KASKUS

Poll: bergunakah trid ini untuk anda.?

berguna bgt..thx y 70% (735 votes)
lumayan lah.. berguna.. 21% (225 votes)
ga.. 3% (30 votes)
ga bgt..sok tau lu..sombonk!!!!! 4% (41 votes)
kagak..gw benci dr..mati aja lo.. 5% (55 votes)
Voter: 1056 Back to polling
Quote:Original Posted By darkangel27
Ijin tanya gan, akhr feb kmrn kan ane mcu di slh satu bumn nah, trnyta sgot sgpt sya agak tinggi 55/85, nah hbs itu sya disarankn usg abdomen dan hasilnya kata dokter saya kena fatty liver, hsl knsltsi sma doktr ktnya sya hrs mengurangi gorengan, karbohidrat, santan, jeroan, pokoknya yg enak2 deh gan , sya disurh bnyk mkn buah, sayur sma makanan tinggi protein.nah yg pngen ane tanyakn tuh, misalkan lemak di liver ane kgk bsa ilang smwa apakah mngkn ane pnya nilai sgot/sgpt yg norml(<37/40) krna jujur ane stress jga gan bbrp kli tes kerjaan udh smpe mcu selalu gagal coz sgot/sgpt g bsa normal, dan juga apakah mngkonsumsi susu tinggi protein sebangsa l-men ato wrp itu boleh untk pndrta fatty liver? Makasih banyak untk jwbnnya gan/ganwati


selaen mengurangi konsumsi makanan yg agan sebutkan diatas(alkohol jg),olahraga dan minum obat2an golongan statin gan,untuk konsumsi susu boleh aja koq gan...

CMIIW
Quote:Original Posted By Skywalk3rz
Kenapa ya, tangan saya yang sblh kanan suka kayak terasa terbakar?
Dari daerah lipatan tangan sampe ke pergelangan tangan, kdg bisa trasa di jari..
rasanya itu campur aduk antara terbakar dan keadaan spt "habis kesemutan". Pundak trasa pegal. Saya cowok usia 22 tahun, aktifitas tinggi.


Apa agan sering mikul barang dipundah kanan ya?
aktivitas tinggi itu bagaimnaa? tolong diperjelas lebih detail lagi.
Kemungkinan ada hubungannya dengan saraf nya gan.
Kalau boleh tau pekerjaannya apa?
Quote:Original Posted By tx2490


ada yang nyewain ya gan?
ane gak tahu juga, mungkin bawah ane tahu....

Buat apaan emangnya?
Kalo buat periksa, di RS aja.
Kalu buat penelitain, di RS juga aja, yang penting ada administrasi nya.


Quote:Original Posted By hedy20


ga ada yg sewain begituan gan,kecuali agan kenal bener dengan pemiliknya,lgan ga semua org bisa mengoperasionalnya gan,spec alatnya beda2 jg hehehehe,klo mau beli yg ambulatoir ada tp harganya lumayan jg tuh


nanya lagi nih gan, katanya tmen ane yg bwat baca detak jantung ama bisa ngeprint aja gan (ECG / EKG Machine)

kira - kira alat kayak gitu bisa disewa dimana yah gan?
yg daerah jakarta kalo bisa gan

contoh gambarnya kurang lebih seperti ini gan
Spoiler for ECG:


terima kasih agan - agan smua nya yg mau jawab
Gan numpang nanya ane parno nih.

2 hari yang lalu ane lagi makan entah perasaan ane atau emang iya (takutnya) ane lagi ngunyah tiba-tiba kerasa ada benda yang kerasa keras terus ketelen. Ane takutnya itu stapler/staples.

Ane searching di google katanya bahaya banget klo benda kecil tersebut kalau ketelen. Katanya bisa karatan terus membusuk. Sumpah ane parno gan.

Semoga saja benda yang ketelen ane itu bukan staples/stapler.

Klo emang benda itu bersarang di perut ane apa yang harus ane lakukan gan ?

Plis HELP
Quote:Original Posted By ayescientis
Gan numpang nanya ane parno nih.

2 hari yang lalu ane lagi makan entah perasaan ane atau emang iya (takutnya) ane lagi ngunyah tiba-tiba kerasa ada benda yang kerasa keras terus ketelen. Ane takutnya itu stapler/staples.

Ane searching di google katanya bahaya banget klo benda kecil tersebut kalau ketelen. Katanya bisa karatan terus membusuk. Sumpah ane parno gan.

Semoga saja benda yang ketelen ane itu bukan staples/stapler.

Klo emang benda itu bersarang di perut ane apa yang harus ane lakukan gan ?

Plis HELP


biar ga parno, kalau menurut gw sih mendingan sekarang agan langsung berangkat ke dokter dalam aja gan ..

jangan risih kalau yang namanya konsul sama dokter tuh gan, dan jangan pernah anggap penyakit kita sepele juga gan ..

mereka pasti akan sangat menghargai dan memahami ke khawatiran agan ..

dan semisal itu bukan apa2/ agan tuh baik2 saja kan lebih plong pastinya ..

soalnya kalau di thread ini kan ga bakalan bisa ronsen agan gan ..
Quote:Original Posted By blackslables




nanya lagi nih gan, katanya tmen ane yg bwat baca detak jantung ama bisa ngeprint aja gan (ECG / EKG Machine)

kira - kira alat kayak gitu bisa disewa dimana yah gan?
yg daerah jakarta kalo bisa gan

contoh gambarnya kurang lebih seperti ini gan
Spoiler for ECG:


terima kasih agan - agan smua nya yg mau jawab


emang dipinjam untuk apa bos kalo mau cek mah k rs ato lab langsung aja gtw y saya kl dipinjam mah kecuali ada alasan lain buat research ato apa gt..
Quote:Original Posted By hedy20


itu diproses dgn teknik telur dipanaskan dalam suhu 72-75 derajat Celcius selama 15-20 detik. (pastinya menggunakan alat pasteurisasi ato bisa dgn oven/microwave dgn pengatur suhunya) prosesnya hampir sama dgn susu pasteurisasi gan...


memangnya kenapa haru pada suhu tersebut dok, misalnya kalau 100 derajat kan lebih tinggi tuh suhunya, apa karena faktor kerusakan gizi mungkin dok ..

dan untuk prosesnya itu apakah setelah di pisahkan antara putih telur dengan kuningnya atau utuh dengan cangkang2nya dok ..

dan kalau boleh saya minta contoh pic alat pasturisasinya ga dok ..

& untuk cara pasturisasinya itu kalau misalnya dengna cara di rebus bagaimana dok .. dengan cara tersebut dala waktu dan suhu yang sama ..

kan ada tuh alat pengecek suhu khusus untuk dunia cooking dok ..

Quote:Original Posted By hedy20


selaen mengurangi konsumsi makanan yg agan sebutkan diatas(alkohol jg),olahraga dan minum obat2an golongan statin gan,untuk konsumsi susu boleh aja koq gan...

CMIIW


Makasih atas jawabannya gan, jdi sgot sgpt msh tetep bsa normal lgi ya gan? Nah itu betulkah klo lemak yg ada di hati ngak bsa hilang??
Quote:Original Posted By kalunggaezy


biar ga parno, kalau menurut gw sih mendingan sekarang agan langsung berangkat ke dokter dalam aja gan ..

jangan risih kalau yang namanya konsul sama dokter tuh gan, dan jangan pernah anggap penyakit kita sepele juga gan ..

mereka pasti akan sangat menghargai dan memahami ke khawatiran agan ..

dan semisal itu bukan apa2/ agan tuh baik2 saja kan lebih plong pastinya ..

soalnya kalau di thread ini kan ga bakalan bisa ronsen agan gan ..


kira2 biaya buat ke dokter spesialis dalam berapa ? terus ronsen nya juga ?
sejauh ini ane belum ngerasain apa2, cuman parno klo di inget2
misi gan numpang nanya

kenapa ya mata saya yang sebelah kanan lebih kecil dibanding yang sebelah kiri? mata saya yang sebelah kanan kelopak mata bagian atasnya agak turun, jadi tidak simetris. Padahal dari lahir sampai umur 18an mata saya tidak seperti ini, wajar2 saja. cuma 3 tahun belakangan jadi seperti ini.
oh iya usia saya 21
Quote:Original Posted By muinmyheart
misi gan numpang nanya

kenapa ya mata saya yang sebelah kanan lebih kecil dibanding yang sebelah kiri? mata saya yang sebelah kanan kelopak mata bagian atasnya agak turun, jadi tidak simetris. Padahal dari lahir sampai umur 18an mata saya tidak seperti ini, wajar2 saja. cuma 3 tahun belakangan jadi seperti ini.
oh iya usia saya 21


Kelihatannya ptosis ya gan?

Ptosis bisa disebabkan karena otot-otot yang menyangga kelopak mata bagian atas mengalami kelemahan. Bisa karena bawaan dari lahir (kongenital), kerusakan ototnya karena trauma/terbentur, kerusakan saraf yang mengontrol ototnya, atau bagian dari penyakit lain seperti diabetes, tumor otak, tumor paru (pancoast tumor), atau penyakit2 lain yang mengakibatkan kelemahan otot / gangguan saraf motorik (contohnya myathenia gravis). Inflamasi / peradangan pada ototnya juga bisa menimbulkan prosis. Untuk lebih jelas penyebabnya silahkan agan konsultasi dg dr. spesialis mata terdekat. Semoga cepat baik

cek sperma

Gan ane habis cek lab untuk sperma, dan ini hasil lab ane :

Quote:Makroskopis:
- Volume : 2.5
- Bau : Khas
-
- Warna : putih keabu-abuan
- pH : 8.0
- Liquefaksi : 58
- Viskositas : 1

Mikroskopis:
- Konsentrasi : 55.6
- Jumlah : 139
- 13.Progresive : 77
- 14. Non Progresive : 3
- 15. Immotile (IM) : 20
- Aglutinasi : (+1)Campuran
- Lekosit : 0.3
- Immature Germ cell : 0.6
- Viabilitas : -

Morfologi:
- Normal : 8
- abnormal : 92

Kesimpulan Spermatologi : Normozoospermia


Menurut agan itu normal atau tidak
Quote:Original Posted By semaun
Gan ane habis cek lab untuk sperma, dan ini hasil lab ane :



Menurut agan itu normal atau tidak


normal bos dr kesannya jg normozspermia kan..
Ane udah gak enak telinga dari sekitar 4 hari yang lalu, sakit
ehh, dari kemaren lusa jadi flu sama sakit tenggorokan, telinga jadinya suka setengah budeg, macem kalo naik gunung setelah flu,
akhirnya ane ke dokter tadi
dijelasin, amandelnya gede, tenggorokannya merah meraeh trus rhinitis apa gitu ane lupa
nah dokternya ngasi beberapa obat, sebelum ngasi obat tanya, ada alergi obat gak? saya jawab nggak,
ada maag gak? cukup berat dok
nahh, pas udah nebus obatnya, salah satu obatnya itu vioquin, isinya cipro
nah setau ane dulu gak kuat minum nih obat, muntah2, mungkin karna lambungnya gak kuat, dan akhirnya opnam, karna udah kelewat dehidrasi gara2 muntah2, dan biar bisa inject in antibiotiknya
yang ane mau tanyain:
ini yakin ane minum cipro nya?
ane takut gan
soalnya ane kalau udah masalah ama lambung, efeknya cukup wow
makasih gan jawabannya

Help

Teman2,

Istri gw lagi di rawat inap di salah satu rmh sakit di jkt sejak rabu lalu.

Sebenernya dia udah gak enak badan sejak sabtu lalu, hari minggu mulai panas badannya dan hari seninnya karena udah panas dan mual2, gw bawa ke ugd. Diambil tes darah dengan kecurigaan DB atau typus, tapi semuanya negatif... Abis itu disuruh pulang dengan obat sakit kepala, obat mual dan obat pilek.

Hari rabu pas gw pulang kerja, panasnya sampe 40'C, lsg kubawa ke UGD lagi dan lsg rawat inap utk keperluan observasi lanjutan, katanya.

Nah, masalahnya sampai hari ke-4 ini, dengan berbagai macam infus dan obat yg udah dikasih, yg dirasain istri gw sama aja dengan sebelum masuk dirawat.. Alias gak ada perbaikan, tetep mual-muntah, demam tinggi terutama kalo sore, dan menjelang malam.

Adapun obat2 yg dipake termasuk asering infus, farmadol, stabixin, cedantron dan hepamax. Sama tadi siang clinimix.

Terus terang gw bukan orang medis, tapi beberapa kali ngomong sama dokter yg ngerawat dan ngebahas hasil bloodwork etc yg tetap negatif dari DB atau typus, sepertinya dokternya juga gak bisa point out penyebab exact dari penyakit tsb. Cuma dibilang infeksi virus yang ngga specific, dan katanya gak perlu dicari definitif penyebab virusnya karena hanya bisa disembuhkan melalui recovery kondisi tubuh aja. Jadi approachnya ya cuma mengatasi demam aja, yg sampai hari ini tetep aja di waktu sore sampai malam, si pasien tetep demam tinggi seolah2 gak ada perubahan sama sebelum dirawat.

Pertanyaan gw sebagai orang yg awam di pidang penanganan medis, apakah normal appoach treatment spt itu... Krn dengan tidak adanya perubahan kondisi, si pasien secara psikis meragukan penanganan rs yg bersangkutan.

Mohon inputnya donk teman2...

Trims
Quote:Original Posted By ayescientis


kira2 biaya buat ke dokter spesialis dalam berapa ? terus ronsen nya juga ?
sejauh ini ane belum ngerasain apa2, cuman parno klo di inget2


.. ko malah tanya sama gw gan, soalnya rata2 beda2 tiap rumah sakit gan .. apalagi beda daerah .. kota besar sama kota kecil ..

tapi kalau di kota gw sih ya di Karawang, ada yang 85rb untuk rumah sakit swastanya dan juga ada yang 30rb untuk rumah sakit umum gan ..

kalau di rumah sakit umum ronsens lutut kemarin gw 60rbn gan biayanya ..

Quote:Original Posted By semaun
Gan ane habis cek lab untuk sperma, dan ini hasil lab ane :



Menurut agan itu normal atau tidak


Quote:Original Posted By jeffrijanuar


normal bos dr kesannya jg normozspermia kan..


dok kalau cek sperma itu buat apa sih ..
gan, ane barusan cek HEMATOLOGI sama WIDAL nih, bantuin nerjemahin dong
Quote:
HEMATOLOGI
DARAH LENGKAP
  • Hemoglobin = 15.30
  • Eritrosit = 5.22
  • Lekosit = 5.55


HITUNG JENIS
  • Basofil = 1
  • Eosinofil = 8
  • Batang = 0
  • Segmen = 37
  • Limfosit = 38
  • Monosit = 16
  • Hematokrit = 43.1


MCV-MCH-MCHC
  • MCV = 82.6
  • MCH = 29.3
  • MCHC = 35.5
    Trombosit = 257
    Laju Endapan darah = 10 mm/jam


IMUNOSEROLOGI
WIDAL
  • Salmonella Typhi O = Positif 1/160
  • Salmonella Parathyphi AO = Negatif
  • Salmonella Parathyphi BO = Positif 1/160
  • Salmonella Parathyphi CO = Negatif
  • Salmonella Thyphi H = negatif
  • Salmonella Parathyphi AH = negatif
  • Salmonella Parathyphi BH = negatif
  • Salmonella Parathyphi CH = negatif



yang bikin ane ngeri yang positif di atas itu gan
gan, kalau misalnya tipes itu liatnya dimana ya? nilainya berapa?
Quote:Original Posted By IronSix
Teman2,

Istri gw lagi di rawat inap di salah satu rmh sakit di jkt sejak rabu lalu.

Sebenernya dia udah gak enak badan sejak sabtu lalu, hari minggu mulai panas badannya dan hari seninnya karena udah panas dan mual2, gw bawa ke ugd. Diambil tes darah dengan kecurigaan DB atau typus, tapi semuanya negatif... Abis itu disuruh pulang dengan obat sakit kepala, obat mual dan obat pilek.

Hari rabu pas gw pulang kerja, panasnya sampe 40'C, lsg kubawa ke UGD lagi dan lsg rawat inap utk keperluan observasi lanjutan, katanya.

Nah, masalahnya sampai hari ke-4 ini, dengan berbagai macam infus dan obat yg udah dikasih, yg dirasain istri gw sama aja dengan sebelum masuk dirawat.. Alias gak ada perbaikan, tetep mual-muntah, demam tinggi terutama kalo sore, dan menjelang malam.

Adapun obat2 yg dipake termasuk asering infus, farmadol, stabixin, cedantron dan hepamax. Sama tadi siang clinimix.

Terus terang gw bukan orang medis, tapi beberapa kali ngomong sama dokter yg ngerawat dan ngebahas hasil bloodwork etc yg tetap negatif dari DB atau typus, sepertinya dokternya juga gak bisa point out penyebab exact dari penyakit tsb. Cuma dibilang infeksi virus yang ngga specific, dan katanya gak perlu dicari definitif penyebab virusnya karena hanya bisa disembuhkan melalui recovery kondisi tubuh aja. Jadi approachnya ya cuma mengatasi demam aja, yg sampai hari ini tetep aja di waktu sore sampai malam, si pasien tetep demam tinggi seolah2 gak ada perubahan sama sebelum dirawat.

Pertanyaan gw sebagai orang yg awam di pidang penanganan medis, apakah normal appoach treatment spt itu... Krn dengan tidak adanya perubahan kondisi, si pasien secara psikis meragukan penanganan rs yg bersangkutan.

Mohon inputnya donk teman2...

Trims


Setau saya, tes thypus (widal) itu baru kelihatan 5-7 hari setelah demam. Kecuali kalau tes pakai tubex test, bisa dideteksi pada hari 1-2 demam

Untuk DBD, pemeriksaan biasanya didasari pada hasil darah rutin, atau kalau mau lebih canggih, pakai IgG dan IgM untuk dengue.

Demam 40 derajat itu udah tinggi banget, jelas harus di observasi.

> Infus asering untuk ganti cairan + elektrolit, apalagi ada muntah.
> Farmadol itu obat demam. Biasanya selain pake farmadol diminta dibantu pake kompres aer anget di seluruh badan untuk menurunkan demam.
> Stabixin : antibiotik, karena ada kecurigaan thypus.
> Cedantron : Anti mual/muntah
> Hepamax : semacam "vitamin"/"nutrisi" untuk hati, kurang lebih untuk membantu recovery.
> Clinimix : Asam mino --> protein, kemungkinan diberikan karena lihat istri agan susah makan, jadi kebutuhan protein nya gak tercukupi, padahal kalau sakit malah butuh gizi yang baik untuk mempercepat recovery, tapi ya namanya sakit, makan pun gak enak, apalagi kalo udah mual-muntah, pasti makan pun males.

Untuk ketentuan keputusan pihak dokter/medis yang merawat istri agan, susah kalau mau dibicarakan disini, soalnya dokternya yang disana yang periksa langsung pasiennya gan. Yang dimarih lihat aja enggak, apalagi periksa pasien.
Jadi susah kalau mau dibilang keputusan disana salah atau bener atau gmn2, salah-salah yang dimarih yang ujung-ujungnya gak bener gara-gara gak lihat pasien.

Kalau agan gak percaya dokternya, mungkin jalan keluarnya bisa minta 2nd opinion.


Btw..... agan/istri gak habis dari luar daerah kan? daerah endemik malaria gt??
Atau habis kebanjiran?
Atau belakangan ini ada jajan di luar di pinggi jalan yang gak bersih gitu?
Quote:Original Posted By mybest
gan, ane barusan cek HEMATOLOGI sama WIDAL nih, bantuin nerjemahin dong

yang bikin ane ngeri yang positif di atas itu gan
gan, kalau misalnya tipes itu liatnya dimana ya? nilainya berapa?


Agan ada gejala thypus ga?

Kalau gak ada, ya ga usah dipeduliin.

tapi ya masa iya periksa widal gak ada gejala thypus.

Biasanya kalau hasil tes segitu (dengan gejala yang gak jelas/gak khas/gak ada gejala), di cek seminggu lagi, kalau ada peningkatan, baru beneran (+), kalau nggak, ya ga bs dibilang (+).

Karena Indonesia itu daerah endemik salmonella typhi jadi... ya gitu deh.

Intinya istirahat secukupnya, makan makanan bergizi, jangan diforsir.
Jangan begadang dulu.

Kalau ada gejala gak enak badan, segera berobat ke dokter.
Quote:Original Posted By kalunggaezy
dok kalau cek sperma itu buat apa sih ..


buar cek jumlah dan bentuk sperma nya normal/nggk dan cukup/ngkg untuk membuahi ovum....

bisa juga untuk mengambil keputusan ini cukup terapi hormon, atau perlu inseminasi, atau sampe perlu bayi tabung (IVF/in vitro fertilization).
×