herotAvatar border
TS
herot
Wuih, Skripsi Mahasiswa UGM Masuk Jurnal Internasional

Foto : Hasil penelitian Arista Handayani/UGM

JAKARTA - Program pertukaran pelajar menjadi kesempatan bagi para mahasiswa mencicipi kehidupan akademis maupun budaya masyarakat di negara berbeda. Tidak ingin membuang kesempatan, program pertukaran pelajar pun dimanfaatkan Arista Handayani untuk menyelesaikan penelitian bahkan mencatatkannya dalam jurnal internasional.

Arista merupakan mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang pertama kali berhasil melakukan pertukaran pelajar dan skripsi di Chubu University, Jepang sejak Maret 2012 hingga Februari lalu. Tidak hanya itu, hasil penelitian mahasiswa angkatan 2008 itu pun masuk dalam jurnal internasional Plant and Cell Physiology.

Dalam penelitiannya, Arista melakukan riset mengenai Biologi molekuler pada tanaman Arabidopsis thaliana. Penelitian ini berfokus pada daun dan gen apa saja yang berperan pada tanaman dari famili Brassicaceae itu.

Tadinya, UGM akan mengirimkan dua perwakilan untuk program tersebut. Namun, setelah menjalani seleksi administrasi dan akademik, hanya Arista yang lolos mengikuti student exchange yang didanai oleh JASSO Scholarships tersebut.

Menurut Arista, penelitian di bawah bimbingan Chiyoko Machida (Chubu) dan Endang Semiarti (Fakultas Biologi UGM) itu merupakan penelitian murni tentang efek gen pada tanaman. Ke depan, penelitian itu bisa diterapkan kepada jenis tanaman lainnya.

Perubahan tersebut, lanjutnya, memungkinkan tanaman memiliki daun yang berbeda dari yang sudah ada. “Misalnya mengenai perubahan bentuk daun dari normal menjadi daun yang berbentuk jarum atau berserabut,” urai mahasiswi kelahiran Banten, 26 Oktober 1989 itu.

okezone

Quote:
Diubah oleh herot 21-03-2013 13:00
0
4.6K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan