jo99Avatar border
TS
jo99
Istilah-istilah dalam lensa Nikon
emoticon-Hi Halo kaskuser, aku lagi mempelajari tentang fotografi emoticon-baby, di sini aku mau share sedikit tentang istilah-istilah dalam lensa nikon, siapa tahu berguna untuk panduan membeli lensa...emoticon-Paw

AF: Auto Fokus, artinya lensa berfokus secara otomatis
AF-S : Lensa Nikon yang memiliki motor sendiri dimana proses auto fokus dilakukan di lensa, bukan pada bodi kameranya. Lensa AF-S ini memiliki auto fokusyang lebih cepat dan akurat dibanding lensa AF lainnya. Lensa ini dapat bekerja dengan semua jenis kamera DSLR Nikon yang tidak memiliki motor sendiri (seperti: D60, D5000)
DX : Lensa Nikon camera Nikon berformat DX. Apabila lensa ini dipasang pada camera Nikon berformat FX seperti D600 & 800, maka akan terjadi vignetting (efek berupa sudut-sudut foto yang menghitam di bagian-bagian pojok) dan hasil resolusi fotonya hanya separuhnya.
G : Menyatakan tidak adanya aperture ring pada lensa. Pemilihan nilai aperture hanya bisa dilakukan melalui dial kamera (hampir semua lensa nikon modern memiliki tipe G).
VR : Vibration Reduction, dapat meminimalisir getaran tangan saat memotret pada kecepatan rendah, sehingga dapat mengurangi hasil gambar blur
IF : Internal Focusing, proses auto fokus terjadi didalam lensa sehingga tidak lensa bagian depan (barel lensa) tidak bergerak memanjang .
ED : Extra low Dispersion, dengan adanya ED pada lensa maka kontras dan ketajaman dapat meningkat.
SIC : Super Integrated Coating, lapisan yang dapat menghilangkan flare ketika lensa terkena cahaya matahari.
N : Nano crystal coat, lapisan untuk mengurangi flare (terdapat cahaya yang masuk dan menyebar di dalam lensa melalui mekanisme yang tidak diharapkan) dan ghosting sehingga hasil foto akan lebih jernih.

Klo ada yang kurang tepat mohon dikoreksi para master fotografi...emoticon-Angkat Beer
0
2.4K
15
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan