Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ladaladalaAvatar border
TS
ladaladala
BINGUNG CARI JURUSAN KULIAH YG GAMPANG DAPAT KERJA ? MASUK GAN......
AGAN2 BINGUNG CR JURUSAN BUAT KULIAH YG LULUSAN NYA GAMPANG DAPAT KERJA ? NIH GAN ANE KASIH INFO .....

JURUSAN NYA HANYA ADA SATU DI INDONESIA YANG HANYA ADA DI UNIVERSITAS BUNG HATTA PADANG & TAMATAN NYA PALING BANYAK DI MINATI OLEH PERUSAHAAN2 YG BERGERAK DI BIDANG KONSTRUKSI, PERTAMBANGAN MAUPUN PERBANKAN GAN..




[/B]


NAMA JURUSAN NYA QUANTITY SURVEYOR GAN

1. LATAR BELAKANG :

Istilah Quantity Surveyor (QS) pertama kali digunakan di Inggris pada abat ke 19 dan sekarang telah berkembang hampir disemua negara bekas jajahan Inggris (Commenwhealth Country). Disana awalnya QS hanyalah seorang profesional dibidang konstruksi yang bertugas menghitung/mengukur kuantitas pekerjaan konstruksi (bangunan) dan sekaligus mengestimasi biayanya. Namun sekarang keahlian QS telah berkembang seiring perkembangan dunia konstruksi dan kebutuhan stake holder.

QS masuk ke Indonesia sekitar tahun 1970 yang dibawa oleh orang asing yang berasal dari Inggris, Australia, Malaysia dan Singapura dengan maksud membuka cabang perusahaan. Sampai tahun 2005, praktisi QS di Indonesia adalah para sarjana dan diploma dengan latar pendidikan QS yang diperoleh dari Universitas luar negeri (Inggris, Australia, Malaysia dan Singapura).

Perkembangan industri konstruksi yang menuntut kompetensi baik keahlian maupun keterampilan serta dibukanya era perdagangan bebas (AFTA dan CAFTA) yang semakin dekat (2010) melahirkan pemikiran untuk membuka program pendidikan Quantity Surveyor di Universitas Bung Hatta.

Tanpa disadari, Indonesia dikelilingi oleh negara-negara dengan sistem industri konstruksi yang dipengaruhi oleh Inggris (Singapura, Malaysia, Brunei, Australia dan Negara-negara Indo China). Dampak ini akan terasa oleh Indonesia ketika AFTA dan CAFTA mulai direalisasikan (2010)

QS adalah salah satu industri jasa konstruksi yang akan masuk ke Indonesia, sementara kita tidak memiliki institusi pendidikan yang cukup untuk menghasilkan tenaga-tenaga QS yang handal dan berkompeten.

Lahirnya regulasi dalam jasa konstruksi, menuntut dilibatkannya orang-orang dengan keahliah dan ketrampilan khusus. Sementara itu, globalisasi disemua sektor memaksa kita mencari peluang agar dapat bertahan dan bersaing dengan pemain asing yang akan bebas masuk ke Indonesia. Akankah kita hanya jadi penonton?

Melihat peluang dan kebutuhan tersebut, Universitas Bung Hatta menawarkan program pendidikan profesional Quantity Surveyor untuk jenjang pendidikan Diploma Tiga (D III).

Program D III QS ini mulai dibuka tahun 2002 berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 1333/D/T/2002 tanggal 5 Juli 2002 dengan nama Program Studi (Prodi): TEKNIK EKONOMI KONSTRUKSI. saat ini program studi Teknik Ekonomi Konstruksi telah berstatus TERAKREDITASI dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.



2. VISI & MISI

2. Visi Program Studi

Program studi Teknik Ekonomi Konstruksi bercita-cita menjadi program studi yang unggul dalam pendidikan profesional di bidang Quantity Surveying.

(Study program of Quantity Surveying aspires to become an excelling course of study in professional education in Quantity Surveying discipline).

Misi

Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan serta pengajaran yang berorientasi pada kemajuan sains dan teknologi.

Menciptakan iklim akademis yang kondusif dan menunjang tinggi kebebasan ilmiah serta mendukung terciptanya inovasi dalam bidang Quantity Surveying.

Melaksanakan dan meningkatkan kualitas pendidikan.

Melaksanakan pengabdian dengan mengaplikasikan ilmu Quantity Surveying terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.


3. KOMPETENSI LULUSAN


1. Construction Measurement – keahlian dibidang pengukuran / perhitungan kuantitas / volume pekerjaan konstruksi berdasarkan gambar engineer/arsitek.

2. Construction Project Estimating – keahlian meng-estimasi biaya proyek konstruksi dalam setiap fase proyek (konsep/ide s/d detail) dengan menguasai berbagai metode estimasi biaya.

3. Construction Procurement and Contract Administration – keahian dalam proses dan evaluasi pengadaan (tendering), memahami aspek kontrak konstruksi dan klaim.

4. Project Cost Management – keahlian pengelolaan biaya proyek (project cash flow), pengontrolan biaya, evaluasi progres, variation order, logistik proyek dan final account.

5. Construction/Building Economic – keahlian dalam memperhitungkan aspek ekonimis atas desain yang direncanakan, studi kelayakan dan evaluasi proyek konstruksi.

[B]TERAKREDITASI

DEMIKIAN GAN SEDIKIT INFO DAR ANE, UNTUK INFO LEBIH LANJUT KUNJUNGI AJA WEB NYA LANGSUNG GAN [url=http://WWW.UNIVUBH.AC.ID.]WWW.UNIVUBH.AC.ID.[/url]

SEBAGAI TAMBAHAN GAN ; ANE LULUSAN JURUSAN QUANTITY SURVEYOR UNIVERSITAS BUNG HATTA PADANG TAHUN 2010. YANG LANGSUNG DAPAT PANGGILAN KERJA DAN BEKERJA DI SALAH SATU PERUSAHAAN KONSTRUKSI TERNAMA DI JAKARTA ( BUMN ) SEBAGAI PROJECT ESTIMATOR GAN.... SO GAK ADA SALAH NYA DI COBA GAN... KARENA LULUSAN NYA MASIH BANYAK DI BUTUHKAN DI DUNIA KERJA SEMENTARA LULUSAN NYA MASIH TERBATAS GAN....

0
9.4K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan