karmilaAvatar border
TS
karmila
[PIC] Jakarta Menuju Tempat Parkir Temahal di Dunia? Jokowi hanya Bikin JKT Semrawut
Suasana JAKARTA Kini Usai Tarif Parkir naik gila-gilaan






Wacik: Naikkan Lagi Tarif Parkir dan Pajak Mobil
Rabu, 3 April 2013 | 13:57 WIB

inilah..com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyarankan kenaikan tarif parkir serta besaran pajak pengguna kendaraan khusus roda empat untuk mengendalikan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi. "Opsi untuk meningkatkan tarif parkir itu bisa dilakukan agar malas juga bawa mobil. Kemudian pajak ini juga menghalangi orang beli mobil banyak, " kata Menteri ESDM Jero Wacik, di Jakarta, Rabu (3/4/2013).

Wacik menambahkan, opsi tersebut mungkin dilakukan jika selurah pemangku kepentingan berkoordinasi dan melakukan penghitungan tepat. Adapun segala opsi yang ada akan dijalankan dan diimplementasikan, agar kuota BBM subsidi sebesar 46 juta kilo liter (kl) tidak kembali terlampaui. "Semua opsi untuk pengendalian akan kami usahakan keras dijalankan semua. Ini memang salah satu cara yang baik dibanding menaikkan harga BBM subsidi," tutur Wacik.

Menurut Wacik, hingga kini permintaan sejumlah lembaga agar segera menaikkan BBM subsidi tidak bisa dilakukan. Hal tersebut karena ada prioritas lain yaitu memikirkan nasib masyarakat menengah ke bawah yang justru akan cukup terpukul jika BBM subsidi benar dinaikkan. "Kita masih pikirkan masyarakat tidak boleh gegabah menaikkan begitu saja BBM subsidi," kata [url]Wacikhttp://ekonomi.inilah..com/read/detail/1974094/wacik-naikkan-lagi-tarif-parkir-dan-pajak-mobil#.UVzdPqKeP44[/url]


Ini Tanggapan Polisi Mengenai Merajalelanya Parkir Liar di Jakarta
Rabu, 03/04/2013 17:25 WIB

Parkir liar makin merajalela di jalanan Jakarta. Parkir liar ini menyebabkan macetnya parahnya berbagai ruas jalan. Polda Metro Jaya menyatakan mengatasi masalah parkir liar ini bukan hanya semata masalah sanksi saja. "Bukan hanya dengan merazia atau mengusir tetapi dengan menyiapkan lahar parkir yang disediakan untuk itu. Itu yang sulit," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto di kantornya Jl Sudirman, Jakarta, Rabu (3/4/2013).

Rikwanto mengatakan, razia hanya secara sesaat mengusir parkir liar di suatu lokasi. Namun biasanya. Tak berapa lama jalanan akan kembali dipenuhi parkir liar. " Jadi kalau mau mengusir sesaat itu. Berjalan dua hari sampai seminggu bisa, tapi minggu depan balik lagi karena memang tidak ada lahan parkir yang tersedia untuk itu," katanya. Rikwanto mengatakan, masalah parkir liar memang masalah di kota besar seperti Jakarta. Pembangunan gedung perkantoran tidak memperhitungkan lokasi untuk parkir. " Asumsinya, dalam 5 tahun masih save parkirnya. Tapi baru dua tahun tidak bisa menampung lagi," katanya. Rikwanto meminta agar masalah parkir dipikirkan masak-masak dalam pembangunan gedung. "Ini harus dipikirkan masak-masak masalah tersebut," katanya.
[url]http://news.detik..com/read/2013/04/03/172547/2210729/10/ini-tanggapan-polisi-mengenai-merajalelanya-parkir-liar-di-jakarta[/url]

Jokowi Belum Bisa Komentar Tarif Parkir Naik
Rabu, 6 Februari 2013 | 13:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo belum ingin berkomentar banyak mengenai naiknya tarif parkir off street. Ia mengaku masih akan terus mendalami dampak kenaikan tarif yang diatur dalam Peraturan Gubernur Nomor 120/2012 tersebut.

Mantan Wali Kota Surakarta ini menjelaskan, perhatiannya akan difokuskan pada efektivitas berjalannya kenaikan tarif parkir. Sesuai tujuan awalnya, kebijakan ini untuk mendorong masyarakat beralih ke transportasi umum sekaligus mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD).

"Saya belum bisa ngomong kalau belum pelajari secara detail. Apakah dampaknya positif bikin warga enggak bawa mobil, atau justru tambah ruwet karena melahirkan banyak parkir on street," kata Jokowi di Balaikota Jakarta, Rabu (6/2/2013).

Pergub DKI Jakarta Nomor 120 Tahun 2012 itu telah disahkan pada 19 September 2012, atau menjelang akhir kepemimpinan mantan Gubernur DKI Fauzi Bowo. Sejak saat itu, pengelola parkir sudah bisa menaikkan tarif parkir sesuai peraturan yang ditetapkan.

Adapun tarif baru yang diberlakukan sesuai Pergub itu adalah sebagai berikut. Untuk di pusat perbelanjaan, hotel, serta perkantoran dan apartemen atau kegiatan parkir yang menyatu, untuk kendaraan roda empat mengalami kenaikan dari tarif sebelumnya sebesar Rp 1.000-Rp 2.000 menjadi Rp 3.000-Rp 5.000 untuk satu jam pertama. Untuk setiap jam berikutnya, tarif parkir kendaraan roda empat ditetapkan sebesar Rp 2.000-Rp 4.000.

Untuk kendaraan roda dua, tarif yang biasanya sebesar Rp 500 naik menjadi Rp 1.000-Rp 2.000 per jam. Untuk kendaraan jenis bus, truk, dan sejenisnya, tarif parkir naik dari Rp 2.000-Rp 3.000 untuk satu jam pertama menjadi Rp 6.000-Rp 7.000. Setiap jam berikutnya akan dikenakan Rp 3.000, naik dari Rp 2.000 per jam pada peraturan sebelumnya.

Penyesuaian tarif parkir juga berlaku di tempat umum, seperti pasar, tempat rekreasi, rumah sakit, dan fasilitas publik lainnya. Tarif parkir untuk kendaraan roda empat, seperti sedan, jip, minibus, dan pikap, naik menjadi Rp 2.000-Rp 3.000 dari Rp 1.000-Rp 1.500 untuk satu jam pertama.

Untuk setiap jam berikutnya, setiap mobil akan dikenakan biaya parkir Rp 2.000. Adapun sepeda motor dikenai tarif Rp 1.000 per jam, sebelumnya Rp 500 per jam. Untuk bus, truk, dan sejenisnya, tarifnya naik menjadi Rp 3.000 per jam dari Rp 2.000 per jam.
http://megapolitan.kompas.com/read/2...if.Parkir.Naik

----------------------------

Kalau gagal menaikkan BBM karena takut dibilang tidak populis dan takut karena mau Pemilu ... jangan alihkan ketidak-mampuan seperti itu dengan membenani rakyat dengan kebijakan yang tak masuk akal seperti itu. Yang untung besar akhirnya preman dan tukang parkir liar saja, sementara publik merasa terganggu karena jakarta semakin semrawut oleh parkir kendaraan yang sembarangan, padahal masalah ekmacetan saja belum teratasi. Kalau mau bikin orang kapok beli mobil, yaaa itu pajak kendaraan dan pajak BBM-nya saja di naikkan 500 persen, lalu ditarik saat membayar pajak STNK setiap tahunnya secara proporsionil.
Diubah oleh karmila 04-04-2013 02:15
0
9.7K
119
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan