neodancerAvatar border
TS
neodancer
Penjualan PC Jatuh dan Hancur Berkeping-Keping
Jumat, 12 April 2013 14:09:00

Kurang tau Repost apa gak, tapi seandainya Repost mohon dimaafin emoticon-Matabelo


Pemberitaan tentang PC sepertinya akan terus berlanjut, mengingat saat ini adalah masa-masa yang dirasakan cukup goyang untuk platform yang satu itu. Meski beberapa hari yang lalu memang sudah diberitakan kalau para pemain game entah offline ataupun online masih banyak yang menggunakan perangkat yang satu ini. Tapi bagaimanakah dengan penjualannya sendiri? Sebab banyak diketahui kalau para pengguna platform PC adalah gamer-gamer lawas yang sudah lama memiliki komputer.


Salah satu laporan terakhir tentang penjualan PC ke seluruh dunia ternyata dikatakan "terjun bebas" pada kuartal pertama 2013. Hal ini didapatkan dari sebuah riset yang mencatat kalau angka dari penjualan sangatlah menurun drastis di tahun 2013 ini. Seperti dikutip oleh AllThingsD, lembaga riset IDC mencatat pengiriman (shipment) PC menurun sebesar 14 persen menjadi 76,3 juta unit. Angka itu jauh lebih buruk dibanding penurunan 7,7 persen yang diprediksi IDC sebelumnya. Penurunan yang dialami ini adalah yang paling buruk menurut IDC, dari tahun ke tahun sejak pencatatan yang dilakukan IDC pada tahun 1994, ternyata 4 bulan terakhir yang terjadi di tahun 2013 adalah yang paling hancur.




Windows 8 yang dibuatkan oleh Microsoft dengan tujuan untuk tetap menjaga eksistensi dari PC sendiri ternyata gagal untuk mendongkrak penjualan PC. Konsumen tetap saja tidak begitu tertarik dengan sistem operasi terbaru dari Microsoft tersebut dan lebih melirik kepada perangkat Android. Penjualan terburuk yang tercatat oleh IDC adalah ACER. Dimana pengiriman yang tercatat mengalami penurunan yang cukup drastis yaitu 32%.



Lenovo sendiri meski tidak mengalami penurunan, namun dapat bertahan secara baik. Lenovo dicatatkan oleh IDC bahwa tidak mengalami pertumbuhan atau penurunan yang cukup berarti, atau bisa dibilang hanya berada di titik 0. Berbeda dengan Firma riset Gartner juga mempublikasikan temuan serupa. Untuk pertama kalinya sejak 2009, menurut lembaga ini, pengiriman PC per kuartal turun di bawah 80 juta unit. Angka pengiriman 79,2 juta unit yang dicatat lembaga ini merefleksikan penurunan 11,2 persen dibanding kuartal yang sama tahun 2012. Oleh Gartner, jumlah tersebut dikatakan sebagai penurunan yang "paling signifikan" sejak 2001. Entah mungkin inilah yang dikatakan sebagai tanda-tanda dari kiamat PC. Permintaan pasar yang terus menurun lama-kelamaan tentu hanya membuat platform tersebut menghilang secara perlahan.

Sumber

Spoiler for Bagi yang ISO klo berkenan:

Spoiler for Bagi yang belum ISO:


Ingat! Generasi turun temurun TS


#Tambahan#


Spoiler for Ini dia agan" yang sehati sama ane, alias msh mensupport PC:


#UPDATE Info mengapa era PC semakin merosot#

Spoiler for Cekibrot gan:


Selain mahal, belum tentu apa yang ditawarkan PC dan Windows 8 jauh lebih baik dibandingkan perangkat dan operating system sebelumnya. Walaupun ada, namun hanya sedikit saja.

Di sisi lain, lebih dari setengah PC yang ada di dunia menggunakan operating system besutan Microsoft. Oleh karena Microsoft lebih fokus untuk mensupport OS barunya dan 'membiarkan' yang lama, maka tingkat teknologi operating system edisi sebelum Windows 8 juga tertinggal dengan OS lain seperti Mac OS, Linux atau lainnya.

Kedua, seiring dengan perkembangan teknologi, banyak gadget portable, ringan dan praktis beredar serta dijual bebas di pasaran. Smartphone dan tablet ada 2 di antara gadget yang dimaksud.

Dengan hadirnya gadget-gadget yang lebih praktis dan portable tersebut maka banyak orang yang lebih memilih perangkat tersebut daripada harus membeli sebuah PC yang hanya dapat dioperasikan di satu tempat saja.

Walaupun apa yang ditawarkan PC lebih komplit dan enak dioperasikannya, namun tablet dan smartphone saat ini juga telah didesain untuk dapat menyamai kemampuan apa yang dimiliki PC.

Menurut Anda, dengan munculnya 2 pemikiran di atas, apakah nantinya era PC akan benar-benar mati? SUMBER

Diubah oleh neodancer 16-04-2013 02:18
0
21.2K
461
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan