syamsulalbahriAvatar border
TS
syamsulalbahri
Masih Layak ga sih UN di pertahanin?? [Surat Terbuka]
Makasih udah mau masuk thread ini, karena gw harap banyak yang baca ini dan bisa nyadarin pemerintah kita yang ga "becus" dalem ngurusin sistem pendidikan di Indonesia ini.

banyak yang ngira gw bikin thread ini karena mikirin UN itu susah!! jadi musti dihapus UNnya!! gw bilangin.. bukan UNnya yang susah, menurut gw UN itu gampang abis!! soal"nya dari tahun ketahun gituuuuuuuu terus sampe kiamat, jadi gampang banget kalo "menurut gw mah", yang dipermasalahin adalah, cara pandang anak SMA jaman sekarang terhadap UN itu salah, ada yang mikir karena 20 paket bisa stress[yang kaya gini= mental nyontek], mau 20 paket mau sejuta paket juga soal"nya gituuuuuuuuuuuu terus sampe kiamat. masalah UTAMA adalah dampak negatifnya bro!! terhadap psikologis dan mental anak SMA yang notabene-nya masih labil

dan gw disini ngebela juga anak" yang ga pantes lulus UN, artinya yang terpaksa curang hanya untuk UN, padahal pantes lulus dibidang selain UN, sekali lagi dibidang selain UN!!!!. karena hidup bukan cuma UN!!!


Setiap tahun ada sekitar 2jt anak SMA yang stres gara-gara UN, bukan hanya siswa-siswa yang stress guru-guru juga ikut stress, apalagi pemerintah sialan itu

Serius guys, gw sebagai peserta UN menghadapi situasi yang ga nyaman banget. Banyak temen-temen gw dan guru-guru stress ngadepin UN ini.

Disini korbannya bukan cuma sekedar bikin semua orang jadi stress,
tapi otak, pikiran, hati, tindakan juga terpengaruhi karena ada UN ini.

Pertama,


Efek psikologis yang ga berhubungan dengan materi ujian pengaruhnya parah abis, banyak yang harus dipikirin dari mulai pensil, kertas ujian, kesehatan, materi, nilai, pengawas, lulus ato ga, 20 paket, pake barcode dan semua hal ga penting bisa jadi pikiran, dengan mikirin itu semua, gw/kita dibikin kawatir, was-was, dan mikir yang engga-engga.

padahal yang paling penting dalam ujian ya ujiannya itu sendiri, kita ga perlu mikirin yang lain.

Hal-hal inilah yang bisa bikin mental down, dan akhirnya ga lulus

Kedua,


Mungkin ada juga yang sepengalaman kaya gw, yaitu dilema, disaat ada temen-temen kita yang akan berbuat curang/beli kunci. Disini gw pikir, secara kesetiakawan, secara gw mikirin gimana masa depannya nanti, secara apa yang bakal terjadi kalo mereka ga lulus. Gw pikir ya gw bakal bantu dalam ngadepin ujiannya. Disisi lain kita juga kalo ngebantu salah juga sih, nah disinilah ada dua sudut pandang yang kontradiksi yang memang dua-duanya ga bisa kita salahkan.
Yang bisa ngerubah tindakan dan pikiran seseorang jadi ga sehat

Ketiga,


Gw disini pengen simpati sama para guru, terutama guru-guru disekolah gw, mutlak memang setiap guru tau kemampuan muridnya, guru juga pasti kawatir dengan melihat kemampuan beberapa muridnya yang diukur mungkin ga mampu ngerjain soal UN.

Tindakan dan psikologis guru terganggu juga disini.

sebenernya masih banyak yang gw rasain ga sehat disini yang pengen gw tulis akibat dari UN. Gimana rasanya dicurigai teman, cuma gara-gara UN ,beberapa teman gw jadi musuh, please lah.

kalo ga mau bikin 2jt anak SMA tiap tahun stress cuma buat mikirin UN, ya UN emang musti di hapus.


poin tambahan nih

Quote:


Quote:


Quote:


Diubah oleh syamsulalbahri 30-04-2013 12:31
0
7.3K
219
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan