KASKUS

sebenrnya gue gaberani jawab gan takut dikira sara :x . lagian bikin thread ginian gan ati2
Kalau bisa tambahin gan, ane terus terang bingung perbedaan Kristen Katolik, Protestan, Anglikan, dan Orthodox
wah menarik nih gan , untuk perbandingan juga
ni yg dimaksud katolik lama yah?

Quote:Original Posted By =[666
=;5165d3275b2acfb824000002]"kristen" ada 3 macem:

*orthodok
*katolik
*protestant

jadi yg dimaksud oleh TS bukan protestant
tapi perbandingan antara katolik roma [modern] sama katolik lama [orthodok]

ane nangkep yg TS kamsud kok, krn ane jg katolik

tambahan:
katolik orthodok tidak menganggap PAUS/POPE sbg pemimpin, berbeda sm katolik roma CMIIWW


cuman si TS salah sedikit dlm kalimat penyampaiannya, krn "kristen" biasanya identik dgn protestant dlm pengertian sekarang...

BTW nice inpoh gan, dikit banyak ane juga jd tau apa itu orthodok


berarti org katolik di inggris termasuk orthodok juga yah? setau ane mereka ga mengakui paus sebagai pemimpin agama mereka. CMIIW.
Quote:Original Posted By freakk
sumber mana nih?

sejak kapan Kristen yang asli itu Orthodok

belajar sejarah Gereja dulu gan

eh lupa, Kristen barat tuh yang mana yah?

aduh gan, klo mau buat trit kayak gini, mending d pelajari mendalam dulu deh...

mana sumber juga gak jelas...


emang yg asli tu orthodok kale
ente aj sono yg blajar

Kristen yg asli emang masih ada menghadap k timur gitu (ampir sama kyk Muslim kudu hadap Mekkah)
trs bangunanny jg gedung kyk tempat ibadah (g tau ni klo Kristen modern tuh ngikut apaan,masa tempat ibadah d mall)

yg Orthodox & Katholik itu ampir2 mirip,dan mirip jg ma Muslim
tapi Kristen modern gw kaga tau ngikut apaan,menurut gw kyk Agama yg d bikin baru (no offense,hanya pendapat)
Ane sebagai orang kristen baru dnger nh gan aliran Orthodox...


banyak yang berubah seiring pemahaman manusia akan sesuatu
emang bener gan, agama nasrani sejarah awal mula munculnya di timur tengah, agan yg beragama nasrani pasti mengakui yesus lahir di betlehem timur tengah. inilah yang disebut kristen orthodox. kemudian berkembang dari timur tengah hingga meluas hinga ke eropa. faktor politik sebenernya yang mendasari perpecahan nasrani menjadi katolik, protestan, dan anglikan. kadang saya juga heran, kenapa pusat agama katolik bisa di vatikan dan di pimpin paus? padahal asal mula agama nasrani/kistriani induknya berada timur tengah. jika mau jujur apakah yesus dalam sejarah pernah menginjakkan kaki di vatikan?

mohon maaf jika kata-kata saya kurang berkenan..

sara nih

baiknya jgn pake kata "KRISTEN ASLI"

jd hanya kristen ortodoklah yg asli ? kristen yg lain ga asli ?

jadi kristen orthodok lah yg paling bener ajarannya karena ASLI?

maksudnya ASLI karena bangunan & liturgi nya ga berubah ? apa ajarannya ?

ente jgn sembarang buat tread.. kata2 nya di jaga

kristen orthodox ya orthodox ga sah pake kata KRISTEN ASLI ,

Quote:Original Posted By bluerythm
emang bener gan, agama nasrani sejarah awal mula munculnya di timur tengah, agan yg beragama nasrani pasti mengakui yesus lahir di betlehem timur tengah. inilah yang disebut kristen orthodox. kemudian berkembang dari timur tengah hingga meluas hinga ke eropa. faktor politik sebenernya yang mendasari perpecahan nasrani menjadi katolik, protestan, dan anglikan. kadang saya juga heran, kenapa pusat agama katolik bisa di vatikan dan di pimpin paus? padahal asal mula agama nasrani/kistriani induknya berada timur tengah. jika mau jujur apakah yesus dalam sejarah pernah menginjakkan kaki di vatikan?

mohon maaf jika kata-kata saya kurang berkenan..


Owh klo dipkir bner jga ya..
ane muslim gan
ini di atas pada ngomong apaan sih..

udah tau beda ngapain jg dibahas, yg ada mlh bacok2an ni..
y udhlah jalanin aja apa yg diyakini, yg g yakin g usah dijalani, gampang toh..

piye le.. enak jamanku to?
Wooww nice inpo Gan...

