KASKUS

Quote:Original Posted By gtwins2


yang buat tgmo ya pertamina jg koq


jadi Toyota ngambil oem buat TGMO dari pertamina ya gan?


sekalian mau nanya nih ane punya mobil BMW 320i th 95 biasanya make oli Elf Competition SM 10w-40 so far so good sih, tetapi apakah ini oli cocok untuk mobil saya yg sudah berumur??

atau mungkin ada recommend lain?
Quote:Original Posted By aaarri


kalo ane pernah nyoba prima xp dan fastron, mobil ane daihatsu taruna. waktu pake fastron tarikan jd enteeng tp suara mesin kasar. pake prima xp suara mesin jadi lembut dan getaran berkurang.

kalo ane akhirnya skrg pilih prima xp, kan tujuannya utk kenyamanan mesin dan pastinya utk menekan biaya

ke bengkel langganan bawa duit 200 rb.
- 140 rb dapet 4 liter prima xp 20w-30.
- 60 rb utk tune up.


setau ane oli2 genuine toyota daihatsu diproduksi oleh pertamina.

udah gan gak usah bingung, utk umur mesin lebih dari 5 thn butuh perlindungan maksimal jadi pake prima xp 20w-30.

IMHO


bukan hanya toyota, honda jazz pun olinya pakai fastron gold ko.
om adanya prima xp 20W-50. kalo yg encer prima xp 10W-40. oh ya buat oli jgn pakai oli adiktif bisa rubah komposisi performance oli.
Quote:Original Posted By jedi_master
Mobil saya Kijang Kapsul LX 2003, bensin 1800 cc karburator. Pemakaian mobil harian di Jakarta (lancar-tol-macet).

Selama ini saya ganti oli di Auto2000 tiap 5000 km pakai TGMO 10W40 (Rp. 65rb/L)

Untuk menekan biaya, saya rencananya mau ganti pake Pertamina. Mohon sarannya cocoknya pakai Fastron apa Prima XP yah? Beda harganya lumayan soalnya (52000 vs 37500)


Dulu temen2 ane pernah ngadain RoadTest Pake Kijang Kapsul pake SAe20w50 Prima XP. Dan rekomendasinnya sampe 8000-10000 km GAn..
Uji roadtest itu uji kemampuan olimesin di jalan raya sesungguhnya untuk meliht drain intervalnya. setiap 500-1000 km diuji di Lab.ttg 10-11 karaktersitik oli mesin dan kandungan aus logam. Sebelumnya mesin mobil distandarin dulu, Gan komponen2, kompresinya dll
kantor ane pernah uji Roadtest innova, panther, motor 4tak dll. semuanya utk peneltian.Gan...
Ok gan..

Siang gan..
Mau tanya crv matic thn 2003 dikasih oli idemitsu 5 30 gmn gan??
Recommended ga??
Makasih
Quote:Original Posted By moch.prabowo83


bukan hanya toyota, honda jazz pun olinya pakai fastron gold ko.
om adanya prima xp 20W-50. kalo yg encer prima xp 10W-40. oh ya buat oli jgn pakai oli adiktif bisa rubah komposisi performance oli.


oh Honda juga pake pertamina ya gan? mantap
oiya gan maap ane salah ketik , maksudnya iya Prima xp 20w-50

Quote:Original Posted By mfuad


Dulu temen2 ane pernah ngadain RoadTest Pake Kijang Kapsul pake SAe20w50 Prima XP. Dan rekomendasinnya sampe 8000-10000 km GAn..
Uji roadtest itu uji kemampuan olimesin di jalan raya sesungguhnya untuk meliht drain intervalnya. setiap 500-1000 km diuji di Lab.ttg 10-11 karaktersitik oli mesin dan kandungan aus logam. Sebelumnya mesin mobil distandarin dulu, Gan komponen2, kompresinya dll
kantor ane pernah uji Roadtest innova, panther, motor 4tak dll. semuanya utk peneltian.Gan...
Ok gan..



iya sih ane pernah pake prima xp sampai km 6000an masih tetep enak2 aja.

tapi kata orang2 supaya aman sekarang ganti oli disuruh di km 5000an aja, katanya karena jalanan udah sering macet di mana2.

Mau berbagi info
Shell Helix ultra lagi ada promo pake cc mandiri
beli 2 liter gratis 2 liter
mayan jatuhnya shell helix ultra 4 liter jadi cuma 350rb an
promonya cuma sampai tanggal 15 mei
gan ane mau nanya,
ane kan punya rush,jarang ane pake kira2 baru 4000-an km,
blm pernah ganti oli padahal bentar lagi mau 1 thn (2 bln lagi). pas dulu service pertama dibilangin org bengkelnya sih pas udh 5000 km aja ganti oli.nah itu gmn gan?mau 1 thn blm ganti oli tapi jarang di pake, kira2 gpp mesinnya?
Quote:Original Posted By hitzo
gan ane mau nanya,
ane kan punya rush,jarang ane pake kira2 baru 4000-an km,
blm pernah ganti oli padahal bentar lagi mau 1 thn (2 bln lagi). pas dulu service pertama dibilangin org bengkelnya sih pas udh 5000 km aja ganti oli.nah itu gmn gan?mau 1 thn blm ganti oli tapi jarang di pake, kira2 gpp mesinnya?


gw sih denger2 dan baca2 walopun oli blom sampe 5000 km ato misal ny 10rb km, tapi uda 6 bulan disarankan ganti.. ngga tau kenapa.. mgkn penurunan kualitas oli itu sendiri di dalem mesin..
jdi ya mending diganti kl ya.. jgn sampe hemat duit kecil jd kluar duit gede

klo gw sendiri sih 2 bulan sekali ganti oli nya, tiap hari ngukur jalan soalnya
Quote:Original Posted By aka3nov


gw sih denger2 dan baca2 walopun oli blom sampe 5000 km ato misal ny 10rb km, tapi uda 6 bulan disarankan ganti.. ngga tau kenapa.. mgkn penurunan kualitas oli itu sendiri di dalem mesin..
jdi ya mending diganti kl ya.. jgn sampe hemat duit kecil jd kluar duit gede

klo gw sendiri sih 2 bulan sekali ganti oli nya, tiap hari ngukur jalan soalnya

ok gan thanks ya, mau ganti oli aja dah meskipun jarang di pake.
ikut nanya dong, kalo buat carnival diesel yang recomended pake oli merk apa yaaa agan2 sekalian ?
Quote:Original Posted By hitzo
gan ane mau nanya,
ane kan punya rush,jarang ane pake kira2 baru 4000-an km,
blm pernah ganti oli padahal bentar lagi mau 1 thn (2 bln lagi). pas dulu service pertama dibilangin org bengkelnya sih pas udh 5000 km aja ganti oli.nah itu gmn gan?mau 1 thn blm ganti oli tapi jarang di pake, kira2 gpp mesinnya?


tergantung olinya juga. kalau yang synthetic bisa lebih lama ga harus 6 bulan ganti.

TIPS GANTI OLI MOBIL JARANG PAKAI

Quote:Original Posted By hitzo
gan ane mau nanya,
ane kan punya rush,jarang ane pake kira2 baru 4000-an km,
blm pernah ganti oli padahal bentar lagi mau 1 thn (2 bln lagi). pas dulu service pertama dibilangin org bengkelnya sih pas udh 5000 km aja ganti oli.nah itu gmn gan?mau 1 thn blm ganti oli tapi jarang di pake, kira2 gpp mesinnya?


Begini gan ceritanye , kenape mobil jarang dpake juga kudu diperatiin olinya. En kenapa olinya juga bisa rusak padahal mobil ga dijalanin.

Ada 2 faktor penyebab oli mesin berkurang mutunya (rusak) sehingga mngurangi kinerja mesin:
1- Faktor fisika- pengaruh tekanan ,gesekan, suhu dsb. yg membuat oli menurun kualitasnya. (normal service)
2-Faktor Kimia-pengaruh senyawa kontaminan seperti air, bahan bakar, aus logam mesin yang membuat oli mesin terdegradasi karena reaksi kimia senyawa2 tersebut. (severe service).
Yang pertama desbut normal service, maksudnya efek fisik biasanya terjadi saat kendaraan dipakai secara "normal" yakni dipakai rutin , setiap hari , jarak relatif jauh >15 Km , relatif ga kena macet, perjlanan lancar di TOL dsb.
Pada kondisi ini relatif sebenarnya oli mesin dapat dipakai sesuai "umurnya". Misalnya oli mineral 3000-4000 km, semi 7000-8000km sintetis diatas 10000 km.
Yg kedua disebut severe service, maksudnya efek reaksi kimia oli mesin berpotensi terjadi karena adanya air, bahan bakar, aus logam yg disebabkan berkendara secara: stop n go driving (macet), jarang dipake, dipake hanya jarak pendek, kondisi berdebu, polusi , beban berat dsb.
Pada kondisi berkendara seperti ini kemungkinan munculnya air dan bbm bisa terjadi dalam mesin. air max. dlm oli mesin hanya 0.2% vol. air biasnya terjadi krn proses kodensasi udara masuk dan terperangkap dalm oli mesin dan tdk bisa teruapkan krn mesin mobil masih rendah suhunya karena berjaln jarak pendek. untuk mobil berjalan jarak jauh, air bisa teruapkan lewat PCV. (+cranckase ventilation)

Spoiler for PCV-ventilasi mesin:


BBM masuk ke dalam oli mesin biasanya terjadi saat berkendara stop go driving. Kondisi macet atau mobil yg berjalan jarak pendek , biasanya proses pembakaran terjadi pada kondisi "kaya BBM". nah ada sebagian bbm yg tdk terbakar masuk lewat liner piston ke dalam oli mesin. BBM dalam oli max 5% vol. Air dan BBM adalah senyawa efektif penghancur aditif oli mesin .ditambah adanya aus logam yg berperan sebagai katalis akan mempercepat rusaknya aditif oli mesin. hal Inilah yg jadi pertimbangan kenapa mobil jarang diapake harus lebih cepat ganti oli dibandingakan normal service (dlam ukuran jarak). Kalau normal service ganti oli 4000 km. kondisi severe service kira2 separonya.
Oli mesin modern saat ini bisa bertahan sampai 2-3 tahun , tapi tentu dengan persyaratan misalnya desain dan kondisi mesin serta bahan bakar yang dpakai (eur03 dan 4). oli mesin misal spek . kode VW 502.00 drain intervalnya (15000 km – 1 th)
VW 503.00 (30000-2th), kode MB 229 (15 - 30000 km 1 - 2 th),
MB 229.3 (15 - 30000 km 1 - 2 th),MB 229.5 (25 - 50000 km. 1 - 3 th),

Kesimpulannya kalau ingin tetp terjaga kondisi mesinnya , kendaraan jarang pake mesti cepet diganti olinya. Ukurannya separo dr ganti normal (dlam km) atau 6-12 bulan. Kalo waktu memang sangat relatif tergantung desain, kondisi mesin, jenis - oli sintetis lebih lama krn relatif sdikit aditif nya dsb.

Kalo oli masih dalam sgel botol bisa 3-5 tahun. Tapi tergantung kondisi penyimpenan..

Itu dulu gan..

mfuad

motto:

memasyarakatkan pelumas bermutu, melumasi masyarakat dg ilmu pelumas bermutu

oli rekomendasi untuk jazz 2004 idsi manual

salam superr gan,,
mw tanya gan..ane newbie niyy dlh hal perolian..mobil ane jazz'04 rncananya mo ganti oli ni (odometer uda 5700km) trakhir di cek kondisi oli sdh mnghitam dan agak encer..bagus ga si kyk gt?
trakhir ganti pake fastron 10w-40 API SL..rncana mo ganti fastron 10w-40 jg tapi API SM..mnrt agan uda cocok lum olinya? ato ada rekomendasi lain?
sbg info ini mobil dipake sminggu skali dan ud prna bwt mudik ke smarang-jkt PP skitr 1200km..mesin si alus suaranya..bensin standar jazz irit.
tks gan

OLI UTK MESIN DISEL

Quote:Original Posted By daimlerbenz673
ikut nanya dong, kalo buat carnival diesel yang recomended pake oli merk apa yaaa agan2 sekalian ?

Coba cari, merknya si apa aja , tapi yg penting kode APInya CI4 SAE15w40 GAn!
moblnya belum pake pdf kan GAn..???


mfuad
Quote:Original Posted By GazBux
salam superr gan,,
mw tanya gan..ane newbie niyy dlh hal perolian..mobil ane jazz'04 rncananya mo ganti oli ni (odometer uda 5700km) trakhir di cek kondisi oli sdh mnghitam dan agak encer..bagus ga si kyk gt?
trakhir ganti pake fastron 10w-40 API SL..rncana mo ganti fastron 10w-40 jg tapi API SM..mnrt agan uda cocok lum olinya? ato ada rekomendasi lain?
sbg info ini mobil dipake sminggu skali dan ud prna bwt mudik ke smarang-jkt PP skitr 1200km..mesin si alus suaranya..bensin standar jazz irit.
tks gan


Pake yg API SL aja GAn. API SM kandungan anti ausnya dikurangi sampe 800 ppm. kalo yg SL masih 1000ppm. mobil Agan pake konverter??
Quote:Original Posted By spesializedd


-cut-

sekalian mau nanya nih ane punya mobil BMW 320i th 95 biasanya make oli Elf Competition SM 10w-40 so far so good sih, tetapi apakah ini oli cocok untuk mobil saya yg sudah berumur??

atau mungkin ada recommend lain?


klo ada yg API SL lebih bagus Gan, coz anti-wear additif (ZDPP) masih mpe 1000 ppm, sedangkan yg SM malah dipangkas cuma 800 ppm,,
Quote:Original Posted By mfuad


Pake yg API SL aja GAn. API SM kandungan anti ausnya dikurangi sampe 800 ppm. kalo yg SL masih 1000ppm. mobil Agan pake konverter??


i second that Gan,,bener2 Suhu Oli neh,,manteb,,
Quote:Original Posted By mfuad


Begini gan ceritanye , kenape mobil jarang dpake juga kudu diperatiin olinya. En kenapa olinya juga bisa rusak padahal mobil ga dijalanin.

Ada 2 faktor penyebab oli mesin berkurang mutunya (rusak) sehingga mngurangi kinerja mesin:
1- Faktor fisika- pengaruh tekanan ,gesekan, suhu dsb. yg membuat oli menurun kualitasnya. (normal service)
2-Faktor Kimia-pengaruh senyawa kontaminan seperti air, bahan bakar, aus logam mesin yang membuat oli mesin terdegradasi karena reaksi kimia senyawa2 tersebut. (severe service).
Yang pertama desbut normal service, maksudnya efek fisik biasanya terjadi saat kendaraan dipakai secara "normal" yakni dipakai rutin , setiap hari , jarak relatif jauh >15 Km , relatif ga kena macet, perjlanan lancar di TOL dsb.
Pada kondisi ini relatif sebenarnya oli mesin dapat dipakai sesuai "umurnya". Misalnya oli mineral 3000-4000 km, semi 7000-8000km sintetis diatas 10000 km.
Yg kedua disebut severe service, maksudnya efek reaksi kimia oli mesin berpotensi terjadi karena adanya air, bahan bakar, aus logam yg disebabkan berkendara secara: stop n go driving (macet), jarang dipake, dipake hanya jarak pendek, kondisi berdebu, polusi , beban berat dsb.
Pada kondisi berkendara seperti ini kemungkinan munculnya air dan bbm bisa terjadi dalam mesin. air max. dlm oli mesin hanya 0.2% vol. air biasnya terjadi krn proses kodensasi udara masuk dan terperangkap dalm oli mesin dan tdk bisa teruapkan krn mesin mobil masih rendah suhunya karena berjaln jarak pendek. untuk mobil berjalan jarak jauh, air bisa teruapkan lewat PCV. (+cranckase ventilation)

Spoiler for PCV-ventilasi mesin:


BBM masuk ke dalam oli mesin biasanya terjadi saat berkendara stop go driving. Kondisi macet atau mobil yg berjalan jarak pendek , biasanya proses pembakaran terjadi pada kondisi "kaya BBM". nah ada sebagian bbm yg tdk terbakar masuk lewat liner piston ke dalam oli mesin. BBM dalam oli max 5% vol. Air dan BBM adalah senyawa efektif penghancur aditif oli mesin .ditambah adanya aus logam yg berperan sebagai katalis akan mempercepat rusaknya aditif oli mesin. hal Inilah yg jadi pertimbangan kenapa mobil jarang diapake harus lebih cepat ganti oli dibandingakan normal service (dlam ukuran jarak). Kalau normal service ganti oli 4000 km. kondisi severe service kira2 separonya.
Oli mesin modern saat ini bisa bertahan sampai 2-3 tahun , tapi tentu dengan persyaratan misalnya desain dan kondisi mesin serta bahan bakar yang dpakai (eur03 dan 4). oli mesin misal spek . kode VW 502.00 drain intervalnya (15000 km – 1 th)
VW 503.00 (30000-2th), kode MB 229 (15 - 30000 km 1 - 2 th),
MB 229.3 (15 - 30000 km 1 - 2 th),MB 229.5 (25 - 50000 km. 1 - 3 th),

Kesimpulannya kalau ingin tetp terjaga kondisi mesinnya , kendaraan jarang pake mesti cepet diganti olinya. Ukurannya separo dr ganti normal (dlam km) atau 6-12 bulan. Kalo waktu memang sangat relatif tergantung desain, kondisi mesin, jenis - oli sintetis lebih lama krn relatif sdikit aditif nya dsb.

Kalo oli masih dalam sgel botol bisa 3-5 tahun. Tapi tergantung kondisi penyimpenan..

Itu dulu gan..

mfuad

motto:

memasyarakatkan pelumas bermutu, melumasi masyarakat dg ilmu pelumas bermutu



nambah ilmu lagi
Quote:Original Posted By mfuad


-cut-

Oli mesin modern saat ini bisa bertahan sampai 2-3 tahun , tapi tentu dengan persyaratan misalnya desain dan kondisi mesin serta bahan bakar yang dpakai (eur03 dan 4). oli mesin misal spek . kode VW 502.00 drain intervalnya (15000 km – 1 th)
VW 503.00 (30000-2th), kode MB 229 (15 - 30000 km 1 - 2 th),
MB 229.3 (15 - 30000 km 1 - 2 th),MB 229.5 (25 - 50000 km. 1 - 3 th),

-cut-



indonesia punya 2 merk loh yang masuk aproval sheet-nya MB 229.5, yaitu pertamina fastron gold 5w-30 api sn ama BM gold 5w-30 api sn

terakhir bulan lalu ane beli fastron gold 5w-30 rp 128rb per liter di spbu kuningan jakarta,,
menurut ane lumayan masuk value for penny ni oli,,beberapa merk oli yg masuk approval sheet MB 229.5 laen harganya relatif lebih mahal dari yg satu ini, ato merk-nya ada di indonesia tapi spesifik jenisnya susah ditemukan di pasaran,,

btw ane bukan sales fastron loh
nice thread gan, lumayan buat pengetahuan juga


mampir ke thread ane ini gan :

http://www.kaskus.co.id/post/517deda...2acff35c000009
go go
×