KASKUS

Quote:Original Posted By clay.keys


Emang kelebihan klewang apa ya? Kok bs dijadiin deterjen gt? :
Khan cuma KCR, nimpuk rudal trus balik... Malah cenderung defensif bgt nih doktrin operasinya


negara ASEAN mana yang sudah bisa BUAT yang model STEALTH ?
CUMA ? kalo agan bisa buat coba di compare sama KLEWANG ...

bold green : anda tau dari mana abis nimpuk rudal terus balik ? anda PANGLIMA PERANG atau KOMANDAN ? namanya perang pasti punya strategi mas bro .. kalo anda bilang seperti itu berarti anda sama saja berfikir TNI AL tidak bisa merencanakan strategi perang tentunya dan anda sama saja meremehkan TNI AL dalam komen agan ... menurut saya saja loh ...
maaf ya ...

Quote:Original Posted By black_hawk_down


stealth itu apa cuman dari bentuknya aja?bahannya??

dari namanya aja udah ketauan kok KCR

ya pasang C-705 dong


^^^^
kalo tanya tentang bentuk sudah pasti .. link..

Quote:TEMPO.CO, Banyuwangi - PT Lundin Industry Invest, perusahaan pembuat kapal perang asal Banyuwangi, Jawa Timur, akan memulai pembuatan KRI Klewang kedua pada Januari 2013. "Semoga awal 2013 bisa dimulai," kata Direktur PT Lundin, Lizza, dalam pesan pendeknya, Kamis, 20 Desember 2012.

Menurut Lizza, KRI Klewang kedua akan dibuat dengan bahan yang sama dengan yang digunakan saat pembuatan KRI Klewang pertama, yakni komposit karbon. Namun dilengkapi dengan teknologi anti terbakar sehingga diharapkan peristiwa kebakaran yang menimpa KRI Klewang pertama tidak terulang.

Lizza enggan menjelaskan secara detail mengenai desain dan asal bahan yang akan dipakai dalam pembuatan KRI Klewang kedua. "Masih rahasia," ujarnya.

KRI Klewang 625 yang merupakan proyek pertama pesanan TNI Angkatan Laut terbakar Jumat sore, 28 September 2012 lalu. Hasil penyelidikan PT Lundin menyebutkan terbakarnya kapal tersebut karena korsleting listrik saat pemasangan mesin dan instalasi listrik dari galangan ke kapal.

Kepala Dinas Penerangan Komando Armada Timur Surabaya, Letnan Kolonel Yayan Sugiana, menolak berkomentar ihwal pembuatan KRI Klewang dua. Yayan beralasan kewenangan pengadaan alutsista ada di Kementerian Pertahanan. "Saya tidak berhak menjawab, karena kami hanya sebagai pengguna," ucapnya.

KRI Klewang 625 sebelumnya didesain sebagai kapal cepat rudal berlambung tiga (trimaran). Kapal yang dibangun dengan biaya Rp 114 miliar ini menggunakan teknologi mutakhir berbahan komposit karbon.

PT Lundin mengklaim teknologi komposit karbon merupakan yang pertama di Asia. Kelebihannya, kapal lebih ringan dan irit bahan bakar sehingga bisa melesat denga kecepatan hingga 30 knot.

Perusahaan itu memulai pembuatan Klewang pada 2007 dengan melakukan riset ke sejumlah negara. Pembuatannya baru dilakukan pada 2009. Proyek ini didanai APBN 2009 hingga APBN 2011 senilai total Rp 114 miliar.

Namun sebelum Klewang dioperasikan oleh TNI AL, kapal sepanjang 63 meter itu terbakar hebat hingga ludes. TNI AL menilai insiden itu menjadi tanggung jawab PT Lundin karena belum diserahterimakan kepada TNI AL.

link..


sayangnya pemberitaan ini kurang diminati oleh penggerutu dan pencemooh produk dalam negri di forum militer ini..
ane tetep mendukung produksi dalam negri meski bata dan hujatan terus di lontarkan.. tapi ane tetap akan netral dan tidak chauvinist tentang produk nya, kalau jelek ya di bilang jelek dan harus di kasih motivasi agar bias g jelek lagi supaya bisa bagus di negri 1001 prototype ini ...
Quote:Original Posted By 412hiukencana


negara ASEAN mana yang sudah bisa BUAT yang model STEALTH ?
CUMA ? kalo agan bisa buat coba di compare sama KLEWANG ...

bold green : anda tau dari mana abis nimpuk rudal terus balik ? anda PANGLIMA PERANG atau KOMANDAN ? namanya perang pasti punya strategi mas bro .. kalo anda bilang seperti itu berarti anda sama saja berfikir TNI AL tidak bisa merencanakan strategi perang tentunya dan anda sama saja meremehkan TNI AL dalam komen agan ... menurut saya saja loh ...
maaf ya ...


ga bikin bukan berarti ga bisa
kembali lagi strateginya ngandelin apa, dan doktrin militernya gimana

kalau kita kan ga punya payung udara yang mumpuni, jadi dicobalah bikin kapal yang bisa menghindari radar seperti Klewang ini, dengan speed yang cepat juga, bukan meremehkan loh, ya memang begitu taktik tempur kapal seperti Klewang, ga keliatan nimpuk abis itu kabur

kalo negara lain mungkin taktiknya berbeda, sistemnya terpadu ga gado2 kayak kita, battlefield awareness tinggi, jadi mengandalkan kapal yang lebih besar dan modern, yang bisa bawa sensor canggih sama misil pertahanan udara, bikin payung udara untuk kawan2nya

Quote:sayangnya pemberitaan ini kurang diminati oleh penggerutu dan pencemooh produk dalam negri di forum militer ini..
ane tetep mendukung produksi dalam negri meski bata dan hujatan terus di lontarkan.. tapi ane tetap akan netral dan tidak chauvinist tentang produk nya, kalau jelek ya di bilang jelek dan harus di kasih motivasi agar bias g jelek lagi supaya bisa bagus di negri 1001 prototype ini ...


ai minat kok berita gini
intinya Klewang ini bagus, cocok buat kita, tapi jangan bikin 1 atau 2 aja

itu China berapa Klewangnya, hampir 200an
Quote:Original Posted By checksix

ai minat kok berita gini
intinya Klewang ini bagus, cocok buat kita, tapi jangan bikin 1 atau 2 aja

itu China berapa Klewangnya, hampir 200an


200an? Itu trimaran semua? google dulu ah...
Quote:Original Posted By budjem


ya nasib om

hancur - kebakar

btw emang bener ya si klewang itu stelath???terus kalo misal masih ada mau di kasih gigi apa to??


blm sempat d test soal stealthny, udh keburu gosong duluan. jd blm batel prupen
Quote:Original Posted By checksix


ga bikin bukan berarti ga bisa
kembali lagi strateginya ngandelin apa, dan doktrin militernya gimana

kalau kita kan ga punya payung udara yang mumpuni, jadi dicobalah bikin kapal yang bisa menghindari radar seperti Klewang ini, dengan speed yang cepat juga, bukan meremehkan loh, ya memang begitu taktik tempur kapal seperti Klewang, ga keliatan nimpuk abis itu kabur

kalo negara lain mungkin taktiknya berbeda, sistemnya terpadu ga gado2 kayak kita, battlefield awareness tinggi, jadi mengandalkan kapal yang lebih besar dan modern, yang bisa bawa sensor canggih sama misil pertahanan udara, bikin payung udara untuk kawan2nya


ai minat kok berita gini
intinya Klewang ini bagus, cocok buat kita, tapi jangan bikin 1 atau 2 aja

itu China berapa Klewangnya, hampir 200an


bold : yups ... agan tau berapa jarak C-705 ? Klewang ini kalau tidak salah di gunakan untuk perairan dangkal , betul ? ingat pulau nipah ?

berapa jarak dari pulau nipah ke perbatasan ?

look at this ..



oke check this ..





anggap saja Klewang jaga di situ jagain perbatasan yaa ..

mau hit and run ? yang jagain pulau siaaaapa ? eyang subur ?

masih ada doktrin nembak langsung kabur buat klewang di forum ini?

jawabannya : ada dan tergantung situasi dan kondisi ...

hadiah buat agan ..

Quote:Original Posted By 412hiukencana


negara ASEAN mana yang sudah bisa BUAT yang model STEALTH ?
CUMA ? kalo agan bisa buat coba di compare sama KLEWANG ...

bold green : anda tau dari mana abis nimpuk rudal terus balik ? anda PANGLIMA PERANG atau KOMANDAN ? namanya perang pasti punya strategi mas bro .. kalo anda bilang seperti itu berarti anda sama saja berfikir TNI AL tidak bisa merencanakan strategi perang tentunya dan anda sama saja meremehkan TNI AL dalam komen agan ... menurut saya saja loh ...
maaf ya ...



^^^^
kalo tanya tentang bentuk sudah pasti .. link..



sayangnya pemberitaan ini kurang diminati oleh penggerutu dan pencemooh produk dalam negri di forum militer ini..
ane tetep mendukung produksi dalam negri meski bata dan hujatan terus di lontarkan.. tapi ane tetap akan netral dan tidak chauvinist tentang produk nya, kalau jelek ya di bilang jelek dan harus di kasih motivasi agar bias g jelek lagi supaya bisa bagus di negri 1001 prototype ini ...


la klo bukan nimpuk trus balik lg lalu gmn? itu jg klo nggk keburu d timpuk duluan. la wong platform yg ad cmn itu2 aj.
Quote:Original Posted By princeville


la klo bukan nimpuk trus balik lg lalu gmn? itu jg klo nggk keburu d timpuk duluan. la wong platform yg ad cmn itu2 aj.


ente nyamain clurit class pas hit and run ya ?

ente bisa jelasin berapa cepat clurit class dan Klewang balik 180 drajat ?

kalo Klewang langsung balik 180 bisa ?

coba dong kasih bukti ...
Quote:Original Posted By 412hiukencana


bold : yups ... agan tau berapa jarak C-705 ? Klewang ini kalau tidak salah di gunakan untuk perairan dangkal , betul ? ingat pulau nipah ?

berapa jarak dari pulau nipah ke perbatasan ?

look at this ..



oke check this ..





anggap saja Klewang jaga di situ jagain perbatasan yaa ..

mau hit and run ? yang jagain pulau siaaaapa ? eyang subur ?

masih ada doktrin nembak langsung kabur buat klewang di forum ini?

jawabannya : ada dan tergantung situasi dan kondisi ...

hadiah buat agan ..



maksudnya hubungan Klewang, C-705 sama pulau Nipah gimana
Nda ngerti ai, Klewang disuruh jagain pulau Nipah?

Klewang untuk daerah pesisir/litoral, mungkin itu maksudnya dangkal ya gan?
Quote:Original Posted By checksix


maksudnya hubungan Klewang, C-705 sama pulau Nipah gimana
Nda ngerti ai, Klewang disuruh jagain pulau Nipah?

Klewang untuk daerah pesisir/litoral, mungkin itu maksudnya dangkal ya gan?


tadi di atas ada yang bold KCR, R yang di bold itu berarti riudal, rudal yang akan di pasang kan c-705 ...

jarak C705 sampe mana kalo di terbangin dari pulau nipah ? jarak dari pulau nipah ke perbatasan berapa jauh ? defense ? bisa tentunya ? nyerang ? bisa juga lah, kan multirole ..

aduh harus di pertegas .. fotonya g di cerna cuma di lihat BAGUS atau INDAH nya saja tapi tidak dipahami apa yang tersirat .. sayang sekali ...
Quote:Original Posted By 412hiukencana


tadi di atas ada yang bold KCR, R yang di bold itu berarti riudal, rudal yang akan di pasang kan c-705 ...

jarak C705 sampe mana kalo di terbangin dari pulau nipah ? jarak dari pulau nipah ke perbatasan berapa jauh ? defense ? bisa tentunya ? nyerang ? bisa juga lah, kan multirole ..

aduh harus di pertegas .. fotonya g di cerna cuma di lihat BAGUS atau INDAH nya saja tapi tidak dipahami apa yang tersirat .. sayang sekali ...


cara defensenya gimana?
cara nyerangnya gimana?

terangin donk gan
Quote:Original Posted By checksix


cara defensenya gimana?
cara nyerangnya gimana?

terangin donk gan




singapur sudah ada ini ... jangan males, cari sendiri di gugel, kalo g mau cari sewa pembantu buat sercing di google..
Quote:Original Posted By 412hiukencana




singapur sudah ada ini ... jangan males, cari sendiri di gugel, kalo g mau cari sewa pembantu buat sercing di google..


oo jadi maksudnya nyuruh Klewang lawan itu

Emang bisa ya? gapapa tuh kapal lawan MLRS?
Quote:Original Posted By checksix


oo jadi maksudnya nyuruh Klewang lawan itu

Emang bisa ya? gapapa tuh kapal lawan MLRS?


qo lawan itu ?



mending lawan eyang subur gan ...
Quote:Original Posted By 412hiukencana


qo lawan itu ?



mending lawan eyang subur gan ...


lha kan gambarnya roket ya lawan roket donk, maksude piye toh?

kan tugasnya Klewang kata agan tadi jaga pulau Nipah
Quote:Original Posted By checksix


lha kan gambarnya roket ya lawan roket donk, maksude piye toh?

kan tugasnya Klewang kata agan tadi jaga pulau Nipah


makanya baca dari atas ...

itu buat tempat yang dangkal saja ...
bold : milsalnya saja gan ...

anak SD tanya gw : roket itu isinya apa sih ? dan pertanyaan anak SD itu lebih berbobot dari pertanyaan agan ..



Quote:Original Posted By 412hiukencana


qo lawan itu ?



mending lawan eyang subur gan ...


pala izza ikut sakit liat gif nya....
Quote:Original Posted By 412hiukencana


makanya baca dari atas ...

itu buat tempat yang dangkal saja ...
bold : milsalnya saja gan ...

anak SD tanya gw : roket itu isinya apa sih ? dan pertanyaan anak SD itu lebih berbobot dari pertanyaan agan ..





mang roketnya isi apa?
kok tempatnya Klewang dangkal gan? ga bisa yang lebih dalem?

Quote:Original Posted By raisa_farizza


pala izza ikut sakit liat gif nya....


fans jim carrey dia kaka

Quote:Original Posted By raisa_farizza


pala izza ikut sakit liat gif nya....


sebelum besok masuk kalo mba izza pusing kan bisa minta pijit sang suami tercinta ..
hahaha...percakapan yang 'seru' dan menegangkan

Kalo saya boleh menengahi. Point yang saya tangkap begini:

checksix ngomongin soal taktik perang KRI Klewang sebagai KCR yang hit-and-run.
412hiukencana ingin menyatakan kalo taktik KCR itu ga selalu run-and-go, tapi tergantung si pembuat strategi.
Perhatiin juga, udah sama2 tau bahwa R di KCR itu merujuk ke C-705.

Sekarang just ignore "roket-roketan"-nya.

Menurut saya begitu
Quote:Original Posted By loneAbe
hahaha...percakapan yang 'seru' dan menegangkan

Kalo saya boleh menengahi. Point yang saya tangkap begini:

checksix ngomongin soal taktik perang KRI Klewang sebagai KCR yang hit-and-run.
412hiukencana ingin menyatakan kalo taktik KCR itu ga selalu run-and-go, tapi tergantung si pembuat strategi.
Perhatiin juga, udah sama2 tau bahwa R di KCR itu merujuk ke C-705.

Sekarang just ignore "roket-roketan"-nya.

Menurut saya begitu


jangan tegang2 ah, biasa aja bercanda

kira2 kalo agan bilang Klewang itu klasifikasinya apa, patrol boat, FAC, corvette apa frigat?