Setau ane juga sebagai orang yang minim pengetahuan Muslim, Yahudi, Nasrani semua mempunyai latar belakang yang sama dan dulu pun tempat Ibadah sama2 di Jerusalem Palestina/Israel

Ane pernah baca sejarah Protestant itu lahir karna sebuah pemberontakan saat revolusi perancis , saat itu pengikut gereja katolik merasa tidak bisa mengikuti ajaran dan peraturan yang diterapkan akhirnya terbentuklah Protestan. (maap kalo ada salah, soalnya itu pelajaran SMP)

Tapi kalo yang agan TS jabarkan ane baru tau Gan , nice inpoh...
:

---------------------------------------------------
Tambahan:

Baru keingetan
Maaf kalo salah informasinya, katanya dulu Kristen juga tidak memperbolehkan memakan Babi tapi setelah kepemimpinan Roma karena rakyat dan prajurit Roma yang gemar berpesta setelah menang perang dan selalu menghidangkan daging Babi akhirnya diperbolehkan.

Jangan Tanya link yang valid ke Ane gan, karena ini adalah obrolan ringan temen2 ane yang notabene berpendidikan rendah n kadang cuma sok tau tentang sejarah.
Karena menurut ane juga ga semua informasi bisa kita dapet di internet, bahkan Internet kadang bikin kita makin bingung.

Best regards
Untung ane kristen modern gan..Jadi masih gk banyak diatur sama liturgi..
Quote:Original Posted By Fiedzback


Owh klo dipkir bner jga ya..
ane muslim gan


ane juga muslim gan, tapi bapak ane katolik. jadi cukup tau lingkungan katolik ky gimana. urusan agama lebih baik ga usah diperdebatkan, tiap orang pasti mengaku agamamya/aliran/golongannya yang paling benar. agama islam aja terpecah 73 golongan.
hehe yang penting kita rukun aja
Quote:Original Posted By DimetUtomo


Ane nggak dapet dari link gan, semua yang ane tulis ya dari yang ane denger. Ane tumbuh besar di lingkungan Katolik banget gan. Mayoritas temen ane Katolik, SD-SMA Katolik, calon bini ane juga Katolik, bahkan ane juga sampe sekarang kadang-kadang ikut misa. Katolik mengakui dulu Gereja sempet masuk yang namanya "Masa Kegelapan". Kalo agan belom pernah denger itu, mending nggak usah komeng gan.

aduhh ... kalo ga ada sumber valid dan cuma berdasarkan apa yg ente denger mending ente ga usa buat trit ini gan
agama tuh masalah sensitif, ga bisa cuma sekedar denger doang
sejarahnya panjang
ane muslim seneng baca pengetahuna begini jadi bisa tau perbedaanya
gan ane mau tau dong, cara berdoa kristen ortodhox itu... klo ada kiblat apakah mereka juga melakukan gerakan sholat seperti muslim.. pernah liat ga di mesir klo katolik ortodhox ato kristen ortodhox itu klo berdoa kaya gimana?
ijin nyimak gan. sepertinya menarik nih..
Quote:Original Posted By zays168


emang yg asli tu orthodok kale
ente aj sono yg blajar

Kristen yg asli emang masih ada menghadap k timur gitu (ampir sama kyk Muslim kudu hadap Mekkah)
trs bangunanny jg gedung kyk tempat ibadah (g tau ni klo Kristen modern tuh ngikut apaan,masa tempat ibadah d mall)

yg Orthodox & Katholik itu ampir2 mirip,dan mirip jg ma Muslim
tapi Kristen modern gw kaga tau ngikut apaan,menurut gw kyk Agama yg d bikin baru (no offense,hanya pendapat)


mana link yang valid?
Quote:Original Posted By freakk
sumber mana nih?

sejak kapan Kristen yang asli itu Orthodok

belajar sejarah Gereja dulu gan

eh lupa, Kristen barat tuh yang mana yah?

aduh gan, klo mau buat trit kayak gini, mending d pelajari mendalam dulu deh...

mana sumber juga gak jelas...


menurut guru agama ane yg pernah sekolah di seminari, asal mulanya kristen itu cuma satu tapi kemudian terbagi menjadi kristen ortodok dan kristen roma. abis itu kristen roma pecah jadi kristen protestan sama kristen roma. terus kristen protestan sebenernya masih terbagi 2 lagi. ada yg ikut martin luther atau calvin.

kristen roma itu sudah terpengaruhi oleh budaya barat. beda sama kristen ortodok yg masih murni. tapi setau ane kristen ortodok itu jubahnya item deh.