ichan135Avatar border
TS
ichan135
[ASK] hukumnya lelang rumah debitur macet
halo agan2 sista2, ane yang buta hukum ijin bandwith bikin thread nih..

sebelumnya ane udah coba search tentang lelang rumah debitur macet ini tapi kayaknya belum ada deh.. langsung aja ke pointnya ya.. emoticon-Big Grin

di kantor ane (kebetulan ane kerja di bidang perbankan di divisi operasional), sekarang ini kebetulan ada beberapa debitur yang menunggak yang aset jaminannya (dalam hal ini berbentuk rumah) udah masuk ke daftar lelang.. ada satu jaminan yang ane minat dari segi lokasinya yang kebetulan gak terlalu jauh dari rumah orang tua ane, yang emang udah terlalu lama nunggak & udah masuk daftar ke rumah lelang..

ane pribadi udah beberapa kali hubungi debitur bersangkutan, menawarkan jalan tengah yaitu diantaranya :

- semua tunggakan ybs ke kantor ane yang bayarin
- ane kasih ybs uang cash
- ongkos pindah ane tanggung dari truk sampe kuli angkutnya
- semua biaya yang muncul dari penyelesaian tunggakannya ane yang tanggung

dengan kata lain ybs tinggal tanda tangan surat penyerahan jaminan aja gak perlu urusin apapun atau mikirin bayar apapun lagi..

sampe beberapa hari yang lalu ane masih hubungi ybs, ane ngingetin jadwal lelang udah keluar, terus ane tanyain gimana tentang penawaran ane ke ybs.. selain itu ane juga ngasi tau ybs kalo ternyata ntar ane dapet tu rumah dari lelang, ane gak bisa ngasi kompensasi apapun ke ybs soalnya ane agak yakin uang ane abis kesitu..

dan jawaban yang ane terima dari ybs "saya tidak niat jual rumah, saya berusaha cari jalan agar rumah tidak sampai terjual"..
disini ane agak bingung juga, perasaan ini bukan jual beli deh tapi masalah penyelesaian kewajiban ybs kepada perusahaan..

berhubung jadwal lelang udah deket, ya ane akhirnya mau gak mau mulai lirik ikut daftar lelang juga deh.. tapi ada masalah baru, ane denger dari peserta lelang "kloter" sebelumnya yang menang lelang satu jaminan, si pemenang lelang ini malah dihadapkan sama pemilik jaminan yang gak mau pergi ninggalin jaminannya yang udah dilelang & dimenangkan sama peserta lelang tersebut.. yang ane denger sih sampe bawa pengacara segala.. dan dapet kabar lain, pihak perusahaan juga lepas tangan gak ikut bantu si pemenang lelang tersebut buat dapetin haknya sebagai pemenang lelang..

pertanyaan ane disini, sebenernya segimana sih kekuatan hukum dari lelang jaminan tersebut? disini kondisinya pemilik jaminan alias debitur itu udah dikasi pemberitahuan bahwa jaminannya udah masuk ke daftar lelang dan bakal dilelang secepatnya, emang sih ane kurang tau itu debitur tanda tangan di bukti penerimaan pemberitahuan itu atau nggak, tapi setau ane selain dari pihak perusahaan, ada pemberitahuan juga dari pihak rumah lelang ke pemilik jaminan alias debitur itu..

ane jadi agak ragu mau ikut lelang itu, ane pernah tanya sama pihak legal perusahaan, katanya kalo emang ane menang lelang sih ya tinggal bayar lagi biaya pengosongan aja ke pengadilan kalo gak mau ribet ngusir debitur tersebut.. tapi bukan itu yang ane khawatirkan, ane cuma penasaran aja ini kekuatan hukumnya gimana..

oya, kondisi debitur yang ane minat jaminannya ini, itu jaminan milik orang tua debitur dan debitur udah mentok susah bayar angsuran selama berbulan-bulan sampe masuk ke list non performing loan.. udah memenuhi syarat buat lelang jaminan sih, tapi ngeliat yang "kloter" sebelumnya yang sampe sekarang kira2 2 bulan lebih itu debitur gak mau pergi dari rumahnya ane jadi agak males juga.. disisi lain perusahaan juga lepas tangan aja gak ikut bantu si pemenang lelang buat dapetin haknya, apa emang kewajiban pihak perusahaan udah berenti sampe jaminan itu masuk rumah lelang aja?

maap kalo bahasanya berantakan, sebelumnya terima kasih atas kesediaannya buat jawab pertanyaan ane yang sangat awam ini.. emoticon-Smilie
0
13.2K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan