chem.teachAvatar border
TS
chem.teach
[SBMPTN] Passing Grade
Quote:

sebelum dibaca:
Spoiler for cekidot gan::

Pernah denger istilah "PASSING GRADE". Pasti bagi agan/sis yang mau ikutan SBMPTN selalu ngedenger atau ngomongin masalah passing grade. Sebenar apa sih passing grade itu emoticon-Bingung (S)

Nih, aku mau ngejelasin tapi aku di sini bukan maksud ngajarin emoticon-Malu (S). Dari apa yang aku ketahui tentang passing grade. Passing grade adalah suatu ukuran standar (grade) yang didapat dari perhitungan sederhana terhadap hasil ujian SBMPTN yang menggambarkan kira-kira seorang peserta SBMPTN (siswa yang ikut) dapat mencukupi dalam urutan peringkat kuota penerimaan jurusan yang dipilihnya tersebut.

Secara umum, nilai passing grade tidak dapat ditentukan secara pasti karena bergantung pada kuota (daya tampung) dan banyaknya peminat pada pilihan tersebut pada tahun itu. Selain 2 faktor di atas, nilai suatu passing grade muncul dari nilai para pesaing yang memperebutkan jurusan tersebut. Oleh karena itu, maka nilai passing grade tersebut nilainya tiap tahun dapat berfluktuatif.

Tetapi, walaupun nilai passing grade tersebut fluktuatif. Salah satu kunci untuk dapat jebol SBMPTN tersebut adalah dengan mengetahui prediksi dari nilai passing grade jurusan yang agan/sis pilih. Caranya yaitu dengan membandingkan nilai agan/sis pada saat TO (try out) dengan nilai passing grade, karena biasanya setiap sekolah/madrasah memberikan TO SBMPTN bagi siswa-siswinya.

Sedangkan, untuk menghitung passing grade dapat agan/sis gunakan rumus di bawah ini:
Spoiler for lihat rumus::

Ingat! SBMPTN tertulis untuk pilihan IPA dan IPS itu dilaksanakan selama 2 hari (kecuali IPC dilaksanakan selama 3 hari), maka harus agan/sis hitung berapa passing gradeyang didapat pada hari pertama dan berapa pada hari kedua. Kemudian, nilai passing grade hari pertama dan kedua dirata-ratakan, maka itulah passing grade yang agan/sis dapatkan. Tapi ingat selain passing grade ada juga istilah yang dikenal dengan SKOR NASIONAL emoticon-Bingung (S)

Semoga dapat membantu.
0
11.7K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan