NegosiatorAvatar border
TS
Negosiator
[Walah, Gimana Ini?] Ahok "Kunjungan Kerja" ke Kolombia
Ahok minta bocoran Michael Manufandu soal lalu lintas Kolombia
Reporter : Nurul JulaikahKamis, 10 Januari 2013 12:48:32

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengundang mantan Dubes Indonesia di Kolombia, Michael Manufandu. Ahok meminta Michael berbagi pengalaman seputar manajemen lalu lintas khususnya untuk moda transportasi massal Bus Rapid Transit (BRT).

"Beliau minta pengalaman soal busway di Kolombia, mencegah kemacetan, sampah, dan lainnya. Dan saya minta studi mengenai masalah Jakarta," ujar Michael di Balai Kota Jakarta, Kamis (10/1).

Menurutnya, banyak hal yang harus diperbaiki dalam manajemen tata kelola Jakarta sebagai ibu kota. Bukan semata-mata mengharapkan pendapatan daerah yang terus meningkat.

"Poin-poinnya, manajemen harus lebih baik dan diintensifkan bukan hanya untuk penghasilan kecil tapi untuk semua warga, itu jadi pengalaman di Kolombia," jelasnya.

Di Kolombia, Michael melihat warga yang menggunakan kendaraan pribadi sangat sedikit. Karena harga bensin di negara itu sangat mahal.

"Jadi orang punya mobil, harga bensinnya lebih mahal, jadi orang akan beralih ke busway," katanya.

Sedangkan untuk pengelolaan sampah, lanjut Michael, Kolombia menggunakan mobil yang sekaligus bisa mengolah sampah. Sehingga tidak dibutuhkan truk pengangkut dan lahan untuk tempat pembuangan akhir sampah.

Untuk permasalahan kota, sebenarnya Jakarta sudah lama bekerja sama dengan Kolombia. Salah satunya dengan membangun BRT yang dinamakan Transjakarta.

[lia]

sumber

**************

Mestinya ya gini, belajar dari para dubes/mantan dubes soal apa yg mau kita tahu ttg negara tersebut. Gak perlu bawa rombongan kayak sirkus keliling ke luar negeri, ngabisin duit rakyat. Ujung²nya ya belanja dan wisata kuliner doang.


Krn ada yg merasa kena jebakan betmen akibat judul yg "menggiurkan", maka biar gak kecewa aku kasih bonus videonya aja ya emoticon-Ngakak (S)




.
Diubah oleh Negosiator 11-01-2013 06:39
0
15.5K
275
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan