chaduniAvatar border
TS
chaduni
Misao Okawa, Wanita Tertua di Dunia Kini Berusia 114 Tahun


114 tahun adalah usia yang mencengangkan bagi manusia. Hanya ada segelintir orang yang mampu melewati usia lebih dari 1 abad. Misao Okawa, ialah wanita tertua di dunia saat ini. Minggu depan usianya genap 115 tahun. Di hari ulang tahunnya ini ia mendapatkan kado spesial dari Guinness Book of World Records sebagai wanita tertua di dunia yang masih hidup.

Terlahir pada 1898, ia merupakan anak dari seorang pembuat Kimono. Begitu tuanya bahkan ia memiliki cicit yang kini berusia 3 bulan. Apakah rahasia umur panjang Okawa? Ia mengungkapkan bahwa rahasia umur panjangnya adalah memakan apa yang ia inginkan, asalkan makanan tersebut dibuat di Jepang. Kini di Jepang terdapat lebih dari 50.000 penduduk yang usianya lebih dari 1 abad. Ini menunjukkan bahwa gaya hidup orang Jepang memang bisa meningkatkan harapan hidup mereka. Fakta menunjukkan bahwa Jepang memiliki wanita dengan usia terpanjang dibandingkan dengan Negara-negara lain di dunia. Selain Okawa sebagai wanita tertua di dunia, pria tertua juga berasal dari Jepang. Namanya adalah Jiroemon Kimura dengan usia yang hampir sama dengan Okawa, yaitu 115 tahun.

Lalu gaya hidup seperti apa yang bisa membuat penduduk Jepang berusia panjang? Rata-rata orang Jepang mengkonsumsi kalori 25% lebih sedikit daripada orang Amerika setiap harinya. Makanan favorit mereka adalah ikan dan sayur. Ikan kaya akan omega-3 yang sangat baik untuk memelihara kesehatan jantung. Makanan orang Jepang lebih banyak terdiri atas sayur, dagingnya tidak terlalu banyak. Inlah salah satu kunci umur panjang mereka. Daging merupakan salah satu makanan pokok, namun kebanyakan orang mengkonsumsi daging melebihi apa yang dibutuhkan tubuh sehingga bisa menimbulkan masalah kesehatan. Jika ingin seperti Okawa si Nenek tertua di dunia, anda bisa mengikuti pola hidup ini. Rata-rata wanita Okinawa bisa hidup hingga 86 tahun, dan makanan berkontribusi besar pada kesehatan mereka. Orang Okinawa dikenal doyan dengan sayuran, kedelai, dan nasi.

Wanita tertua di dunia ini menjadi bukti bahwa hidup sehat bisa memperpanjang usia kita. Terlepas dari pengaruh makanan, Orang Jepang juga diketahui lebih tahan terhadap beberapa jenis penyakit. Selain itu gaya hidup yang jaub dari stress juga berkontribusi pada usia mereka. Orang Okinawa tidak terburu-buru dalam melakukan sesuatu dan mereka rajin melakukan meditasi setiap hari. Perpaduan antara makanan bergizi dan gaya hidup sehat, inilah rahasia panjang umur orang Jepang.


di indo ada yg sampe umur segitu ga ya?? ane sih belum pernah denger gan emoticon-Matabelo




0
17.5K
565
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan