helldragonAvatar border
TS
helldragon
TNI Waspadai Klaim Teritorial Cina di Natuna


TEMPO.CO, Jakarta - Tentara Nasional Indonesia mewaspadai kemungkinan Republik Rakyat Cina mengklaim wilayah perairan Natuna. Hal ini merupakan tanggapan TNI atas pernyataan Cina yang mengklaim beberapa wilayah di kawasan Laut Cina Selatan sebagai wilayah penangkapan ikan tradisional mereka.

"Kami waspada kemungkinan klaim wilayah penangkapan ikan tradisional itu menjadi klaim teritori mereka," kata Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono di Markas Besar TNI, Jakarta, Selasa, 29 Januari 2013. "Di Natuna, ada sembilan titik yang diklaim sebagai wilayah penangkapan ikan."

Perairan Pulau Natuna atau Kepulauan Natuna terletak di Kepulauan Riau, di tengah-tengah Laut Cina Selatan. Natuna terletak di antara Pelabuhan Kuching di Sarawak dan Johor Bharu di Johor serta Kuantan, Pahang, di Malaysia. Kepulauan ini memiliki luas 1.992 kilometer persegi.

Menurut Agus, TNI sudah memperkuat pasukan Angkatan Laut dan Angkatan Darat di Natuna. Hingga kini, TNI tidak pernah menemukan lagi nelayan ilegal Cina yang menangkap ikan, bahkan setelah pemerintah Cina menyatakan klaim di wilayah tersebut. "Kami sudah melayangkan protes ke pemerintah Cina. Kami akan tangkap kalau ada yang melanggar wilayah," kata Agus.

Untuk menjaga kedaulatan di wilayah Natuna, menurut Agus, pemerintah Indonesia juga menjalin kerja sama ekonomi dengan negara ASEAN. Pemerintah mengembangkan usaha penangkapan dan perdagangan ikan bersama di kawasan tersebut.

http://id.berita.yahoo.com/tni-waspa...135331289.html

uncle mao is evil panda
0
7K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan