KASKUS

Thumbs up :::>> [WOW] Pohon Ulin Terbesar Dunia Ada di Indonesia <<:::

HT#27





Taman Nasional Kutai (TNK) di Kabupaten Kutai Timur memiliki ulin berumur lebih kurang 1.000 tahun dengan diameter 2,47 meter dan tinggi 20 meter serta merupakan pohon terbesar di dunia.

"Kami temukan pertama kali pada tahun 1993. Pohon tersebut, kata Sarjo, kemudian diukur dan saat itu masih berdiameter 2 meter 41 sentimeter dengan tinggi mencapai 20 meter. Kini, diameternya menjadi 2 meter 47 cm," kata Sarjo, pengaman hutan kawasan TNK, Senin (18/3/2013).

Sebelumnya, kepada wartawan yang mengikuti "Jurnalism Field Trip" Taman Nasional Kutai, 15-17 Maret 2013, dia juga bercerita mengenai penemuannya itu.

"Saat itu, saya menemani seorang peneliti asal Jepang, Putuka Watanabe, yang melakukan penelitian spesies yang ada di kawasan TNK, yang merupakan proyek Kyoto University. Saya melihat saat pulang menemani peneliti itu, kemudian saya sampaikan kepada Putuka Watanabe," katanya.

Ia menjelaskan bahwa perkembangan ulin setiap tahun hanya sekitar 0,5 cm sehingga usia pohon diperkirakan lebih kurang 1.000 tahun.

"Tingginya saat ini sekitar 20 meter, diduga akibat terkena petir. Sebelumnya diperkirakan lebih 30 meter. Kondisi pohon ini masih hidup," kata Sarjo.

Untuk mencapai lokasi ulin raksasa tersebut, perjalanan ditempuh dari Kota Samarinda melalui jalur darat menuju Kantor Balai TNK di Desa Sangkima, Kabupaten Kutai Timur, dengan jarak tempuh 3-4 jam.

Dari Kantor Balai TNK tersebut, perjalanan dilanjutkan dengan trekking menelusuri kawasan hutan dengan jarak sekitar 800 meter atau ditempuh dengan berjalan kaki sekitar satu jam lebih.

Sarjo melanjutkan, temuan ulin terbesar dan tertua di dunia itu juga dibenarkan peneliti dari Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Profesor Nengah Wirawan.

"Pak Prof Nengah Wirawan yang juga melakukan penelitian di TNK juga membenarkan bahwa pohon itu merupakan ulin tertua di dunia," ungkap Sarjo.

Sebanyak 18 wartawan, baik lokal maupun nasional, yang mengikuti Jurnalism Field Trip ini sempat melakukan pengukuran terhadap ulin tersebut dengan cara saling berpegangan sambil melingkari pohon itu. Dibutuhkan tujuh orang yang saling berpegangan untuk bisa melingkari pohon tersebut.

Kepala Balai TNK Erli Sukrismanto mengakui bahwa keberadaan ulin terbesar itu saat ini masih terus dijaga sebagai salah satu kekayaan alam Indonesia.

"Kita harus bangga sebab ada sebuah pohon terbesar di dunia dan tertua yang sampai saat masih tetap terjaga. Kami berharap, seluruh masyarakat ataupun pihak terkait dapat menjaga dan melestarikan keberadaan kayu ulin, khususnya yang terbesar itu, sebab selama ini ulin masih menjadi incaran utama para pelaku pencurian kayu," kata Erli Sukrismanto.


SAMBER POHON

Quote:Dulu waktu ane masih kerja di perusahaan HPH, kayu jenis gini jadi inceran maling, karena kayu ini termasuk salah satu kayu terkuat di dunia krn tahan air,lembab dan kalau dipotong juga susahnya ampun-ampun. maka banyak orang bilang kayu ini kayu besi. tapi kalo lihat kayu ulin ditebang ane meras miris banget krn jenis kayu ini engga bisa tumbuh disembarang tempat dan jumlahnya sekarang sdh engga banyak
semoga ngga kena pembalakanj liar deh
kayu yang kualitas nya diatas kayu jati
itu cuma satu aja ? disekitarnya gak ada yg sejenis lagi ?
Emang sakit hati gan kalo pohon yg berusia Tua di tebang krn keserakahan manusia.
Manusia emang terkutuk kalo melakukan itu.
keren,kayu besi..
Quote:Original Posted By ikikol
kayu yang kualitas nya diatas kayu jati


tergantung mas gan untuk apa dulu kayu jati dan ulinnya, karena mereka punya kelebihan masing2x.

kalo ulin cocoknya buat jembatan, perumahan dll, tetapi jarang di buat utk mebel, karena terlalu berat


ADA TAMBAHAN foto :

Quote:Original Posted By Lieshel
Yang ini bukan gan pohonnya?
Spoiler for Maaf ada ane di sana >.< Gada foto yg pohon only soalnya:


Dengar-dengar orang kaya sono bikin rumah bukan dari tembok, tapi dari papan kayu ulin
kayu ulin harganya mahal kali ya, dijaga aja

semoga yang jaga pohon gak sekadar kuntilanak tetapi polhut juga
wow, umurnya lebih dari 1000 tahun

mudah2an bisa tahan lama umurnya
Quote:Original Posted By rexi.wong
Dengar-dengar orang kaya sono bikin rumah bukan dari tembok, tapi dari papan kayu ulin


betul sekali gan, karena kayu ini sangat kuat bertahun-tahun dan hebatnya rayap engga doyan sama ulin

Quote:Original Posted By mrjack
kayu ulin harganya mahal kali ya, dijaga aja

semoga yang jaga pohon gak sekadar kuntilanak tetapi polhut juga


jelas mahal mas bro, krn saking kuat dan tahan lamanya si ulin ini..

yang bener terbesar didunia.... coba ggugling dulu........
Quote:Original Posted By telenji200772



Taman Nasional Kutai (TNK) di Kabupaten Kutai Timur memiliki ulin berumur lebih kurang 1.000 tahun dengan diameter 2,47 meter dan tinggi 20 meter serta merupakan pohon terbesar di dunia.

"Kami temukan pertama kali pada tahun 1993. Pohon tersebut, kata Sarjo, kemudian diukur dan saat itu masih berdiameter 2 meter 41 sentimeter dengan tinggi mencapai 20 meter. Kini, diameternya menjadi 2 meter 47 cm," kata Sarjo, pengaman hutan kawasan TNK, Senin (18/3/2013).

Sebelumnya, kepada wartawan yang mengikuti "Jurnalism Field Trip" Taman Nasional Kutai, 15-17 Maret 2013, dia juga bercerita mengenai penemuannya itu.

"Saat itu, saya menemani seorang peneliti asal Jepang, Putuka Watanabe, yang melakukan penelitian spesies yang ada di kawasan TNK, yang merupakan proyek Kyoto University. Saya melihat saat pulang menemani peneliti itu, kemudian saya sampaikan kepada Putuka Watanabe," katanya.

Ia menjelaskan bahwa perkembangan ulin setiap tahun hanya sekitar 0,5 cm sehingga usia pohon diperkirakan lebih kurang 1.000 tahun.

"Tingginya saat ini sekitar 20 meter, diduga akibat terkena petir. Sebelumnya diperkirakan lebih 30 meter. Kondisi pohon ini masih hidup," kata Sarjo.

Untuk mencapai lokasi ulin raksasa tersebut, perjalanan ditempuh dari Kota Samarinda melalui jalur darat menuju Kantor Balai TNK di Desa Sangkima, Kabupaten Kutai Timur, dengan jarak tempuh 3-4 jam.

Dari Kantor Balai TNK tersebut, perjalanan dilanjutkan dengan trekking menelusuri kawasan hutan dengan jarak sekitar 800 meter atau ditempuh dengan berjalan kaki sekitar satu jam lebih.

Sarjo melanjutkan, temuan ulin terbesar dan tertua di dunia itu juga dibenarkan peneliti dari Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Profesor Nengah Wirawan.

"Pak Prof Nengah Wirawan yang juga melakukan penelitian di TNK juga membenarkan bahwa pohon itu merupakan ulin tertua di dunia," ungkap Sarjo.

Sebanyak 18 wartawan, baik lokal maupun nasional, yang mengikuti Jurnalism Field Trip ini sempat melakukan pengukuran terhadap ulin tersebut dengan cara saling berpegangan sambil melingkari pohon itu. Dibutuhkan tujuh orang yang saling berpegangan untuk bisa melingkari pohon tersebut.

Kepala Balai TNK Erli Sukrismanto mengakui bahwa keberadaan ulin terbesar itu saat ini masih terus dijaga sebagai salah satu kekayaan alam Indonesia.

"Kita harus bangga sebab ada sebuah pohon terbesar di dunia dan tertua yang sampai saat masih tetap terjaga. Kami berharap, seluruh masyarakat ataupun pihak terkait dapat menjaga dan melestarikan keberadaan kayu ulin, khususnya yang terbesar itu, sebab selama ini ulin masih menjadi incaran utama para pelaku pencurian kayu," kata Erli Sukrismanto.


SAMBER POHON

0.5cm per tahun.. Beberapa pohon yg saya tanam belum lama ini berarti kapan ya besarnya
Quote:Original Posted By naturalist
0.5cm per tahun.. Beberapa pohon yg saya tanam belum lama ini berarti kapan ya besarnya


tiap jenis tanaman kan mempunyai masa pertumbuhan yang berbeda beda

klo nanem ulin jg tunggu punya berapa keturunan baru bisa segede itu
mantap yak, usia 1rb tahun coba dibiarin ampe 2000th lg kayakmana ya?
Quote:Original Posted By telenji200772


tergantung mas gan untuk apa dulu kayu jati dan ulinnya, karena mereka punya kelebihan masing2x.

kalo ulin cocoknya buat jembatan, perumahan dll, tetapi jarang di buat utk mebel, karena terlalu berat



thanks gan atas infonya, pengen punya rumah yang bahannya kayu ulin
.
kayu mahal nih bisa bikin orang ngiler...
hebat yahh, pohon ulin terbesar di dunia ada di negara indonesia, semoga ajaa yaaa kita semua bisa tetap menjaganya dan melestarikannya
Harus banyak tuh temennya...
paling 5-10 tahun lagi uda habis pohon2 gedhe di negeri ini
×