Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ArutemishaAvatar border
TS
Arutemisha
Review Soundcard Musiland Dragon 03 dari AMT


REVIEW MUSILAND DRAGON 03.

Perangkat pengujian : Sorry mungkin perangkat ane agak asing buat sebagian tapi kita bicara kualitas perbedaan Soundcardnya murni aja apapun peralatannya.

Kelistrikan :
- Vermouth Black Curse Power Cord x 2 ( Listrik ke filter & Filter ke PC )
- Filter Listrik Bada HQ6600

Kabel :
- Kabel Mini to RCA CARDAS ( Pc to Musiland )
- Kabel USB CARDAS ( PC to Musiland )

PC Spec :
- Intel i7 3770k
- 16GB RAM Corsair Gaming Extreme
- 128 Gb SSD ( hardisk )
- 3 Terra HDD ( Data music dll )
- Graphic Asus GTX 670 4Gb.
- Windows 7 64 bit.

Speaker & Headphone :
- Speaker Swan D1080 IV
- Headphone BeyerDynamic D770 Pro 80 Ohm

-----------------------------------------------------------------------

Ok kita mulai.

- Fisik : Elegan, simple, kecil dan mudah dibawa kemana mana gak ribet.
- Input : Mulink, Optic, USB
- Output : Analog RCA, 2 headphone jack ( besar dan kecil )

Pertama2 nya iseng ke AMT mau denger Musiland dulu sebelum beli. Disana sempat uji Musiland 02 ( ada sekilas reviewnya di group ini ). Tapi pas denger Musiland 03, jelas sekali apa yang ane pilih. Hari itu lom memboyong SC nya karena masih mau denger SC lain. Hari itu ane membeli Maverick D2 DAC.

Hari kedua...ketiga....kok di kuping ini terus masih penasaran ama musiland 03 nya. Terngiang2 ama kesan pertama dengernya. Akhirnya gak tahan, beli juga.

Proses pembelian lancar barang diantar. Pas malem install ada problem NOT RECOGNIZED.

Dicoba ama laptop, ama pc, semua sama. Konsultasi ama pa Aric mau digantikan. Tapi pas banget besoknya ane emang mau ke mangga dua, jadi gak repot suruh kurir datang. Akhirnya sampe AMT di uji..kasusnya sama. Yah memang dari puluhan / ratusan setok, ada 1-2 error mah wajar itu. Elektronik gitu lho. Pa Aric gak neko, langsung tukerin disana stelah tes juga.

Pulang2 langsung setel.

Pengujian lagu:
- Frank Sinatra : Girl from ipanema, All The Way
- Anne Murray : Make The world go away, you don't know me
- Hetty Koes Endang ( ups nyempil keroncong... ) : Aku begini engkau begitu, Kemesraan.
- Sundari Soekotjo : Kisah cinta, Dalam kerinduan.
- Jhena Lodwick ( balik ke audiophile ) : Do that to me one more time

Film : ( Total Blu Ray )
- Transformer 02
- Ip Man ( gebuk2 an )
- Walking dead

Musik :
- Mantovani : Best Latin Orchestra

Swan D1080IV :

Sebelumnya pake SC Onboard udah enak banget kmaren2. Begitu ditambah Musiland 03... cuihhh soundcard onboard rasanya jadi kaya sampah.wakakakkaa.

Vokal ama musik langsung misah gak neko dan terkesan " keluar " dari speaker. Wah ini dia nih yang kmarin coba di AMT. Pantesan nagih di kuping gue.

Untuk musik dan film ya ane coba bla bla bla ( sempet keasikan nonton walking dead 3 episode ampe BBM pa Aric gak diliat....wakakakka...kelupaan lage ngetes ). Tapi dalam musik, ini kesimpulan ane pribadi :

KEKUATAN DI MUSIK :

- SEPARASI : Ini musik kerasa sendiri2 dan gak gabung ama vokal. hahahaha. Ga sangka soundcard harga segini mampu kasi kualitas yang biasanya cuma ane peroleh di sound high end ane pribadi. Plus cuma pake D1080IV. Gilak.

- BALANCE SOUND : Ini soundcard asli level balance nya bagussssss bangett !!!. Gak bisa bilang gedean basnya, midnya atau trebelnya. Bener2 pas. NETRAL. Buat beberapa orang mungkin bilangnya bright. KAGAK. Ini gak sakit di kuping sama sekali kok. Mantap oiiii. Buat pecinta suara yang seminimal mungkin colorasi " equalizer " bawaan, mending pake ini ajah. Semua nada dapet dengan kadar proporsional.

- PULEN : Ini suaranya agak CREAMY. Gimana ya bayanginnya. Kalo kopi tu dikasi cream gitu deh. Agak gurih. GA KERING mungkin tepatnya. Ada unsur basah yang pas.Jadi gak keliatan terlalu digital.

- STAGING : Oh soal yang ini, Musiland bagus tapi not that great. Menurut gue pribadi, staging nya kurang luas. Tapi gak jelek ya. Ane bilang bagus melebihi harganya beneran. Ya mungkin kuping ane terbiasa sound yang emang telak luas stagingnya. Tapi kalo cari soundcard dengan kualitas staging kaya Musiland 03 gini...asli gak gampang.

- DAC : Wah bisa 32 bit 384khz juga die. Cobain kualitas resamplenya mengejutkan juga. Biasanya kalo dinaikin gitu berasa dipaksa malah gak bener. Tapi ini enak oi. Bersihnya malah makin bersih. Tapi ane tetep suka di 16 bit 48khz aja karena vokal lebih pulen disitu.

Overall buat musik ane gak ada komplain melihat harganya. Justru harga segini kalo denger suaranya masi komplain....udah kepelitan banget dah tu orang gak mau rugi. Paman Gober cuma ada di donal bebek oii....wakakkaa.

KEKUATAN DI FILM :

Tadi gue sebut kelepasan nonton walking dead ampe 3 episode kan. Emang bener gue ampe lupa lagi ngetes oi. Gilak itu suara zombie nya " Eeearrhhhhhhhh " berasa bikin bulu kuduk merinding saking realnya. Tembakan2, suara langkah kaki lari, suara panah nancep di otaknye, itu bener2 makjleb. Jadi super seru nontonnya. Perasaan pake onboard gak bikin lupa diri kaya gene...

Ngetes Transformer suara ngak ngek ngok mesinnya telak banget real. Ampe besi2 kecilnya " clak clik " nya jelasss abis. Bas ? Sangat menghentak.

Jangan salah ya... justru kalo ente setel bas low over gede, rasa hentakan itu gak ada. Karena hentakan itu asalnya dari MIDBASS yang nyatu ama LOWBASS dengan cut frequency yang pas. Nah dari Musiland ini, hentakan itu bener2 DUESSHHHH. Berarti balance nya bagus banget.

Ngetes pelem kungfu donnie yen... itu muka berasa banget di gebuknya. Sakit dengernya. Patahan kayu dll jelas banget. Berasa banget mantep tu tenaga dalemnya. Kalo pake SC onboard, asal di gebuk rasanya cuma " Dugh ". Pake Musiland kerasa banget " BRUUOOGHHH ".

Ya wajar aja dia detilnya jauh lebih bagus dari onboard jadi efek dramatisirnya kentel.

Well Done mate....

Overall, ane pribadi sih puas ama performanya. Dari Awal denger di AMT, ane udah bisa tebak suara yang bakal dihasilin dengan bahan tes ane. Cuma kan pengen bener2 denger. Nah gak salah dah. Bener2 bikin wow.

Dibanding ama macam Maverick atau Aune T1 itu susah dibandingkan karena mreka beda genre, beda sistem ( tube ) dan lebih bisa advanced karena bagian power supplynya beda. Musiland kan sumber listriknya dari USB. Jadi kebatas pada kualitas supply dan konektor USB dari motherboard.

Kalo yang lain kan murni bisa pake Power Cord yang berkualitas. Cuma, mreka gak bisa dibawa kemana2. Wong gede dan ada tabungnya. Takut pecah. Kalo Musiland ini kan bisa dibawa kemana mana enakkkkkkk. Kualitas suara mah sama aja beda karakter dan sistem aja kok. Tabung buat pelem kurang joss dikit karena musicalnya tinggi. Kalo musiland 03 ni balance.

Suruh pilih mana dari mreka ? GA TAO susah jawabnye. Semuanya bagus tinggal u suka gimana karakternya.

Yang jelas dari 3 ini, paling gampang dibawa kemana mana ya Musiland 03. Ane pribadi ada semua SC itu jadi gak bisa bilang mana paling bagus. Semuanya bagus beneran.

Layak dibeli ? Kalo dana cukup dan cari kualitas...monggo bos. Gak bakal nyesel Musiland 03.

Kalo di jajaran Speaker Swan...Ane pribadi rekomen 03 buat D1080 atau M50W. Kalo pake M200 detilnya nanti makin over. Scara M200 itu udah SUPER urusan detil dan imaging. M200 enakan di Musiland 02 kalo menurut kuping ane yaa. Tapi kan selera ente masing2 beda, jadi enakan dicoba sendiri.

Oh sambil ngetik ini ane lage dengerin lagu juga di headphone + Musiland 03. Heuheuheue.

Pake headphone enak ga ? Ya scara asli headphonenya emang udah enak, makin sinting suaranya ditambah Musiland 03. Lage dengerin lagu Britney yang Everytime... duh... tu patah hatinya di bak mandi berasa banget......

BRAVO !!!

emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
Diubah oleh Arutemisha 28-03-2013 06:52
0
11.4K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan