai balasan
- Massa yang mendengar langsung ke TKP, menemukan mayat Bhiksu itu, lalu balik menyerang beberapa pemuda muslim ini, yang lari ke masjid. Masjid pun dibakar
- Muslim lain yang mendengar masjid dibakar lalu ikut angkat senjata
- Buddhis lain mendengar bhiksu dibunuh ikut angkat senjata
- Di hari lain yang gak ada hubungannya, satu masjid kebakaran karena kelalaian listrik. Lalu disebarkan berita bahwa masjid itu dibakar
- Bentrokan antara massa Buddhis dan Muslim meluas. Beberapa Bhiksu yang "melenceng dari ajaran" berkampanye memprovokasi massa Buddhis
- Muslim yang minoritas kalah jumlah dengan Buddhis. Jadi sepertinya seakan-akan pembantaian muslim. Padahal itu konflik komunal. Ya apes aja minoritas kalah jumlah.

===============================================
Ringkasan kronologis Kerusuhan Oak-Kan 30 April 2013.

Pagi hari,
Sepeda yang dikendarai wanita muslim, Win Win Sein (a) Shamila menabrak seorang bocah berusia 11 tahun (calon biksu, samanera) yang tengah melakukan rutinitas mengumpulkan makanan, tabrakan itu mengakibatkan mangkok sang samanera jatuh dan pecah.

Samanera itu telah meminta dengan cara yang sopan untuk mengganti mangkoknya namun perempuan ini menolak dan melakukan penghinaan dengan berteriak bahwa mangkok pindapata itu tidak sebanding dengan sandalnya.

Orang-orang mendengar hinaan tersebut dan menyebarlah gosip dengan cepat ke seluruh penjuru kota yang menyebabkan 200an buddhis berkumpul di toko kepunyaan perempuan itu.

Para perusuh merusak 20 toko muslim disekitar mesjid sebelum polisi datang dan menenangkan keadaan. Polisi dilaporkan melepaskan tembakan ke kerumunan perusuh.

Laporan dari kepolisian:

Jam 09.00,
U Hlaing Tin (62 tahun) pengacara biara Ah-lan-taing mengajukan aduan pidana di kantor polisi Taik-Kyee. Ia melaporkan bahwa Ashin Ponnya (11 tahun), calon biksu Biara Ah-lan-daing, pada pagi hari tengah melakukan rutinitas pengumpulan makanan di sepanjang jalan Pagoda sebelah selatan Oak-kan Bazaar. Ia di tabrak oleh sepeda yang di kendarai Win Win Sein (a) Shamila dan pada kecelakaan itu menyebabkan mangkok makanannya jatuh dan pecah

[note:
tidak diceritakan apakah ashin ponnya mengalami luka atau tidak]

Dasar tuduhan yang dilaporkan adalah menolak mengganti rugi dan melakukan penghinaan. Polisi Taik-Kyee kemudian membuka kasus pidana (Pa) 112/2013 per Crime Act 295 melawan Win Win Sein.

[Note:
menurut NST.com: Win Win Sein dan 1 orang perempuan melakukan ini dan dikenakan pasal penodaan agama, [url]http://www.nst.com.my/latest/muslim-faces-blasphemy-rap-after-myanmar-unrest-police-1.269816][/url]

Sekitar jam 13:15,
hampir 200 buddhis yang tidak puas, tiba di Masjid Bazaar di Anaw-ra-hta Ward dan melempari mesjid dengan batu bata. kaca panel jendela depan rusak dan dua kotak meter listrik rusak namun tidak ada yang mengalami luka-luka ini adalah laporan komandan Polisi Taik-Kyee yang tiba di tempat dan mencegah kerusuhan lebih lanjut.

Sekitar 14:25,
Sekelompok 200an orang melemparkan barang dan furniture dari sekitar 25 toko dan kemudian menghancurkan toko-toko.

Antara 14:40 - 14:45 Polisi 4x melepaskan tembakan untuk membubarkan kerumuman. Situasi kembali normal.

Pukul 15.00,
Tambahan pasukan kepolisian tiba di Oak-kan, dipimpin Komandan Kepolisian divisi Rangoon dan distrik Utara dan mengakhiri kerusuhan pada jam 15:10 hari itu.

Pukul 15:45,
2 orang dengan luka tembak ditemukan di bangsal beras Min-ye-kyaw-zwar luar Oak-kan kota dan dikirim ke Rumah Sakit Oak-kan.
8 orang lebih dengan luka tembak bersama 10 orang yang terluka oleh polisi, di tangkap dan dikenakan dugaan keterlibatan dalam tindak kerusuhan

Menurut Inspektur Polisi Myint Maung kepala polisi Oak-kan:
Lebih dari 100 polisi menggerebek Desa Pa-ni-bin dekat Oak-kan pada jam 03:30, tanggal 1 Mei, menangkap 15 buddhis etnis burma yang diduga terlibat kerusuhan tanggal 30 April. Bersama mereka ditemukan 13 Jingalee (ketapel buatan ketapel dengan peluru paku), satu pedang, dan dua ketapel. 9 dari 15 yg ditangkap sedang diinterogasi di Kantor Polisi Mingalodon dan 6 berada di Kantor Polisi Insein di Rangoon.

1 orang Perusuh etnis burma buddhis, yaitu Zaw Zaw Naing tewas akibat luka tembak pada pukul 01:30, tanggal 1 Mei.

Kerusakan material di kerusuhan itu menurut polisi Oak-kan: masjid kota, 81 rumah dan 50 toko muslim Oak-kan hancur dan keadaan telah terkendali.
---

Sumber:

1. http://hlaoo1980.blogspot.com/2013/0...destroyed.html
2. http://www.nst.com.my/latest/muslim-...olice-1.269816
3. http://sheikyermami.com/2013/05/01/a...iot-in-burma/,
4. http://www.thehindu.com/news/interna...cle4670666.ece
5. [url]http://www.channelstv.com/home/2013/05/01/sectarian-violence-raises-tension-in-myanmar/][/url]
6. http://www.elevenmyanmar.com/nationa...aves-9-injured
---
http://www.nst.com.my/latest/muslim-...olice-1.269816
www.nst.com.my
Diubah oleh xenocross 04-05-2013 14:01
0
20.6K
124
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan